Sukses

Beauty

Makeup untuk Anak Sekolah Idealnya Seperti Apa Sih? Cari Tahu Tips dan Rekomendasi Produknya Yuk!

Fimela.com, Jakarta Makeup untuk anak sekolah itu yang seperti apa sih? Mungkin banyak remaja SMA yang mulai tertarik buat bereksplorasi dengan makeup untuk menunjang penampilan sehari-hari. Apalagi penampilan yang maksimal jelas bisa menunjang rasa percaya diri. Tapi, sebagai newbie yang baru mengenal riasan mungkin masih dibuat bingung, produk makeup apa saja sih yang bisa digunakan untuk sehari-hari?

Biar nggak salah dalam menentukan riasan seperti apa yang cocok dipakai sehari-hari dan pemilihan produk yang tepat, saatnya gali informasi selengkapnya lewat artikel ini yuk, Sahabat Fimela!

Kriteria Makeup untuk Anak Sekolah yang Tepat

Buat kamu yang ingin belajar bermain dengan makeup, pahami dulu rules dasar dalam mengaplikasikan berbagai produk riasan ke wajah. Nggak terkecuali untuk anak sekolah, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan agar penampilan terlihat cantik alami.

1. Sesuaikan dengan Usia

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat bermain makeup di usia remaja adalah sesuaikan dengan usia. Jangan sampai makeup yang digunakan membuatmu terlihat lebih tua daripada usia yang sebenarnya. Daily makeup harusnya membuat wajah tampak fresh tanpa kesan berlebihan.

2. Pilih Warna Natural

Hal penting yang nggak boleh dilupakan adalah soal pemilihan warna. Khusus untuk remaja yang ingin menggunakan makeup dalam kegiatan sehari-hari, sebaiknya pilih warna natural untuk memancarkan kecantikan alami kamu. Misalnya warna bibir yang cenderung nude atau blush on yang tampak pink alami untuk menampilkan aura wajah yang segar, jauh dari kesan menor.

3. Memiliki Formula Ringan

Perubahan hormon yang cukup tinggi di masa remaja membuat mereka sering mengalami berbagai masalah kulit. Misalnya saja kadar minyak yang tinggi dan jerawat yang bisa dibilang paling sering muncul pada remaja.

Nah, pemakaian makeup yang kurang tepat bisa memicu masalah kulit semakin parah, lho. Jadi, pastikan pilih produk riasan yang memiliki formula ringan, non comedogenic, dan aman untuk kulit sensitif agar tidak menyumbat pori-pori dan malah bikin kamu jerawatan. Selain itu, makeup dengan formula ringan juga bisa membuat riasan cenderung lebih alami, jauh dari kesan dempul.

Rekomendasi Produk Makeup yang Bisa Digunakan Anak Sekolah

Bagi yang ingin bereksperimen dengan makeup untuk anak sekolah, berikut ini beberapa rekomendasi produk yang bisa dicoba untuk membuat penampilan terlihat fresh. Jauh dari kesan menor yang berlebihan. Produk apa saja yang sebaiknya dimiliki?

1. BB Cream atau Tinted Moisturizer

Kalau ingin makeup untuk menunjang gaya sehari-hari, misalnya saja ke sekolah, nggak perlu menggunakan based makeup full coverage karena bisa terlihat menor dan berlebihan. Sebagai alternatif, anak sekolah bisa mengandalkan BB Cream atau tinted moisturizer yang memberikan kesan lebih natural tanpa efek dempul berlebihan.

Keduanya memiliki tekstur yang ringan, sehingga lebih cocok digunakan remaja yang ingin menampilkan wajah fresh alami. Jangan lupa sesuaikan jenis produk dengan tipe kulit yang dimiliki. Misalnya saja pemilik kulit berminyak bisa memilih produk matte finish, sementara kulit kering sebaiknya menggunakan produk dewy look.

2. Bedak Tabur

Bedak menjadi salah satu produk makeup yang nggak boleh dilupakan untuk menyempurnakan penampilan. Khusus anak sekolah di usia remaja, bedak tabur menjadi pilihan produk yang lebih direkomendasikan.

Bedak tabur memiliki tekstur ringan yang bisa memberikan kesan fresh pada kulit tanpa membuat penampilan terlihat ‘berat’. Nggak cuma itu saja, tipe bedak yang satu ini juga bisa menyerap kelebihan minyak di wajah yang biasa terjadi pada usia remaja. Jadi, bisa menampilkan wajah cantik bebas minyak selama beraktivitas.

3. Eye Shadow Berwarna Natural

Saat lagi hangout bersama teman atau ada acara keluarga, memakai eye shadow bisa membuat tampilan mata jadi lebih cantik. Namun, jangan sampai terlihat berlebihan. Pastikan pilih palet warna natural seperti nude, pink pastel, atau coral yang cocok dengan warna kulitmu.

Disarankan untuk menggunakan 1 tone warna eye shadow saja untuk tampilan sehari-hari yang natural. Pilih eye shadow berjenis matte, tanpa efek shimmer yang bisa membuat wajah terlihat fresh dan nggak berlebihan.

4. Blush On

Makeup untuk anak sekolah apakah masih wajar kalau menggunakan blush on? Nggak masalah kok, asal jangan dipakai untuk sekolah ya! Kamu bisa menggunakannya saat sedang nongkrong bareng teman atau melakukan kegiatan lainnya di luar sekolah.

Blush on sendiri merupakan produk makeup yang fungsinya untuk membuat wajah terlihat segar. Selain itu, produk ini juga bisa membingkai wajah dengan cantik. Namun, pastikan perhatikan trik menggunakan blush on dengan tepat yang sesuai dengan bentuk wajahmu. Selain itu, pilih warna natural, misalnya pink pastel atau coral yang memang cocok digunakan sehari-hari.

5. Lip Tint

Warna bibir yang merona juga menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung penampilan yang makin cantik. Nah, untuk menyempurnakan makeup remaja, lip tint bisa jadi produk pilihan yang tepat nih.

Lip Tint merupakan produk bibir yang teksturnya lebih cair sehingga lebih ringan dan mudah meresap di bibir. Hal ini juga yang membuat tampilan warnanya cenderung terlihat seperti warna alami bibir sehingga lebih cocok jika digunakan sebagai makeup anak sekolah.

Formulanya yang mudah meresap ini juga yang membuat lip tint lebih tahan lama jika dibandingkan lip product lainnya. Jadi, bisa digunakan buat beraktivitas seharian mulai dari sekolah hingga mengikuti ekskul setelah jam sekolah usai.

Tips Makeup untuk Anak Sekolah yang Wajib Diketahui

Bermain dengan makeup memang jadi pengalaman baru buat para remaja. Hal ini jelas bikin excited saat mencoba berbagai produk yang jadi favorit. Nah, supaya hasilnya maksimal, ada beberapa tips makeup untuk remaja yang wajib diketahui. Apa saja sih?  

1. Pakai Skincare Sebelum Menggunakan Makeup

Ini dia salah satu hal penting yang wajib dilakukan sebelum menggunakan makeup. Jangan lewatkan skincare routine sebelum mengaplikasikan produk makeup apapun. Awali dengan mencuci wajah dan gunakan toner untuk menyamarkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Jangan lupa pakai moisturizer untuk menjaga kelembapan wajah dan sunscreen yang penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Setelah melakukan berbagai skin preparation, baru kamu bisa mengaplikasikan based makeup.

Lantas, apa sih pentingnya menggunakan skincare sebelum memakai makeup? Remaja memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif. Produk makeup sendiri bisa memberikan berbagai efek, seperti kulit jadi kering, berminyak, hingga berjerawat. Nah, skincare routine berperan untuk menjaga kulit tetap sehat sehingga meminimalisir efek samping dari produk yang dipakai. Selain itu, kulit yang sehat juga membuat hasil makeup tampak lebih natural.

2. Hindari Makeup Berlebihan saat ke Sekolah

Menggunakan produk makeup memang bisa membantu membuat wajah jadi lebih fresh. Namun, pastikan hindari pemakaian berlebihan saat digunakan ke sekolah. Gunakan produk makeup primer saja, misalnya BB Cream atau tinted moisturizer, bedak, dan lip tint yang memiliki warna natural.

Hindari penggunaan riasan berlebihan seperti eye shadow warna-warni atau blush on karena bisa membuat tampilan wajah jadi terkesan berlebihan. Jika memang ingin bereksperimen dengan produk lainnya, kamu bisa memakainya saat hangout bersama teman atau acara lainnya.

3. Pastikan Selalu Pakai Produk dengan Shades yang Sesuai

Jangan lupakan juga soal pemilihan shades warna produk yang dipakai, misalnya untuk BB cream atau bedak yang digunakan sehari-hari. Shades yang terlalu gelap bisa membuat complexion terlihat pucat dan gelap. Sementara itu, shades yang lebih terang malah membuat riasan lebih menor.

Cari tahu skin tone yang dimiliki dan temukan shades yang memang sesuai jenis kulitmu. Saat membeli produk secara langsung, hindari mencoba di punggung tangan karena kulit di area ini cenderung lebih gelap dibandingkan kulit wajah.

4. Jangan Malas Membersihkan Wajah

Masih sering tidur tanpa membersihkan wajah? Eits, ini bukan kebiasaan yang baik, karena bisa mengganggu kesehatan kulitmu. Kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel bisa menyumbat pori-pori yang memicu masalah jerawat hingga iritasi.

Jadi, jangan malas membersihkan wajah setiap kali selesai beraktivitas. Kamu bisa menggunakan micellar water terlebih dulu untuk mengangkat kotoran yang menempel. Setelah itu, cuci kembali dengan facial foam yang sesuai jenis kulit untuk kebersihan wajah yang maksimal.

5. Lakukan Perawatan Kulit Mingguan

Menggunakan makeup untuk anak sekolah bisa meningkatkan risiko wajah jadi gampang jerawatan. Jadi, penting nih untuk terus memperhatikan kesehatan kulit dengan rutin merawatnya.

Selain menerapkan basic skincare routine setiap hari, nggak ada salahnya kok melakukan perawatan kulit setiap minggunya. Misalnya dengan menggunakan sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Produk yang satu ini dapat menutrisi kulit dengan kandungan yang ada di dalamnya.

6. Perhatikan Kebersihan Peralatan Makeup

Jika mulai sering menggunakan makeup untuk anak sekolah, perhatikan juga kebersihan peralatan makeup yang digunakan. Misalnya saja brush dan sponge yang sering digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup.

Benda-benda ini bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang subur jika tidak dicuci secara berkala. Jadi, pastikan kamu rutin mencuci brush dan sponge yang dipakai setiap 2 minggu sekali. Hal ini penting untuk mencegah berbagai permasalahan kulit seperti jerawat hingga iritasi karena peralatan makeup yang dipakai terpapar bakteri.

7. Cari Tahu Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik

Coba dicek lagi, sudah berapa lama kamu menyimpan produk makeup yang sering dipakai setelah pertama kali dibuka? Setiap produk makeup memiliki masa simpan yang nggak boleh dilewatkan. Nah, masa simpan ini bukan artinya waktu yang sama seperti tanggal kedaluwarsa yang tertera, lho.

Cara menghitung masa simpan produk makeup adalah sejak pertama kali produk dibuka. Jangka waktunya pun berbeda-beda, misalnya saja foundation cair yang bertahan 12-18 bulan, lipstik dan lip tint yang hanya bisa digunakan sampai 6 bulan, dan produk makeup berbentuk krim seperti eyeshadow dan blush on yang bisa dipakai sampai 6 bulan. Jangan sampai terlewat karena bisa menimbulkan masalah kulit jika tetap digunakan.

Itu tadi beberapa panduan makeup untuk anak sekolah yang bisa membantu para remaja bereksperimen dengan penampilan tanpa kesan berlebihan. Selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading