Sukses

Beauty

Menghaluskan Rambut Keriting agar Lebih Mudah Diatur Ternyata Nggak Susah, Begini Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Menghaluskan rambut keriting mungkin jadi salah satu tips perawatan yang paling banyak dicari oleh para pemilik curly hair. Yup, nggak bisa dipungkiri kalau tipe rambut seperti ini punya tekstur yang kasar, mudah megar, dan kusut yang membuatnya susah ditata. Nggak jarang juga pemilik rambut keriting biasanya meluruskan rambutnya secara permanen demi penampilan yang lebih menarik.

Tapi, penting nih buat menyadari kalau rambut keriting yang kamu miliki itu unik! Nggak harus selalu diluruskan dengan chemical treatment, perawatan sehari-hari yang tepat juga bisa membantu membuat rambut keriting agar lebih halus dan mudah diatur. Apa saja sih?

Permasalahan yang Sering Dialami Rambut Keriting

Punya karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan rambut lurus pada umumnya, ada berbagai permasalahan yang umumnya dialami oleh para pemilik rambut keriting. Berikut ini beberapa hair problem yang mungkin sudah nggak asing lagi:

1. Rambut kusut dan susah diatur: memiliki tekstur ikal dan keriting membuat jenis rambut ini jadi mudah kusut dan susah diatur. Apalagi jika saling bergesekan karena terkena angin atau hijab, membuat rambut keriting jadi susah diurai kembali.

2. Mudah patah dan rontok: Secara ilmiah, rambut keriting memiliki helaian yang berbeda jika dibandingkan dengan rambut keriting. Pemilik rambut keriting memiliki helaian yang lebih pipih, sehingga inilah yang membuatnya jadi mudah patah dan rontok.

3. Bagian akar berminyak, tapi batang rambut kering: bentuk rambut yang mengeriting dan meliuk-liuk membuat proses distribusi minyak dari akar rambut jadi nggak merata. Hal inilah yang membuat batang rambut keriting cenderung lebih kering.

4. Kusam: lapisan kutikula pada pemilik rambut keriting cenderung mudah terbuka dan mengelupas yang membuat rambutmu jadi tampak kusam dan kehilangan kilau alaminya.

Cara Menghaluskan Rambut Keriting agar Lebih Mudah Diatur

Merawat rambut keriting memang nggak boleh sembarangan jika ingin menjaganya agar tetap sehat. Maka dari itu, penting untuk menerapkan perawatan rambut keriting yang bisa membantu membuat teksturnya lebih halus, jadi lebih mudah diatur. Ternyata gampang banget dan nggak pakai ribet, bisa diterapkan di rumah, lho!

1. Batasi Frekuensi Keramas

Hal pertama yang perlu diingat dalam merawat rambut keriting adalah karakteristiknya yang berbeda dengan rambut lurus. Hal ini juga membuat perbedaan terhadap perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Yang paling utama adalah membatasi frekuensi keramas.

Hindari keramas terlalu sering karena kandungan di dalam shampo bisa menghilangkan minyak alami pada rambut yang membuatnya semakin kering dan susah diatur. Jadi, sebaiknya buat jadwal keramas ideal, misalnya 2-3 kali setiap minggunya untuk menjaga rambut tetap sehat.

2. Pilih Shampo dengan Formula Melembutkan

Jika ingin menghaluskan rambut keriting, maka hal penting yang harus dilakukan adalah pilih shampo yang tepat. Khusus pemilik rambut keriting yang memiliki tekstur cenderung kasar, shampo dengan kandungan melembapkan dan melembutkan bisa jadi alternatif pilihan.

Misalnya saja shampo dengan kandungan keratin yang bisa menutrisi dan memperbaiki tekstur rambut yang rusak dan kasar sehingga jadi lebih lembut dan mudah diatur. Formula lainnya adalah kandungan argan oil dan vitamin E yang dikenal dapat mempertahankan kelembapan rambut agar tampak sehat, halus, dan mudah diatur. Jadi, pastikan shampo yang digunakan tepat demi menjaga rambut keriting tetap sehat.

3. Selalu Gunakan Kondisioner

Keramas menggunakan shampo saja nggak cukup. Salah satu perawatan rambut keriting yang nggak boleh dilewatkan adalah selalu gunakan kondisioner. Hal ini sangat penting karena minyak yang tidak bisa terdistribusi dengan baik hingga ujung rambut rentan membuatnya kering. Jadi, kamu perlu produk ekstra yang bekerja untuk melembapkan rambut keriting.

Kondisioner adalah produk yang tepat karena memiliki manfaat untuk mengunci kelembapan alami rambut dan menjaganya tetap lembut serta sehat. Cara penggunaan kondisioner yang tepat adalah dengan mengaplikasikan produk dari bagian tengah hingga ke ujung rambut. Hindari produk mengenai kulit kepala karena bisa menyebabkan area tersebut semakin berminyak.

4. Jangan Menyisir Rambut Basah

Setelah keramas, rambut keriting biasanya akan saling tersangkut yang membuatnya jadi rentan kusut. Kondisi ini membuat batang rambut jadi mudah rapuh, kering, dan cepat patah. Jadi, sebaiknya perlakukan rambut dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan rambut.

Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena bisa memicu kerontokan yang parah. Setelah keramas, keringkan rambut menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk lembut, selanjutnya sisir menggunakan jari. Hal ini dapat membantu merapikan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur.

5. Pakai Handuk Microfiber

Coba perhatikan lagi, apakah handuk yang digunakan untuk mengeringkan rambut sudah tepat? Jika ingin menghaluskan rambut keriting, handuk yang dipakai juga perlu diperhatikan, lho. Pilih bahan yang tepat seperti microfiber yang lembut sehingga dapat digunakan mengeringkan rambut tanpa menimbulkan kerusakan.

For your information, bahan handuk yang kasar bisa mengikis lapisan kutikula rambut dan membuatnya jadi kasar, kering, dan susah diatur. Hal ini yang dapat menimbulkan risiko rambut megar dan susah diatur pada pemilik rambut keriting. Jadi, jangan lupa perhatikan pemakaian handukmu ya!

6. Pilih Sisir yang Tepat

Perhatikan juga jenis sisir yang digunakan untuk menyisir rambut keritingmu. Sebaiknya hindari penggunaan sisir bergigi rapat karena bisa membuat rambut keriting terasa semakin kusut dan membuat rambut semakin rentan patah dan rontok.

Jadi, disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang atau detangled brush yang memang didesain untuk rambut keriting. Sisir jenis ini dapat membantu merapikan rambut tanpa menyakitinya, sehingga kamu pun bisa meminimalisir kondisi rambut patah dan rontok yang terjadi setiap kali menyisir rambut.

7. Keramas dengan Air Dingin

Jangan lupa perhatikan suhu air yang digunakan untuk keramas. Biarpun keramas dengan air panas terasa menyenangkan, terutama saat cuaca dingin atau tubuh yang merasa lelah, ternyata hal ini nggak baik buat kesehatan rambut keriting, lho!

Jika ingin menghaluskan rambut keriting dengan maksimal, pastikan selalu keramas dengan air dingin. Suhu air yang terlalu panas bisa membuat lapisan kutikula terbuka sehingga rambut keriting jadi rentan rusak, kusut, dan megar. Jadi, sebisa mungkin keramas menggunakan air dingin, atau jika ingin menggunakan air hangat, pastikan suhunya pas.

8. Terapkan Hair Slugging

Salah satu treatment yang bisa dilakukan untuk menghaluskan rambut keriting adalah hair slugging. Perawatan yang satu ini memanfaatkan khasiat hair oil dan sempat populer di media sosial. Ingin mencobanya di rumah? Caranya cukup mudah kok!

Pastikan rambut bersih, lalu aplikasikan hair oil dari bagian tengah hingga ke ujung rambut. Gunakan lebih banyak pada bagian ujungnya. Sisir menggunakan jari untuk memastikan hair oil merata di area rambut keriting yang kering.

Selanjutnya ambil kaus kaki, masukkan seluruh rambut ke dalamnya. Ikat dengan scrunchie agar tidak terlepas dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, kamu bisa keramas hingga bersih. Teknik perawatan yang satu ini dapat membantu rambut keriting jadi lebih halus jika dilakukan dengan teratur.

9. Pakai Vitamin Rambut

Jangan lupa untuk selalu menggunakan vitamin rambut untuk menjaga rambut keriting agar tetap halus, lembut, dan tidak megar. Pilih produk yang mengandung vitamin E untuk menjaga kelembapan dan melembutkan rambut.

Nah, vitamin rambut bisa digunakan secara rutin setelah keramas. Jangan lupa untuk pilih produk yang memiliki tekstur ringan agar formula vitamin dapat meresap dengan cepat ke batang rambut, tanpa membuatnya terlihat berminyak. Selain itu, aplikasikan produk ini hanya dari bagian tengah batang rambut hingga ujungnya saja ya, terutama area yang terasa kering.

10. Gunakan Masker dari Alpukat dan Yoghurt

Menghaluskan rambut keriting juga bisa dilakukan dengan mengandalkan bahan-bahan alami. Misalnya saja masker alpukat dan yoghurt yang bisa digunakan untuk merawat rambut keriting. Alpukat mengandung vitamin E yang berperan penting untuk memperbaiki folikel rambut yang kering dan rusak. Sementara itu, yoghurt berperan menyeimbangkan pH yang menjaga kesehatan di kulit kepala.

Cara membuat kombinasi masker ini juga mudah kok. Ambil 1 buah alpukat, haluskan isinya. Campur dengan 2 sdm yoghurt, aduk hingga mengental dan baurkan di seluruh rambut, tak terkecuali kulit kepala. Bungkus dengan shower cap lalu diamkan masker rambut selama 1 jam sebelum dibilas.

11. Manfaatkan Masker Telur dan Mayones

Kombinasi telur dan mayones ternyata juga bisa diandalkan untuk menghaluskan rambut keriting. Telur mengandung protein yang dapat menjaga kesehatan rambut, mempertahankan elastisitasnya dan mencegah rambut tanpak kusam. Sementara itu, mayones dapat melembutkan rambut dan menguatkan akar.

Ikuti beberapa langkah mudah ini kalau mau membuat masker alami dari kedua bahan tersebut. Kocok 1 butir telur dan tambahkan 2 sdm mayones. Jika kondisi rambut sangat kering atau mudah kusut, bisa tambahkan 2 sdm minyak zaitun. Gunakan campuran tersebut di seluruh rambut dan kulit kepala, lalu bungkus dengan shower cap. Diamkan selama 30 menit dan cuci rambut hingga bersih.

12. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Rambut

Selain memperhatikan perawatan rambut dari luar, jangan lupa kalau kesehatan mahkota yang satu ini juga dipengaruhi oleh asupan nutrisinya. Jadi, pastikan kalau makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin dan mineral yang memang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut keriting.

Demi menghaluskan rambut keriting dengan optimal, konsumsi makanan berprotein tinggi dan mengandung Omega 3 seperti daging merah, ikan, kedelai dan kacang-kacangan. Protein merupakan komponen utama pembentuk keratin yang dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah kerontokan.

Selain itu, asupan zinc dan zat besi juga dibutuhkan rambut. Zat besi berperan untuk melancarkan tugas sel darah merah dalam mengantarkan oksigen pada folikel rambut. Sementara itu, zinc memiliki peranan untuk membentuk tekstur pada rambut yang keriting yang kamu miliki.

Menghaluskan rambut keriting bukan hanya mimpi. Lewat beberapa perawatan mudah di atas, kamu bisa mewujudkan rambut keriting yang lebih sehat, nggak megar dan mudah diatur. Yuk, saatnya ikuti tips di atas, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading