Sukses

Beauty

6 Kandungan yang Harus Ada dalam Produk Perawatan Rambutmu, Cek Yuk!

Fimela.com, Jakarta Sebelum maraknya pengguna sosial media seperti Youtube atau Tiktok, banyak orang yang nggak terlalu peduli dengan perawatan rambut. Bagi mereka, keramas pakai shampo kemudian membilasnya juga sudah cukup untuk menjaga kebersihan dan perawatan rambut.

Namun, semenjak adanya tren skincare dan haircare routine, menyadarkan banyak orang tentang pentingnya menyesuaikan dan mengetahui kandungan shampo dan vitamin rambut.

Kalau kamu, gimana? Tahukah kamu kandungan apa saja yang dapat menutrisi rambut serta kulit kepala supaya tetap bersih dan sehat? Kalau belum, cek dulu apa saja kandungan yang wajib ada dalam hair care routine sehari-hari!

Rosemary

Dalam sebuah penelitian yang yang dipublikasi National Library of Medicine menyebutkan bahwa minyak dari bahan yang sehat dan alami seperti rosemary dan safflowers bersifat antimikroba dan antiinflamasi.

Sifat dari Rosemary tersebut mampu merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menenangkan kulit kepala dari peradangan. Kandungan rosemary sangat cocok untuk perawatan rambut apa pun, terutama jika kulit kepala rusak dan rambut menipis.

Vitamin C

Mirip seperti cara kerja pada kulit, vitamin c untuk rambut mampu mengatasi kerusakan oksidatif dan kusam. Kerusakan oksidatif yang dimaksud yaitu akibat stress dan penuaan. Keadaan tersebut disebabkan ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas sehingga bisa menumbuhkan uban.

Selain itu, menurut Orit Markowitz MD, seorang dermatologist asal New York, vitamin C juga dapat berperan dalam menjaga dermis kulit kepala agar tetap segar kembali karena berkurangnya kerusakan oksidatif.

Air Beras

Dari sebuah penelitian yang dipublikasi oleh World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kandungan inositol dan berbagai macam nutrisi lain di dalam air beras membantu memulihkan rambut yang mudah patah, rusak dan meningkatkan kilaunya.

Rambut sebenarnya terdiri dari keratin, yaitu sejenis protein alami yang membentuk setiap helainya. Namun, ikatan protein ini bisa mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu dan semakin rentan jika sering melakukan styling.

Air beras menjadi ramuan ampuh untuk rambut yang rusak akibat sering terlibat proses pewarnaan, penggunaan bahan kimia, dan panas. Kandungannya memperbaikinya rambut dari dalam ke luar. Bahkan melindungi dari kerusakan di masa depan.

Hyaluronic Acid

Mungkin kamu sering dengar kandungan ini pada di produk skincare. Namun manfaat melembapkan dari Hyaluronic Acid juga sangat menjanjikan bila diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, lho.

Kandungan tersebut biasanya berperan sebagai sodium hyaluronate dalam produk perawatan rambut yang bisa diaplikasikan ke kulit kepala tanpa air. Hyaluronic Acid membantu kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi sehingga tidak terlalu kering dan lebih sehat.

Peptida

Peptida menjadi penolong yang cukup ampuh untuk memperbaiki rambut rusak akibat terlalu sering diwarnai. Ketika memilih shampo atau pewarna rambut, cobalah hindari bahan sulfat yang dapat membuat kering dan rusak. Sebaliknya, carilah produk yang mengandung peptida dan protein untuk membantu memperbaiki kekuatan, kesehatan rambut, dan mencegah kerusakan.

Salicylic Acid

Zat satu ini menjadi pahlawan super yang bisa mengontrol ketombe. Meskipun ada zinc pyrithione yang juga luar biasa untuk ketombe, salicylic acid alias asam salisilat juga bekerja dengan sangat baik dalam menjaga keseimbangan kulit kepala dan mengurangi pengelupasan.

Selain itu, kandungan asam salisilat juga membantu kulit kepala Anda meluruhkan sel-sel kulit mati secara alami, yang sangat penting untuk kulit kepala yang sehat. Bisa dibilang zat satu ini bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan kesehatan kulit kepala.

Itulah kandungan yang harus ada di hair care routine. Sebelum memilih shampoo, masker rambut, dan vitamin, cek dulu kandungannya sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Sesuaikan juga dengan kebutuhan rambut yang diinginkan, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading