Sukses

Beauty

Serum Wajah Glowing Bisa Jadi Solusi Masalah Kulit Kusam, Cari Tahu Tips Memilih Produk yang Tepat Yuk!

Fimela.com, Jakarta Serum wajah glowing lagi jadi salah satu produk skincare trending yang banyak diincar oleh beauty enthusiast. Bukan rahasia lagi kalau kulit glowing jadi salah satu skin goal yang ingin diwujudkan oleh para beauty enthusiast, terlebih seiring tren kulit glowing ala Korea jadi semakin populer. Keinginan memiliki kulit wajah yang tampak sehat, cerah berseri dan bebas kusam memang wajar. Namun, hal tesebut nggak bisa didapatkan secara instan, butuh perawatan secara rutin untuk mewujudkannya.

Nggak heran kalau serum wajah glowing sering diandalkan. Apalagi kini sudah banyak produk bermunculan di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, seperti apa sih memilih produk yang tepat? Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih serum wajah untuk kulit glowing alami?

Kulit Glowing Itu Seperti Apa Sih?

Istilah kulit wajah glowing belakangan ini banyak banget dibahas. Bahkan, banyak skincare yang menjanjikan hasil kulit glowing alami. Namun, sebenarnya kulit glowing itu yang seperti apa sih?

Jadi, sebenarnya wajah glowing sebenarnya bisa diwujudkan dari kulit yang dirawat secara rutin dan menunjukkan tanda-tanda sehat. Perlu diingat juga bahwa kulit glowing bukan hanya sekadar wajah yang tampak cerah, tapi juga ada beberapa kriteria lain yang harus dipenuhi.

Mulai dari hidrasi kulit yang terjaga dengan baik, sehingga wajah tampak lembap, yaitu tidak kering dan tidak berminyak. Selain itu, warna kulit cerah merata dan tampak bercahaya merona. Kulit yang glowing juga terbebas dari masalah seperti jerawat, komedo, hiperpigmentasi, kerutan dan kulit kemerahan. Jika dilihat dari segi teksturnya juga terasa lembut, halus dan kenyal. Nah, hasil akhir inilah yang biasanya bisa didapatkan dengan perawatan kulit secara rutin menggunakan serum wajah glowing.

Kenali Penyebab Wajah Kusam yang Bikin Nggak Glowing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wajah glowing nggak bisa diperoleh dengan instan. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat kulit wajah justru tampak kusam, bikin wajah jadi terlihat gelap dan keabu-abuan. Selain itu, kondisinya juga terasa kering atau malah sangat berminyak, teksturnya kasar dan tingkat kekenyalan kulit menurun.

Ternyata, kulit kusam menjadi masalah umum kulit yang sering dialami oleh perempuan. Ada beberapa penyebab kondisi yang satu ini, antara lain:

1. Paparan Sinar Matahari

Bukan rahasia lagi kalau radiasi sinar matahari bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan kulitmu. Hal ini juga yang menjadi penyebab utama kulit wajah terlihat kusam dan jauh dari kesan glowing. Paparan berlebihan dan berulanag-ulang bisa membuat kerusakan skin barrier pada kulit yang menyebabkan produksi minyak jadi berlebihan, dehidrasi, menurunnya produksi kolagen, hiperpigmentasi hingga penuaan dini.

2. Dehidrasi

Tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Saat asupannya nggak terpenuhi, hal ini bisa memberikan dampak pada tubuh, termasuk kulit. Dehidrasi bisa membuat kondisi kulit  terasa kering, hal inilah yang kemudian memicu wajah kusam yang menggaanggu penampilan.

Nggak cuma karena asupan cairan yang nggak terpenuhi, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh rusaknya skin barrier, lho. Saat kondisi ini terjadi, air yang tersimpan di lapisan kulit jadi menguap dengan cepat lewat pori-pori.

3. Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Secara alami, sel kulit mati akan luruh dan mengelupas setiap 28-30 hari. Namun, siklus tersebut bisa terhambat karena banyak faktor, misalnya saja ketika kurang tidur yang mengganggu proses regenerasi sel yang baru. Nah, penumpukan sel kulit mati yang tidak bisa mengelupas secara alami inilah yang membuat kulit wajah jadi tampak kusam.

4. Penuaan Dini

Tanda penuaan dini ternyata nggak hanya munculnya kerutan halus di permukaan wajah saja. Ciri lain yang wajib diwaspadai adalah kulit yang tampak kusam. Setelah melewati usia 25 tahun, kulit memang mengalami penurunan produksi kolagen. Di momen ini, tanda-tanda penuaan dini rentan terjadi, salah satunya lewat kulit yang tampak kusam.

Manfaat Serum untuk Perawatan Wajah Glowing

Ngobrolin soal perawatan wajah glowing, serum sering jadi pilihan untuk mewujudkan skin goal yang satu ini. Serum sendiri adalah produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang lebih tinggi daripada produk skincare lainnya dan memiliki tekstur ringan. Formula serum bisa menyerupai gel, oil, hingga tekstur cair yang ringan dengan konsistens seperti air.

Serum bisa mulai digunakan untuk merawat kulit sejak usia remaja. Semakin cepat menggunakan serum yang sesuai kebutuhan kulitmu secara rutin, artinya kamu sudah melakukan investasi terhadap diri.

Nah, ada beberapa manfaat serum yang bisa dirasakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya saja untuk melawan hiperpigmentasi seperti bintik hitam. mencerahkan kulit kusam, melembapkan dan mengencangkan kulit, serta meminimalisir tanda-tanda penuaan.

Beda Serum Wajah Glowing dengan Pelembap Biasa

Masih sering dibuat bingung dengan bedanya serum wajah glowing dengan pelembap biasa? Well, hal paling mendasar yang membedakan kedua produk skincare ini adalah zat aktif di dalamnya. Sebotol kecil serum memiliki kandungan bahan atif yang lebih kaya dan sangat terkonsentrasi jika dibandingkan dengan yang terdapat dalam pelembap.

Selain itu, sesuai dengan namanya, pelembap memiliki peran utama untuk melembapkan kulit sehingga kandungan utamanya adalah minyak atau bahan pelembap lainnya. Berbeda dengan serum yang menghilangkan minyak sama sekali, sehingga kebanyakan serum wajah berbahan dasar air.

Bagaimana Memilih Serum Wajah Glowing yang Tepat?

Ingin melakukan perawatan dengan serum wajah glowing untuk memberikan hasil yang sesuai harapan? Namun sebelum itu, penting untuk memahami terlebih dulu cara memilih produk yang tepat agar hasilnya maksimal.

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Aturan paling mendasar sebelum menggunakan produk skincare apapun adalah sesuaikan terlebih dulu dengan jenis kulit. Pastikan serum yang kamu pilih memiliki formula yang tepat sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Misalnya saja bagi yang memiliki kulit kering, disarankan untuk memilih serum dengan kandungan melembapkan wajah dengan menyeluruh selain dapat memberikan efek mencerahkan. Jenis hydrating serum menjadi pilihan yang tepat yang biasanya diperkaya dengan baha aktif LHA (lipohydroxy acid).

Sementara itu, pemilik kulit berminyak disarankan menggunakan purifying serum dengan formula yang dapat meminimalisir produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori, serta mencegah munculnya jerawat. Kandungan rosemary, tea tree dan salicylic acid menjadi alternatif yang bisa digunakan.

2. Kenali Bahan Aktif yang Dapat Mencerahkan Wajah

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari perawatan wajah glowing yang dilakukan, kenali juga bahan aktif apa saja yang harus terkandung dalam produk pilihanmu. Ada beberapa kandungan bahan aktif yang dapat memberikan efek wajah glowing:

- Vitamin C

Bahan yang satu ini paling sering diandalkan untuk mencerahkan wajah. Ya, vitamin C sudah dikenal mampu mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Vitamin C kaya kandunga antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas yang merusak sel kulit dan mengurangi peradangan. Selain itu, bahan ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih kencang dan kerutan pun tersamarkan.

- Glycolic Acid

Kandungan lain yang bisa diandalkan dalam serum wajah glowing adalah glycolic acid yang termasuk dalam kelompok alpha-hydroxy acid (AHA) yang punya kemampuan mengeksfoliasi sel kulit mati. Glycolic acid tergolong jenis AHA yang paling sering digunakan dalam produk skincare karena memiliki molekul yang paling kecil. Jadi, kandungannya mampu mengeksfoliasi hingga ke dalam pori-pori dan memberikan efek glowing yang diimpikan.

- Niacinamide

Niacinamide berasal dari vitamin B3 yang paling banyak digunakan dalam produk pencerah kulit, nggak terkecuali serum untuk mewujudkan wajah glowing. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi dan membuat wajah tampak cerah merata. Niacinamide juga bisa diandalkan dalam mengontrol produksi minyak serta mencegah pertumbuhan jerawat.

3. Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Pastikan produk serum wajah yang digunakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memberikan dampak negatif pada kulit. Misalnya saja alkohol yang bisa mengikis kelembapan alami kulit atau merkuri yang bisa menyebabkan wajah jadi perih, gatal, hingga iritasi.

Jangan mudah termakan janji serum yang bisa memberikan efek instan juga, ya! Secara umum, kandungan bahan aktif dalam skincare tetap memerlukan waktu untuk bekerja dan memberikan tampilan hasilnya. Jika hasil yang diperoleh instan, bisa jadi serum tersebut memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Agar semakin yakin jika serum yang dipakai aman, pastikan produk sudah teruji aman oleh BPOM.

4. Jangan Lupa Lakukan Patch Test

Menggunakan produk baru memang sering memunculkan kekhawatiran tersendiri, apakah formulanya cocok untuk kulit atau tidak. Biarpun kandungannya disebut aman, tapi nggak bisa dipungkiri reaksi tiap orang berbeda-beda.

Untuk meminimalisir efek alergi dan iritasi pada produk perawatan yang dipakai, termasuk serum glowing, kamu bisa melakukan patch test terlebih dulu. Caranya gampang kok. Oleskan sedikit produk pada area lekukan siku, bawah lengan, atau di bawah telinga. Tutup dengan plester selama 24 jam. Jika tidak muncul reaksi gatal, perih, atau terbakar, tandanya serum wajah glowing tersebut cocok untuk kulitmu.

Dengan memilih serum wajah glowing yang tepat, kamu bisa mewujudkan kulit sehat, cantik dan bebas kusam yang diharapkan. Yuk, pastikan memilih produk yang tepat, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading