Sukses

Beauty

4 Kesalahan Menggunakan Facial Foam yang Bikin Formulanya Nggak Maksimal

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu produk skincare yang digunakan sehari-hari, penggunaan facial foam nggak boleh terlewat. Bukan tanpa alasan, soalnya produk yang satu ini mendukung proses membersihkan kulit wajah untuk menjaganya tetap sehat dan glowing.

Mencuci wajah dengan facial foam sendiri disarankan dilakukan 1-2 kali sehari. Biarpun terkesan mudah dan sederhana, tapi ada beberapa kesalahan penggunaan facial foam yang bisa bikin manfaatnya jadi nggak terserap maksimal. Apa saja sih?

Tidak Memilih Facial Foam yang Sesuai Jenis Kulit

Tertarik menggunakan produk facial foam yang sedang hype? Eits, pastikan produk tersebut memiliki formula yang memang sesuai dengan jenis kulitmu. Asal pilih produk ternyata bisa memicu masalah kulit baru, mulai dari kulit kering dan dehidrasi, berjerawat, hingga iritasi. 

Jadi, disarankan untuk mengenali dulu jenis kulit yang dimiliki dan cari tahu formula yang memang cocok dan sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya saja bagi pemilik wajah berminyak disarankan untuk menggunakan water-based product atau pemilik acne prone skin dapat memakai facial foam yang mengandung salicylic acid.

Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dulu

Coba ngaku, apakah kamu sudah rutin mencuci tangan terlebih dulu sebelum mencuci wajah? Kalau belum, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab formula facial foam yang digunakan jadi nggak bisa terserap maksimal. 

Tangan yang kotor bisa menjadi media transfer bakteri dan kuman yang kemudian berpindah ke wajah. Hal ini bisa memicu berbagai masalah kulit, seperti jerawat hingga iritasi. Jadi, penting untuk membiasakan mencuci tangan terlebih dulu sebelum menyentuh wajah ya!

Tidak Membersihkan Makeup Terlebih Dulu

Coba diingat-ingat lagi, siapa nih yang malas membersihkan makeup dengan facial cleanser dan lebih memilih langsung mencuci wajah? Biarpun fungsinya sama-sama membersihkan tapi sebenarnya facial foam nggak bisa membersihkan sisa makeup dengan menyeluruh. 

Hal ini rentan membuat pori-pori tersumbat yang kemudian menyebabkan wajah jadi makin berminyak dan berjerawat. Jadi, jangan teruskan kebiasaan ini ya. Wajib banget membersihkan wajah dengan face cleanser terlebih dulu sebelum menggunakan facial foam.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Niatnya ingin menjaga wajah tetap bersih dan bebas minyak. Tapi, jangan sampai overwashing alias terlalu sering mencuci wajah juga, lho. Formula facial wash memiliki kandungan untuk membersihkan minyak alami pada wajah. Jika terlalu sering dipakai, dapat mengikis kelembapan alami wajah yang menyebabkannya jadi kering dan dehidrasi. 

Idealnya, mencuci wajah hanya 1-2 kali sehari saja, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Mencuci wajah di pagi hari berperan untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare dan makeup apapun, sementara itu malam hari untuk membersihkan wajah setelah selesai beraktivitas sepanjang hari. 

Dari 4 kesalahan menggunakan facial foam di atas, mana nih yang paling sering kamu lakukan, Sahabat Fimela? Jangan diulangi ya dan pastikan terapkan langkah mencuci wajah yang benar agar hasilnya mendukung kulit sehat dan glowing maksimal! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading