Sukses

Beauty

Retinal vs Retinol, Apa Bedanya dan Mana Sih yang Lebih Baik untuk Kulit?

Fimela.com, Jakarta Beauty enthusiast mungkin sudah nggak asing lagi dengan retinol, kandungan skincare yang dianggap sebagai holy grail karena mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat hingga tanda penuaan dini. Tapi, ternyata nggak hanya itu saja. Belakangan ini juga muncul retinal yang kabarnya juga ampuh mengatasi skin ageing.

Popularitas retinal memang cukup melambung. Apalagi banyak brand skincare ternama yang meluncurkan produk dengan kandungan tersebut. Apa sih bedanya dengan retinol? Mana yang sebaiknya dipilih? Biar nggak galau lagi, simak artikel ini sampai selesai, Sahabat Fimela!

Jadi, Retinal Itu Apa Sih?

Retinal maupun retinol sebenarnya serupa tapi nggak sama. Dikenal juga dengan nama retinaldehyde, kandungan ini merupakan turunan vitamin A. Singkatnya nih, kalau ingin produk perawatan dengan hasil yang lebih cepat, retinal adalah jawabannya. Kok bisa?

Nah, saat produk yang mengandung retinol diaplikasikan ke kulit, perlahan ia akan berubah menjadi retinal, kemudian berubah lagi menjadi retinoic acid. Zat terakhir itulah yang sebenarnya mampu memberikan perawatan yang diperlukan kulit.

Bisa disimpulkan, kalau retinal dapat memberikan hasil perawatan yang lebih gercep dibandingkan retinol. Bahkan, kabarnya retinal mampu memberikan reaksi 11 kali lebih cepat saat diaplikasikan pada kulit secara rutin.

Jenis Kulit Seperti Apa yang Cocok Menggunakan Retinal?

Retinal ternyata salah satu kandungan yang cocok untuk pemilik acne prone skin. Hal tersebut karena manfaat antibakteri di dalamnya yang dapat mencegah pertumbuhan jerawat.

Nggak hanya itu, formula tersebut juga dinilai ideal digunakan oleh mature skin, yaitu untuk orang-orang di atas usia 40 tahun. Retinal memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membentuk sel kulit baru dan kolagen yang sangat baik untuk merawat mature skin agar kulit lebih plump, cerah merata, glowing, dan garis halus yang tersamarkan.

Namun, tidak semua jenis kulit cocok menggunakan retinal. Karena cara kerjanya yang memberikan efek agresif, kulit remaja dan yang memiliki tipe sensitif sebaiknya perlu lebih berhati-hati saat akan menggunakan kandungan tersebut. Disarankan untuk menggunakan retinol terlebih dulu, jika sudah terbiasa baru bisa beralih ke retinal.

Tips Maksimalkan Pemakaian Retinal dan Retinol

Jika ingin menjajal salah satu dari kandungan retinal maupun retinol, pastikan untuk memakainya bersama dengan skincare yang memberikan efek menenangkan. Misalnya saja moisturizer yang diperkaya dengan jojoba oil, aloe vera, glycerin, panthenol, dan sebagainya. Hal ini untuk meminimalisir efek samping seperti kulit kering atau iritasi.

Selain itu, bagi yang baru pertama kali menggunakan kedua kandungan tersebut, disarankan untuk memakainya 1 kali seminggu. Jika sudah terbiasa, bisa ditingkatkan menjadi 2 kali dalam seminggu.

Gimana, sudah tahu kandungan mana yang akan kamu gunakan? Jangan lupa pilih produk skincare retinal maupun retinol yang berkualitas, sudah teruji BPOM dan memiliki kandungan lain untuk meningkatkan kesehatan kulitmu. Selamat melakukan perawatan kulit, Sahabat Fimela!  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading