Sukses

Beauty

Trik Menghilangkan Mata Panda yang Tebal, dari Cara Alami hingga Bantuan Skincare

Fimela.com, Jakarta Trik menghilangkan mata panda sebenarnya ada banyak banget yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan secara alami dan ada pula yang memanfaatkan ragam produk skincare khusus mata panda yang efektif. Meski berbagai trik ini terdengar mudah, namun untuk prakteknya sendiri ternyata nggak bisa seenaknya dan asal-asalan, lho. 

Perlu kamu ketahui bahwa mata panda adalah salah satu permasalahan kulit yang mengganggu. Kemunculannya di wajah kerap bikin banyak orang merasa insecure dan bahkan galau berkepanjangan. Maka dari itu, penggunaan makeup sering banget diandalkan untuk menutupi area hitam di sekitar lingkar mata tersebut.

Tapi, tahukah kamu bahwa penggunaan makeup ternyata nggak bisa menyembunyikan keberadaan mata panda selamanya. Aneka macam produk kecantikan tersebut cuma bisa menyembunyikan sementara saja untuk waktu-waktu tertentu. Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui trik menghilangkan mata panda yang bisa membantu memudarkan lingkaran mata secara efektif dan pastinya mudah untuk diterapkan.

Yuk, cari tahu bersama cara menghilangkan mata panda yang mudah, efektif, dan bisa ditiru?

Penyebab Mata Panda yang Umum

Penyebab mata panda secara umum dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor usia hingga kebiasaan buruk yang seharusnya nggak dilakukan. Akibat dari beberapa faktor tersebut, akhirnya timbullah kantung mata yang tampak lebih gelap dari warna kulit wajah pada normalnya. Adanya dark circle atau mata panda ini tentu bisa membuat penampilan seseorang lebih tua dibandingkan dengan usianya.

Lantas, mata panda disebabkan oleh apa sih? Penyebab umum pertamanya, yaitu kurang tidur. Saat durasi tidur kurang, peredaran darah jadi nggak mampu berjalan dengan lancar di area sekitar mata. Ini akhirnya menimbulkan darah jadi menumpuk di bawah mata dan menghasilkan tampilan kantung mata yang menghitam. 

Penyebab mata panda berikutnya, yaitu faktor usia. Seiring bertambahnya umur, kulit pun juga akan kehilangan elastisitasnya. Di saat ini terjadi, permukaan kulit akan lebih tipis sehingga pembuluh darah di sekitar mata jadi terlihat. Akibatnya, akan muncul mata panda yang tampak jelas di area sekitar kantung mata.

Adapun faktor lainnya dari penyebab mata panda adalah kebiasaan menatap layar gadget. Mungkin jadi hal biasa bagi beberapa orang untuk terus-menerus melihat layar gawai, seperti handphone, laptop, komputer, dan sebagainya. Tapi, sadarkah kamu bahwa sinar biru pada gadget sendiri ternyata mampu memperbesar pembuluh darah di sekitar mata. Sebagai hasilnya, kulit di area mata pun jadi lebih gelap dan hitam.

Memiliki mata hitam memang bikin nggak nyaman. Tapi kalau kamu mau menghilangkan mata panda dengan cepat, maka harus tahu dulu tip dan trik yang efektif untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Cara menghilangkan mata panda sebenarnya gampang dan praktis banget. Bahkan, kamu nggak perlu sampai melakukan aneka macam perawatan mahal di klinik kecantikkan. Dengan modal yang pas-pasan pun, nyatanya juga bisa lho membantu kamu dalam menghilangkan mata panda yang nggak banget. Misalnya dengan menerapkan pola hidup lebih sehat atau memanfaatkan skincare seperti masker mata panda. Simak cara lainnya, yuk!

1. Pakai Eye Patch Mask

Mata panda memang suka bikin risih, tapi produk perawatan apa sih yang bisa dipilih untuk mengatasinya? Sebenarnya kamu bisa lho pakai eye patch mask sebagai salah satu trik menghilangkan mata panda. Masker mata ini mudah banget untuk ditemukan karena yang memproduksinya juga cukup masif. 

Nah, dalam mencari produk eye patch mask yang bagus, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Misalnya, pilihlah masker panda dengan mempertimbangkan kandungan yang ada di dalamnya. Untuk menghilangkan mata panda, setidaknya carilah eye patch mask dengan bahan niacinamide di dalamnya. Sebab, kandungan ini memiliki khasiat yang baik untuk memudarkan mata panda dan mencerahkan kulit di sekitar area mata.

Lalu, carilah eye mask yang memiliki pelembap. Pasalnya, pelembap dapat membuat kulit jadi lebih kenyal, menjaganya dari kerutan halus, serta mampu membantu menghilangkan mata panda dengan cepat. Terakhir, pilih produk masker mata yang nyaman saat digunakan. Eye patch mask yang bagus biasanya bisa bikin mata menjadi lebih segar dan enak saat diaplikasikan di area mata.

2. Gunakan Retinol

Trik menghilangkan mata panda berikutnya yaitu dengan menggunakan retinol. Dalam beberapa tahun terakhir, retinol menjadi salah satu bahan yang terkenal dan banyak diperbincangkan karena ragam khasiat yang ada di dalamnya. Bahkan, sejumlah produk skincare dan makeup bereksperimen dengan retinol untuk bisa mendapatkan manfaat baiknya, termasuk pula skincare untuk menghilangkan mata panda 

Retinol sebenarnya merupakan salah satu senyawa vitamin A yang memiliki sifat anti penuaan atau anti-aging. Pemakaian bahan ini sendiri pun juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Tapi yang lebih menariknya lagi, bahan ini juga memiliki efek memudarkan pigmen pada kulit, termasuk lingkaran gelap yang ada pada sekitar area mata.  

3. Vitamin C Wajib Dicoba

Selain retinol, kamu pun juga bisa mencoba memakai vitamin C sebagai salah satu trik menghilangkan mata panda. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang kuat dan memiliki banyak manfaat. Di antaranya seperti mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi yang terjadi di sekitar mata. 

Dalam mencerahkan mata panda, vitamin C bekerja dengan cara merangsang sirkulasi darah yang ada di area mata. Ketika sirkulasi darah sudah lebih lancar, maka pembekakan dan mata panda yang menghitam pun bisa lebih memudar. Akan tetapi, untuk mendapatkan khasiat sepenuhnya dari vitamin C, maka kamu perlu menggunakannya secara rutin dan tepat. 

Kamu bisa memilih skincare untuk menghilangkan mata panda dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Atau bisa pula dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, kiwi, stroberi, brokoli, hingga tomat.

4. Pilih Skincare dengan Kandungan Niacinamide

Memilih skincare dengan kandungan niacinamide juga bisa kamu tiru sebagai trik menghilangkan mata panda selanjutnya. Niacinamide merupakan bahan aktif yang mampu meningkatkan kelembapan kulit, termasuk pada area sekitar mata. Penggunaan niacinamide secara rutin bahkan dapat membantu mencerahkan kulit bawah mata, mengatur produksi minyak, dan melindungi kulit.

Untuk mendapatkan khasiat dari niacinamide, kamu bisa memanfaatkan skincare seperti krim mata panda atau masker mata yang efektif mengatasi atau mencegah munculnya mata panda. Tetapi, perhatikan juga cara penggunaanya sesuai dengan apa yang tertulis pada kemasan produk, ya.

5. Pudarkan Mata Panda dengan Hyaluronic Acid

Cara menghilangkan mata panda yang nggak kalah efektif adalah dengan menggunakan hyaluronic acid. Bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Ini bermanfaat terutama jika mata panda disebabkan oleh retensi cairan atau peradangan.

Di sisi lain, hyaluronic acid juga mampu mengikat kelembapan dan menjaga hidrasi kulit. Sehingga, kulit gelap di sekitar mata bisa pudar dan jadi lebih cerah serta kenyal. Untuk menghilangkan mata panda dengan cepat, pastikan kalau kamu memilih produk perawatan kulit yang dibutuhkan, seperti krim mata atau serum dengan konsentrasi yang cukup tinggi dari hyaluronic acid. 

6. Tidur yang Cukup dan Hindari Begadang

Penyebab mata panda bisa berasal dari kebiasaan begadang yang sering dilakukan. Begadang sendiri dapat mengganggu proses regenerasi sel kulit yang biasanya terjadi selama tidur. Terlebih lagi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan rentan terhadap efek kurang tidur. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering dan kehilangan kelembapan alaminya, menyebabkan garis-garis halus dan lingkaran gelap di bawah mata.

Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan mata panda yang mesti kamu lakukan adalah memenuhi waktu istirahat yang cukup dan usahakan untuk hindari aktivitas begadang yang sering. Setidaknya kamu harus tidur sebanyak 7-8 jam untuk ukuran orang dewasa. Selain itu, pastikan beristirahatlah sebelum jam 11 malam agar tubuh tetap fit dan bugar ketika bangun nanti.

7. Kompres Menggunakan Es Batu

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya yakni kompres mata menggunakan es batu. Seperti yang sudah diketahui bahwa es batu ini dapat berguna untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kulit, termasuk yang diakibatkan oleh mata panda. Untuk menggunakan tips ini, kamu cukup menyiapkan es batu yang dilapisi dengan kain bersih atau waslap. Setelah itu, tempelkan kompres tersebut di bawah kantung mata selama kurang lebih 10-20 menit.

8. Kompres Pakai Kantong Teh Celup

Selain es batu, kamu juga dapat mencoba kompres menggunakan kantong teh celup. Trik menghilangkan mata panda ini bisa diterapkan karena teh sendiri berguna untuk mengurangi pembengkakan dan lingkar hitam pada mata yang susah hilang. Kandungan kafein dan antioksidannya bahkan dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi penumpukan cairan di bawa mata, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bebas mata panda. 

9. Manfaatkan Masker Timun

Masker mata panda bisa dibuat dengan menggunakan timun. Masker timun memang dianggap sebagai salah satu cara alami untuk menghilangkan lingkaran hitam pada area mata. Dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya, bahan ini memiliki efektivitas yang baik dalam menghilangkan mata panda dengan cepat dan membuat kulit jadi lebih sehat.

Nah, untuk menghilangkan mata panda dengan timun, kamu cukup mengirisnya tipis dan kemudian tempelkan pada mata. Diamkan selama 10-15 menit dan bersihkan kulit di sekitar mata dengan air bersih.

10. Coba Masker Tomat

Tomat juga bisa menjadi masker mata panda yang berkhasiat. Di dalam tomat, terdapat sebuah zat yang bernama likopen. Zat inilah yang mendukung kesehatan jantung, mata, dan nggak ketinggalan kulit. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan lingkaran kulit hitam di area mata.

Memanfaatkan tomat sebagai masker sebetulnya mudah banget. Cukup campurkan 1 sendok makan tomat yang sudah diblender dengan setengah sendok gel aloe vera. Setelah tercampur rata, oleskan pada mata panda dan kantung mata yang tebal. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas bersih menggunakan air. 

Itu tadi beberapa trik menghilangkan mata panda yang bisa kamu contoh. Dengan mengikuti tips-tips di atas secara konsisten, kamu dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan mata panda. Namun, jika masalah ini terus berlanjut atau memburuk, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi untuk penanganan lebih lanjut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading