Sukses

Beauty

5 Tips Cara Menghilangkan Kantuk dan Lelah saat Beraktivitas

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan dan mengurangi rasa kantuk saat melakukan aktivitas sehari-hari. Penting untuk memahami hal ini agar bisa mempertahankan gaya hidup yang sehat dan meningkatkan produktivitas.

Cara untuk mengurangi kelelahan dan rasa kantuk bergantung pada kebiasaan sebelum dan selama aktivitas. Beberapa kebiasaan telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah ini.

Memastikan tidur yang cukup di malam hari, memulai pagi dengan sarapan, dan menjaga asupan cairan yang cukup adalah langkah-langkah yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan rasa kantuk.

Meski sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, bila masih merasa kelelahan serta mengantuk, ada beberapa cara alternatif yang bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut! dirangkum dari Alo Dokter pada minggu, (25/02/2024).

Minum Air Putih yang Cukup

Kekurangan air pada tubuh dapat menyebabkan timbulnya rasa mengantuk dan kelelahan. Sebaiknya, pastikan agar asupan cairan mencukupi dengan cara minum setidaknya satu gelas besar setiap jam.

Mengonsumsi Kafein

Satu cara yang sering dilakukan untuk mengatasi kantuk dan kelelahan adalah dengan minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Walaupun kafein bisa mengurangi kantuk, lebih baik membatasi konsumsi kopi hanya satu cangkir.

Minum kopi bisa menyebabkan dehidrasi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kelelahan.

Mendengarkan Lagu

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi kelelahan dan kantuk adalah dengan memakai earphone untuk mendengarkan musik. 

Pilihlah playlist favorit atau lagu-lagu dengan irama yang dinamis seperti musik rock atau pop yang dapat meningkatkan semangat dan mengurangi rasa kantuk serta kelelahan.

Istirahat Tidur Siang Selama 10-20 Menit

Jika kamu merasa sangat ngantuk, manfaatkan waktu istirahat dengan tidur siang selama 10–20 menit. 

Tetapi, jika itu tidak mungkin atau sulit dilakukan, cobalah berbaring dan menutup mata selama 10 menit tanpa gangguan untuk merasa lebih segar.

Penting untuk diingat bahwa tidur yang cukup setiap malam sangatlah penting. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari dan hindari begadang agar tubuh tetap sehat dan segar keesokan harinya.

Sediakan Cemilan Sehat

Saat menghadapi kondisi seperti itu, mengonsumsi makanan ringan bisa membantu mengembalikan energi serta mengurangi rasa kantuk dan kelelahan.

Beberapa pilihan camilan sehat yang dapat meningkatkan energi tubuh mencakup biskuit dari gandum utuh, berbagai jenis kacang-kacangan, dan potongan buah seperti semangka, melon, dan jeruk.

Minum Apa Agar Tidak Mengantuk?

Dengan cara meminum minuman yang mengandung kafein dapat mengatasi rasa mengantuk.

Apa yang Menyebabkan Kita Sering Mengantuk?

Dikutip dari sumber lain, salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan.

Habis Makan Ngantuk Apakah Normal?

Dikutip dari sumber lain, ngantuk setelah makan juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan,misalnya kurang lancarnya aliran darah, alergi, diabetes, atau bisa juga stres. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading