Sukses

Beauty

11 Cara Merawat Rambut Panjang Perempuan agar Tetap Sehat, Lebat, dan Nggak Rontok

Fimela.com, Jakarta Cara merawat rambut panjang bisa dibilang lebih sulit dan ribet dibandingkan dengan rambut pendek. Yup, memiliki rambut panjang serta sehat dan indah pasti menjadi impian banyak perempuan. Dengan rambut yang panjang, kamu pun lebih bebas untuk menata atau mengatur rambut dengan banyak model yang diinginkan. Mulai dari rambut panjang bergelombang, half curl, scrunched, jelly perm, dan lainnya.

Walau begitu, merawat rambut panjang perempuan agar tetap sehat, lebat, dan bebas rontok ternyata butuh usaha yang berkali-kali lipat, lho. Sebab, orang-orang dengan rambut panjang dianggap memiliki lebih banyak permasalahan daripada mereka yang memiliki rambut pendek. Adapun permasalahan yang dimaksud tersebut adalah rambut rontok dan mudah patah. 

Sebenarnya merawat rambut panjang perempuan bisa kok dilakukan secara pribadi tanpa harus pergi ke salon kecantikan. Caranya pun cukup simpel dan kamu cuma perlu menggunakan produk perawatan rambut yang tepat serta menjaga pola hidup yang lebih sehat. Biar kamu lebih tahu, berikut 11 cara merawat rambut yang panjang agar tetap sehat dan bebas dari berbagai permasalahan. Simak dulu, yuk!

1. Keramas Secara Rutin dengan Air Dingin

Cara merawat rambut panjang pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu keramas secara rutin menggunakan air dingin. Tips merawat rambut panjang perempuan yang satu ini memang sederhana banget. Namun, nggak jarang para perempuan justru menyepelekannya dan bahkan lupa mencuci rambut secara rutin setiap minggunya. 

Perlu diketahui bahwa jarang keramas merupakan salah satu alasan kenapa rambut kusut. Selain bikin rambut mudah kusut, jarang keramas juga menyebabkan terjadinya penumpukan minyak serta debu, sel kulit mati, hingga kotoran yang bisa menyumbat pori-pori di kepala. Oleh karena itu, keramaslah agar rambut panjang cantik bisa terus terpelihara dan bebas dari bermacam-macam permasalahan. 

2. Keringkan Rambut dengan Handuk Microfiber

Setelah mencuci rambut hingga bersih, pastikan kamu langsung mengeringkannya menggunakan handuk microfiber. Handuk ini memang direkomendasikan karena memiliki permukaan yang halus dan mudah menyerap air hingga 8 kali beratnya. Sehingga, rambut yang basah bisa lebih cepat kering dan nggak kusut.

Selain itu, jangan lupa pula untuk memerhatikan cara mengeringkan rambut yang benar. Hindari mengeringkan rambut panjang dengan cara digosok-gosok. Pasalnya, hal tersebut justru menjadi salah satu alasan mengapa rambut mengembang. Selain itu, mengeringkan rambut dengan cara digosok secara kasar juga akan menyebabkan rambut rusak dan bahkan bisa melukai kutikula, yang berisiko menimbulkan kerontokan. 

Untuk mengeringkan rambut basah, cukup tepuk-tepuk saja secara perlahan menggunakan handuk. Cara merawat rambut panjang seperti ini dinilai lebih aman dan minim akan risiko. 

Kamu pun bisa mencoba tips merawat rambut panjang perempuan yang satu ini untuk menjaga dan memelihara rambut agar tetap sehat, bebas kusut, dan nggak mudah rontok.

3. Pakai Vitamin Rambut

Cara merawat rambut panjang selanjutnya adalah dengan memakai vitamin rambut. Merawat rambut panjang perempuan sesungguhnya memerlukan berbagai produk perawatan rambut yang tepat. Salah satunya ya dengan rajin pakai vitamin rambut. 

Produk perawatan rambut yang satu ini bukan hanya sekedar menutrisi saja, melainkan juga dapat melindungi batang rambut dari kerusakan akibat sinar matahari ataupun polusi yang bebas berterbangan. Sehingga, pemakaian vitamin rambut yang rajin bisa menjaga rambut agar lebih sehat dan kuat.

Tips merawat rambut panjang cantik ini bisa dilakukan setiap hari jika kamu merasa tekstur rambut kasar dan kering. Selain itu, bisa pula memakai vitamin rambut dengan menyesuaikan frekuensi kamu keramas. 

4. Potong Ujung Rambut Bercabang Secara Teratur

Memotong ujung rambut bercabang bisa menjadi salah satu cara merawat rambut panjang yang kamu terapkan. Buat yang belum tahu, ujung rambut ini memiliki risiko kerusakan yang lebih besar dibanding dengan pangkal rambut. Jika nggak segera diatasi, maka kerusakan yang terjadi pada ujung rambut akan bisa merambat hingga ke bagian akar rambut.

Oleh karena itu, demi bisa memiliki rambut panjang yang sehat dan nggak bermasalah, kamu harus rajin memangkas ujung rambutmu. Nggak perlu terlalu panjang, cukup potong saja sekitar 2-3 cm. Tips merawat rambut panjang perempuan bisa dicoba jika kamu ingin agar rambut nggak rusak dan nggak kusam.

5. Perhatikan Cara Menyisir Rambut yang Benar

Menyisir rambut ternyata juga ada caranya yang benar. Terlebih lagi jika kamu memiliki rambut panjang dan tebal. Cara merawat rambut panjang dengan memerhatikan jenis sisir diketahui dapat memberi dampak yang besar terhadap kesehatan batang rambut. Jika memiliki rambut ikal atau keriting, sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang. Jenis sisir ini akan membantu mengurai rambut lebih mudah dan mengurangi dampak rambut patah atau rontok.

Untuk merawat rambut panjang perempuan, maka menyisir secara perlahan juga sangat dianjurkan. Untuk menyisir rambut, lakukanlah dari bagian tengah ke bawah terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan menyisir rambut bagian atas ke bagian bawah. Jika rambut baru keramas dan masih basah, lebih baik tunggu dulu sampai kering dan lalu bisa kamu sisir setelahnya.

6. Hindari Mengikat Rambut yang Terlalu Kencang

Memiliki rambut panjang memang ada plus dan minusnya. Plusnya, kamu bisa berkreasi sesuka hati dengan rambutmu untuk mendapatkan penampilan yang diinginkan. Sementara untuk bagian minusnya, terkadang rambut panjang seringkali membuat tubuh jadi gampang gerah dan bikin risih di beberapa waktu tertentu. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih mengikat rambut panjang mereka sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya. 

Tapi, tahukah kamu kalau mengikat rambut itu ternyata nggak boleh terlalu kencang? Pasalnya, hal tersebut malah akan membuat kerusakan dan menyebabkan akar rambut jadi melemah. Sehingga, rambut bisa berisiko rontok dan jatuh berguguran. 

Maka dari itu, merawat rambut agar sehat bisa juga dimulai dengan memerhatikan bagaimana cara kamu memperlakukan rambut sehari-harinya. Kamu bisa mengganti penggunaan karet elastis dengan scrunchie atau jedai. Fyi, solusi ini juga bisa diterapkan untuk merawat rambut rontok juga, lho.

7. Gunakan Hair Tonic

Salah satu cara merawat rambut panjang adalah dengan menggunakan hair tonic. Produk perawatan rambut ini bisa digunakan jika kamu memiliki kulit kepala kering dan rambut yang mudah rontok. Perlu kamu ketahui bahwa hair tonic bekerja dengan cara melembapkan dan menutrisi kulit kepala dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Jika memiliki rambut panjang, produk ini wajib banget masuk ke dalam hair treatment-list karena manfaatnya yang bagus buat mengurangi kerontokan dan ketombe. Terlebih lagi karena hair tonic juga bisa membuat rambut jadi lebih berkilau, wangi, dan mudah diatur.

Dalam penggunaan sehari-hari, cukup aplikasikan saja hair tonic sehabis kamu keramas atau memastikan rambut dalam keadaan bersih. Oleskan secara merata ke seluruh area kulit kepala dan pijat lembut selama 2-5 menit. Tetapi sebelum itu, pastikan dulu jika kamu sudah mengocok botolnya terlebih dahulu, agar kandungan yang ada di dalam hair tonic nggak mengendap.

8. Jangan Lupa Pakai Masker Rambut

Selain hair tonic, produk perawatan rambut selanjutnya yang juga dibutuhkan adalah masker rambut. Ada baiknya rambut panjang seperti yang kamu miliki menggunakan masker rambut untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, sekaligus menjaga kesehatan serta kecantikan rambut. Sebab, produk ini sendiri menyimpan segudang manfaat baik dan pastinya akan membantu kamu dalam merawat rambut panjang.

Ketahuilah bahwa alasan di balik kenapa rambut kusut ternyata juga berasal dari kondisi rambut yang kering dan udara yang lembap. Namun, jika kamu menggunakan produk perawatan rambut seperti masker rambut, maka permasalahan tersebut pun jadi bisa teratasi. 

Sebab, masker rambut pada dasarnya berguna untuk melembapkan rambut dan membantu relaksasi pada kulit kepala, sehingga folikel rambut akan jadi lebih sehat. Selain itu, masker rambut pun juga dapat membantu meningkatkan kualitas rambut serta membuatnya tetap lembut.

9. Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Asupan cairan dalam tubuh ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan rambut panjang. Ketika kamu kurang minum, maka proses regenerasi sel, penyerapan vitamin, hingga kemampuan tubuh dalam menjaga kelembapan bisa saja terhambat. Bahkan, ragam suplemen yang kamu konsumsi setiap harinya mungkin saja nggak memberikan khasiat yang maksimal karena kurangnya kandungan H2O di dalam tubuh.  

Oleh karena itu, rajinlah minum air putih mulai sekarang agar bisa mendukung kegiatan merawat rambut panjang lurus. Sebab dengan begitulah, kamu juga bisa terhindari dari masalah rambut rontok, rapuh, dan juga kering. Selain itu, merawat rambut agar sehat seperti ini juga nggak butuh effort yang besar dan hanya perlu kesadaran kamu saja untuk melakukannya.

10. Kurangi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara merawat rambut panjang lurus yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menghindari penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering dan berlebihan. Banyak orang mungkin kurang percaya diri ketika harus keluar tanpa melakukan styling apapun terhadap rambut. 

Tapi, ketahuilah bahwa alat styling yang dipakai dalam jangka waktu lama ternyata dapat mengakibatkan rambut jadi mudah patah dan rusak. Terlebih lagi, alat elektronik ini pula yang juga menjadi salah satu penyebab mengapa rambut mengembang dan sulit diatur.

Karenanya, agar bisa menjaga rambut panjang cantik dan sehat, kamu disarankan untuk mengurangi penggunaan berbagai alat styling rambut. Namun, jika kamu terpaksa untuk menggunakannya, sebaiknya aplikasikan dulu produk pelindung rambut atau hair protector yang mampu melindungi helai rambut dari suhu panas alat styling. 

11. Jaga Asupan Makanan yang Sehat

Salah satu faktor kunci yang memengaruhi kesehatan rambut panjang adalah asupan nutrisi yang baik. Nutrisi yang cukup dan seimbang berperan penting dalam pertumbuhan rambut, kekuatan, kilau, dan bahkan mencegah masalah rambut seperti kebotakan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menjaga asupan makanan sehari-harinya agar proses merawat rambut panjang lurus bisa membuahkan hasil yang diinginkan. 

Itulah beberapa Cara merawat rambut panjang yang bisa kamu coba sendiri. Merawat rambut agar sehat memang bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, merawat rambut panjang membutuhkan perhatian dan kesabaran yang ekstra. Tapi, ingatlah bahwa perawatan yang konsisten dan pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mempertahankan kecantikan rambut kamu. So, jangan lupa untuk memperlakukan rambut panjang alami sebaik mungkin, ya. Coba juga sederet tips merawat rambut panjang yang ada di atas. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading