Sukses

Beauty

Kulit Wajah Mengelupas Apa Sih Penyebabnya? Temukan Perawatan yang Tepat untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah mengelupas memang bisa jadi salah satu hal yang mengganggu penampilan. Yup, masalah yang satu ini memang bisa membuat kulit jadi terlihat nggak mulus. Saat menggunakan riasan pun bisa terlihat tekstur wajah yang kering, kasar, dan nggak merata akibat munculnya sel kulit yang mengelupas.

Nggak mau mengalami dilema karena masalah yang satu ini kan? Penting banget untuk mulai melakukan perawatan yang tepat agar bisa mengatasi masalah tersebut. Yuk, cari tahu lebih dalam, Sahabat Fimela!

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Kulit yang tampak mengelupas sehingga membuat tampilan wajah nggak merata ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mencari tahu faktor pemicunya bisa membantu kamu untuk mendapatkan perawatan tepat sesuai kebutuhan.

1. Kulit Kering

Faktor utama yang menjadi penyebab kulit mengelupas adalah karena kondisinya yang super kering dan dehidrasi. Hal ini bisa membuat sel kulit nggak mampu mempertahankan skin barrier atau dinding pelindung kulit yang kemudian membuatnya iritasi dan mengalami pengelupasan.

Kondisi tersebut kemudian semakin parah dengan terjadinya dehidrasi atau saat kulit kehilangan kelembapan alaminya. Kulit dehidrasi biasanya akan terasa perih dan gatal. Kebiasaan menggaruk kulit ini kemudian juga bisa memicu kondisinya jadi tampak mengelupas, lho.

2. Paparan Sinar Matahari

Bukan rahasia lagi kalau paparan sinar matahari jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit. Nah, salah satu efeknya adalah menyebabkan sunburn yang berisiko membuat kulit tampak kemerahan, peradangan, hingga mengelupas.

Radiasi sinar UV bisa mematikan sel kulit. Hal ini memberikan efek banyaknya sel kulit mati yang terkelupas dan muncul di permukaan kulit. Untuk meminimalisir hal tersebut, penting banget memberikan perlindungan yang dibutuhkan kulit saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Reaksi Alergi

Saat mengalami alergi, kulit juga bisa menunjukkan tanda-tanda pengelupasan. Misalnya saja jika tidak cocok menggunakan produk skincare atau makeup. Formula yang keras biasanya memberikan efek kulit wajah yang mengelupas sehingga tampak tidak mulus.

Saat zat penyebab alergi berinteraksi dengan kulit, biasanya akan muncul sensasi rasa gatal, kulit kering, hingga melepuh. Beberapa orang yang nggak sadar akan menggaruk kulitnya. Namun, hal ini bukan kebiasaan baik karena bisa menyebabkan kondisi kulit mengelupas yang semakin parah.

5. Eksim

Kulit mengelupas di area wajah juga bisa disebabkan oleh eksim. Kondsii tersebut adalah sejenis penyakit autoimun yang ditandai dengan bercak kemerahan atau cokelat. Pengelupasan yang terjadi bisa di area mana saja, termasuk wajah.

Orang yang menderita eksim sendiri nggak bisa sembuh total, namun tetap bisa mendapatkan perawatan yang tepat untuk meminimalisir gejalanya. Jika kamu mengalami kondisi medis yang satu ini, pastikan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk meminimalisir gejalanya.

6. Pemakaian Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kulit wajah mengelupas. Misalnya saja konsumsi obat tekanan darah secara rutin, penisilin, atau pemakaian obat topikal yang bisa menyebabkan kulit kering, bersisik hingga mengelupas. 

Jika setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu lalu muncul masalah kulit mengelupas, bisa jadi merupakan efek samping yang memang dirasakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

7. Pemakaian Krim atau Skincare Tertentu

Pemakaian skincare dengan kandungan yang keras bisa menyebabkan kulit terasa kering, mengelupas hingga iritasi. Jadi, pastikan untuk memperhatikan dengan baik kandungan skincare yang digunakan sehari-hari. 

Selain karena kandungannya yang keras, ada juga jenis formula skincare yang memang menyebabkan efek samping kulit mengelupas. Misalnya saja bahan aktif retinoid, asam salisilat, asam glikolat, dan AHA yang memang mempercepat proses regenerasi kulit. Jadi, menimbulkan pengelupasan karena mendorong pergantian sel kulit baru. 

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kulit yang mengelupas adalah tanda kalau skin barrier mengalami kerusakan, sehingga masalah lainnya rentan muncul. Jadi, untuk mencegah berbagai masalah kulit lainnya, saatnya lakukan perawatan rutin di rumah yang bisa membantu mengatasi kondisi tersebut. Apa saja sih yang perlu kamu lakukan? 

1. Jaga Kelembapan Alami Kulit

Pengelupasan kulit sebenarnya disebabkan oleh faktor kondisi kulit yang sangat kering. Jadi, hal paling dasar jika ingin melakukan perawatan pada kulit wajah yang mengelupas adalah pastikan menjaga kelembapan alami kulitmu. 

Caranya adalah dengan menggunakan moisturizer atau pelembap secara teratur. Jangan lupa pilih kandungan skincare yang memiliki formula untuk mengunci hidrasi alami kulit. Misalnya saja ceramide atau hyaluronic acid yang kini banyak digunakan dalam produk skincare.

2. Perhatikan Produk Pembersih Wajah yang Digunakan

Kalau memiliki kondisi kulit yang mengelupas, perhatikan dengan baik setiap produk skincare yang dipakai. Salah satunya adalah produk pembersih wajah yang digunakan sehari-hari. Hindari bahan yang menyebabkan terkikisnya kelembapan alami kulit sehingga memberikan efek kulit wajah semakin kering dan terasa ketarik. 

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, pemakaian oil-based cleanser disarankan karena bisa membersihkan wajah dengan efektif tanpa mengikis hidrasi alaminya. Selain itu, pemilihan sabun pencuci wajah dengan jenis gel yang minim busa juga disarankan untuk menjaga kelembapan alami kulit dengan maksimal.

3. Perhatikan Suhu Air Saat Mencuci Wajah

Saat tubuh lelah, mandi air panas memang menyenangkan. Tapi, tahukah kamu kalau suhu air yang terlalu panas adalah salah satu faktor yang menyebabkan kulit jadi mudah mengelupas? 

Suhu air yang panas bisa mengikis kelembapan alami kulit yang membuatnya jadi kering, bersisik, hingga mengelupas. Jadi, disarankan untuk mencuci wajah dengan air dingin saja atau gunakan air hangat suam-suam kuku saat kondisi cuaca dingin.

4. Gunakan Handuk Microfiber

Sejak kapan kamu tahu kalau handuk yang dipakai untuk mengeringkan wajah bisa mempengaruhi pengelupasan wajah? Yup, gesekan yang terjadi pada handuk dan kulit ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kulit wajah mengelupas yang mengganggu penampilan. 

Jadi, penting banget untuk memperhatikan jenis handuk yang dipakai. Disarankan buat memakai handuk microfiber yang lembut saat menyentuh kulit. Selain itu, keringkan wajah dengan lembut, hindari menggosok wajah terlalu keras untuk mencegah pengelupasan kulit.

5. Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Sebelum beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dengan memakai sunscreen. Paparan sinar matahari nggak hanya bisa membuat kulit belang saja. Sel kulit yang mati akibat radiasi sinar matahari akan terasa kering hingga menimbulkan efek mengelupas. Kondisi ini biasanya terjadi saat efek luka bakar pada tingkat pertama kedua dan ketiga. Pada efek yang lebih parah, bisa menyebabkan kemerahan hingga melepuh. 

Jadi, penting untuk menggunakan sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah untuk memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Jangan lupa lakukan re-applying sunscreen setiap 2 jam sekali demi proteksi kulit yang maksimal.

7. Deep Oil Treatment

Melakukan perawatan kulit dengan bahan-bahan alami di sekitar juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi efek kulit wajah mengelupas, lho. Misalnya lewat deep oil treatment atau metode perawatan wajah menggunakan minyak alami. 

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa atau zaitun yang memiliki kandungan baik untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Cara perawatannya gampang banget kok. Aplikasikan minyak alami ini ke seluruh wajah pada malam hari sebelum tidur. Berikan pijatan yang diperlukan untuk memberikan efek relaksasi. Biarkan selama semalaman, lalu cuci wajah hingga bersih keesokan harinya.

8. Gunakan Masker Yoghurt dan Madu

Plain yogurt juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan yang dapat meningkatkan kesehatan kulitmu. Termasuk mengatasi masalah kulit wajah yang mengalami pengelupasan. Yoghurt sendiri kaya akan kandungan vitamin B, kalsium dan asam laktat yang bisa menjaga kesehatan kulit. 

Untuk merawat kulit yang mengelupas, ambil 3 sendok makan yogurt dan kombinasikan dengan 3 sendok makan madu murni. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. 

Kombinasi yoghurt dan madu bisa menjadi bahan alami yang ampuh menjaga kelembapan kulit dengan maksimal. Kandungan kalsium di dalamnya dapat membantu memulihkan kondisi kulit. Asam laktat dalam yoghurt juga membantu menarik kelembapan dari udara dan menyerapnya hingga ke bawah permukaan kulit.

9. Manfaatkan Masker Lidah Buaya

Satu lagi bahan alami yang dikenal ampuh untuk menjaga kelembapan alami kulit. Ya, gel lidah buaya dapat menjadi pelembap alami kulit dan sering menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi sunburn karena efeknya yang mendinginkan dan menenangkan kulit. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat anti-inflamasi yang sangat baik jika diaplikasikan pada kulit mengelupas. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah peradangan dan iritasi, karena kulit mengelupas berada dalam kondisi sangat rentan.

10. Gunakan Humidifier

Jika mengalami kondisi kulit mengelupas yang cukup mengganggu, kondisi lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan. Misalnya saja dengan menggunakan humidifier di dalam rumah. 

Benda yang satu ini berperan untuk meningkatkan kelembapan udara di sekitar rumah. Jika tingkat kelembapan udara baik, maka dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit juga, mencegahnya dari kondisi kering dan pecah-pecah. Humidifier sebaiknya dipasang pada ruangan yang memiliki tingkat kelembapan udara rendah, misalnya saja ruangan dengan AC, untuk mencegah efek AC membuat kulit kering dan mengelupas. 

11. Perhatikan Asupan Air Mineral Tubuh

Lebih dari 80% tubuh manusia terdiri dari cairan. Jadi, kalau kondisi kulit kering dan mengelupas, bisa jadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Coba diperhatikan lagi, jangan-jangan kondisi pengelupasan kulit yang kamu alami karena masalah yang satu ini. 

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, perhatikan selalu asupan air mineral di dalam tubuh. Pastikan tubuh mendapatkan asupan air mineral minimal 8 gelas setiap hari untuk menjaga hidrasinya. Nggak hanya baik untuk kesehatan kulit, hidrasi tubuh juga diperlukan untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh.  

12. Nutrisi Kulit Lewat Makanan yang Dikonsumsi

Jangan pernah lupa dengan konsep you are what you eat. Kulit kering dan mengelupas juga bisa menjadi tanda kalau asupan nutrisinya nggak terpenuhi dengan baik. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama kulit. 

Perbanyak asupan buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan kesehatannya. Dengan asupan yang terpenuhi dengan baik, maka kondisi skin barrier akan lebih prima dalam memberikan perlindungan yang diperlukan. 

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas yang mengganggu penampilan. Terapkan satu per satu untuk menjaga penampilan tetap cantik dan glowing ya, Sahabat Fimela! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading