Sukses

Beauty

Tips Kulit Sehat Selain Menggunakan Produk Skincare

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan, orang memaknai perawatan dengan penggunaaan produk-produk skincare atau rutin ke klinik kecantikan. Padahal, di samping perawatan kulit secara langsung, kulit sehat kuga bisa didapatkan dari faktor lainnya seperti hormon, makanan yang dikonsumsi dan tingkat stress.

Di samping itu,  tak semua orang  punya cukup waktu untuk perawatan kulit secara intensif. Di sinilah perawatan kulit di luar aktivitas skincare bisa membantumu. Dengan pilihan gaya hidup sehat, kamu dapat menunda penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit

Jika Sahabat Fimela tertarik, sebagai permulaan, ikuti 4 tips kulit sehat selain menggunakan produk skincare pada artikel ini, yuk!

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Salah satu cara terpenting untuk merawat kulit kamu adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari seumur hidup dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik penuaan, dan masalah kulit lainnya, termasuk meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk itu, kamu perlu:

  • Rajin mencari tempat teduh.
  • Hindari sinar matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar matahari paling kuat.Kenakan pakaian pelindung.
  • Tutupi kulit kamu dengan kemeja lengan panjang, celana panjang, dan topi bertepi lebar.
  • Pertimbangkan juga bahan pakaian dengan perlindungan ultraviolet.

Jangan Merokok

Merokok membuat kulit kamu terlihat lebih tua dan berkontribusi terhadap kerutan. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, sehingga menurunkan aliran darah dan membuat kulit pucat. Hal ini juga menguras oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin – serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit kamu. Selain itu, ekspresi wajah berulang-ulang yang kamu lakukan saat merokok – seperti mengerucutkan bibir saat menghirup dan menyipitkan mata untuk mencegah asap – dapat menyebabkan kerutan.

Selain itu, merokok meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa. Jika kamu merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit kamu adalah dengan berhenti. Tanyakan kepada dokter kamu tip atau perawatan untuk membantu kamu berhenti merokok.

Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat dapat membantu kamu tampil dan merasakan yang terbaik. Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Hubungan antara pola makan dan jerawat masih belum jelas– tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya minyak ikan atau suplemen minyak ikan dan rendah lemak tidak sehat serta karbohidrat olahan atau olahan dapat membuat kulit tampak lebih muda. Minum banyak air membantu menjaga kulit kamu tetap terhidrasi.

Kelola Stress dengan Baik

Stress yang tidak terkontrol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya jerawat serta masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kesehatan kulit – dan kondisi pikiran yang sehat – ambillah langkah-langkah untuk mengelola stres kamu. Tidur yang cukup, tetapkan batasan yang masuk akal, kurangi daftar tugas kamu, dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Hasilnya mungkin lebih dramatis dari yang kamu harapkan.

Sahabat Fimela, demikian lah penjelasan tentang perawatan kulit di luar aktivitas skincare.Semoga bisa membantumu dalam menemukan cara yang tepat untuk glowing!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading