Sukses

Beauty

Nggak Semua Skincare Bisa Dipakai Setiap Hari, Cek Jadwal Ideal Berdasarkan Kandungannya Yuk!

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit secara rutin dengan produk skincare sangat penting, mengingat tampilan kulit yang sehat dan mulus nggak bisa diperoleh secara instan. Ibaratnya, skincare adalah ‘makanan’ dan ‘minuman’ yang menutrisi kulit untuk menjaga tampilannya tetap sehat. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata nggak semua skincare bisa dipakai setiap hari?

Yup benar banget, ternyata jadwal pemakaian skincare yang ideal itu harus ditentukan berdasarkan kandungan bahan utamanya, lho! Ada beberapa formula skincare yang sebaiknya nggak digunakan setiap hari karena bisa memberikan berbagai efek samping. Cari tahu lebih jauh, yuk!

Hyaluronic Acid Boleh Digunakan 2 Kali Setiap Hari

Belakangan ini, hyaluronic acid lagi jadi salah satu formula skincare yang cukup banyak digemari beauty enthusiast karena kandungannya yang ampuh menjaga hidrasi kulit. Formula tersebut pun bisa ditemukan dalam berbagai produk moisturizer hingga serum yang membantu wajah jadi lebih glowing alami.

Nah, hyaluronic acid sendiri bisa digunakan setiap hari, dengan jadwal pemakaian ideal 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari. Biar lebih maksimal, gunakan pada kondisi wajah yang masih lembap karena formulanya tergolong humektan yang menyerap air untuk menghidrasi wajah secara alami.

Gunakan Retinol Hanya 1-2 Kali Seminggu

Retinol merupakan produk turunan vitamin A yang memiliki berbagai manfaat, mulai dari meratakan warna kulit, mengatasi jerawat, hingga melawan tanda penuaan dini. Namun, ada aturan tersendiri dalam penggunaan retinol yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal dan tidak menyebabkan iritasi.

Bagi pemula, retinol bisa digunakan hanya 1 kali dalam seminggu. Jika sudah terbiasa dengan produk ini, kamu bisa mulai meningkatkan dosisnya menjadi 2 kali dalam seminggu. Penggunaan retinol bisa menyebabkan kulit jadi super sensitif, jadi hindari pemakaiannya berbarengan dengan skincare lain yang mengandung AHA/BHA, vitamin C, niacinamide, glycolic acid, dan azelaic acid. Jadi, pastikan perhatikan dengan baik skincare apa saja yang dipakai selama penggunaan retinol ini ya.

AHA/BHA Juga Hanya Bisa Dipakai 1-2 Kali dalam Seminggu

Chemical peeling dengan skincare yang memiliki kandungan AHA/BHA juga sedang banyak diminati oleh para beauty enthusiast. Bukan tanpa alasan, sebab kandungan jenis asam tersebut memiliki kemampuan mengeksfoliasi kulit sehingga meningkatkan regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

Namun, penggunaan 2 jenis formula ini juga nggak boleh setiap hari karena punya efek pengelupasan kulit. Jika terlalu sering, bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan, hingga iritasi. Untuk pemula, disarankan memakainya 1 kali dalam seminggu saja. Jika tidak menimbulkan side effect pada kulit, kamu bisa mulai meningkatkannya jadi 2 kali dalam seminggu.

Vitamin C

Serum dengan kandungan vitamin C juga menjadi favorit para beauty enthusiast, karena kandungan ini mampu mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, serta kaya antioksidan untuk melawan kerusakan sel kulit. Tapi, seberapa sering sih pemakaian serum vitamin C yang ideal?

Vitamin C ternyata termasuk kandungan yang boleh dipakai setiap hari. Namun, hal ini juga ditentukan dengan jenis kulit yang dimiliki. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya pakai 3-4 kali dalam seminggu saja untuk mencegah iritasi.

Serum vitamin C kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi efek buruk lingkungan, termasuk radiasi sinar UV. Namun, jika memakainya saat pagi hari, jangan lupa dukung dengan pemakaian sunscreen juga. Formula vitamin C ini bisa menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga berisiko mengalami iritasi jika terkena paparan langsung.

See, ternyata nggak semua formula skincare aman digunakan setiap hari. Jadi, pastikan kenali dulu kandungan dalam skincare kamu dan ikuti jadwal ideal pemakaiannya demi mendapatkan hasil yang diharapkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading