Sukses

Beauty

Tips Retouch Makeup yang Benar untuk Pemilik Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Tampilan makeup yang kusam sering kali membuat alas bedak dan concealer memudar, perona pipi mulai terasa berat, lipstik luntur atau menumpuk di sudut bibir, maskara terkelupas, eyeliner mulai luntur. Hal ini akan sangat mengecewakan ketika Sahabat Fimela harus tampil maksimal sepanjang hari dan hanya dengan satu kali riasan.

Melakukan retouch makeup adalah upaya memperbaiki riasan yang sudah ada supaya kembali terlihat segar layaknya pertama kali diaplikasikan. Hal ini sangat disarankan bagi Sahabat Fimela yang sedang menghadiri acara spesial.

Cara utama agar riasan tahan lama adalah dengan menghindari menyentuh wajah dan menempelkan ponsel ke pipi. Melakukan hal-hal ini berarti secara tidak sengaja menghapus riasan wajah sehingga menimbulkan kekacauan yang tidak merata dan berbintik-bintik. Dengan mengubah kebiasaan buruk ini akan memberi hasil riasan yang bertahan lama dan indah.

Skin preparation untuk kulit sensitif sebelum makeup

Untuk melindungi riasan wajah dari pengaruh tekanan kulit yang khas khususnya sensitif, keseimbangan perlu dicapai sebelum produk diaplikasikan.

1. Bersihkan wajah

Kapan pun Sahabat Fimela ingin merias wajah, pembersihan adalah langkah pertama. Kulit dipengaruhi oleh paparan keringat berlebih, debu, dan bakteri yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar kelembaban dan kecerahan pada seluruh kulit. Pembersih wajah membantu menghilangkan kotoran dan dapat menyegarkan kulit.

2. Gunakan toner

Kulit bercahaya adalah tujuan utama penampilan riasan, dan toner wajah sangat efektif untuk mencapai hal ini. Hindari toner yang mengandung alkohol dan asam alfa-hidroksi (AHA). Pilihlah toner dengan kandungan hyaluronic acid, niacinamide, polyhydroxy acid (PHA), dan telah mendapatkan izin edar BPOM. Penggunaan toner dapat menghidrasi dan menyeimbangkan kulit sebagai langkah kedua dalam persiapan kulit untuk riasan.

3. Lembabkan dan gunakan SPF

Apapun formulanya, alas bedak akan bekerja dengan baik pada kulit yang lembab. Langkah ini membantu menjaga kulit terhidrasi sepanjang hari sehingga riasan tetap segar, dewy, dan cerah.

Selain pelembab, untuk melindungi kulit dari tekanan sinar UV adalah dengan menggunakan tabir surya (sunscreen). Pilihlah sunscreen broad spectrum dengan minimal SPF 30 dan PA++++ dan selalu gunakan sesuai petunjuk.

4. Gunakan primer

Pentingnya menggunakan primer sebelum merias wajah, yaitu membantu membuat makeup jadi lebih tahan lama. Perlu diketahui, makeup yang tahan lama bukan sekadar masih menempel di kulit, namun teksturnya tidak berubah atau pecah-pecah.

Tips retouch makeup untuk kulit sensitif

Sahabat Fimela jangan khawatir. Teknik touch-up yang tepat untuk kulit sensitif dapat menghidupkan kembali riasan pada wajah. Beginilah cara profesional untuk melakukannya.

1. Gunakan kertas penyerap minyak untuk kulit berminyak

Jika Sahabat Fimela memiliki kulit berminyak, oleskan sedikit minyak berlebih dengan tisu atau kertas penyerap minyak. Lakukan ini sebelum melakukan hal lain.

2. Oleskan pelembab untuk kulit kering 

Untuk Sahabat Fimela yang memiliki kulit kering, dapat mengoleskan sedikit pelembab pada area yang mulai terlihat kering dan bersisik, terutama di bawah area mata.

3. Hapus seluruh lipstik di bibir

Sahabat Fimela perlu menghapus seluruh lipstik untuk memulai touch-up dengan bersih. Yang harus dilakukan hanyalah mengoleskan sedikit alas bedak di sekitar mulut untuk memastikan tidak ada area kosong yang terlihat.

4. Aplikasikan ulang bedak atau concealer yang telah memudar

Jika cakupan alas bedak atau concealer telah memudar karena noda atau ketidaksempurnaan lainnya, aplikasikan kembali pada area tersebut. Pastikan untuk menghindari perona pipi (blusher). Periksa kembali sudut hidung, tempat alas bedak bisa menumpuk.

Tips retouch makeup agar tahan lama

5. Oleskan lebih banyak perona pipi atau highlighter jika diperlukan

Sahabat Fimela dapat mengoleskan lebih banyak perona pipi atau highlighter jika diperlukan, dan berhati-hatilah karena kedua hal tersebut mudah menempel pada riasan yang sudah lama menempel di wajah.

6. Gunakan eyeshadow jika cenderung kusut pada lipatan mata

Jika eyeshadow cenderung kusut sepanjang hari, tepuk-tepuk area tersebut dengan lembut menggunakan tisu atau kertas isap, lalu gunakan kuas untuk menghaluskan warnanya. Oleskan bedak pada area tersebut untuk meratakan bayangan dan tambahkan warna apa pun yang diperlukan untuk membuat riasan mata terlihat seimbang.

7. Taburkan bedak tipis-tipis

Menaburkan bedak dengan sangat tipis pada wajah dapat membantu mengatur riasan dan memberikan hasil akhir sempurna pada kulit, terutama pada bagian sudut hidung.

8. Aplikasikan kembali lipstik pada bibir

Terakhir, aplikasikan kembali lip liner dan lipstik Sahabat Fimela. Pertimbangkan untuk menggunakan lipstik matte lembut dari pada lip gloss atau lipstik ultra-krem, yang cenderung cepat luntur atau menjadi garis-garis.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading