Sukses

Beauty

Melembapkan Kulit Berminyak Itu Penting, Cari Tahu Trik Perawatan dan Kandungan Skincare yang Tepat Yuk!

Fimela.com, Jakarta Melembapkan kulit berminyak menjadi salah satu kunci perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, cantik dan terawat. Pemilik jenis kulit ini memang memiliki tantangan tersendiri, terutama karena produksi minyak yang berlebihan sering membuat wajah jadi terlihat banjir minyak, sehingga memberikan efek tampak kusam dan kurang berseri.

Kondisi ini juga yang sering membuat pemilik wajah berminyak dibuat galau dengan jenis kulitnya sendiri. Dengan produksi minyak berlebih, sebenarnya masih perlu menjaga kelembapan alaminya nggak sih? Ternyata, melembapkan kulit berminyak itu sangat penting, yuk saatnya cari tahu trik perawatan dan kandungan skincare tepat untuk mewujudkan kulit cantik impianmu!

Beda Kondisi Berminyak dan Lembap

Banyak nih yang mengira kalau minyak yang muncul di permukaan kulit menjadi salah satu petunjuk kalau kulit sudah berhidrasi dengan baik. Padahal, sebenarnya nggak seperti itu kondisinya, Sahabat Fimela. Pada dasarnya, minyak alami merupakan hasil produksi kelenjar sebaceous di kulit wajah yang memberikan manfaat oklusif, yaitu mencegah air di lapisan kulit menguap ke udara. Selain itu, minyak ini juga bersifat sebagai emolien yang dapat mengisi celah antara sel kulit wajah hingga menjadi lembap dan lembut.

Namun, bagi para pemilik kulit berminyak, kelenjar sebaceous ini diproduksi secara berlebihan yang membuat kulit jadi terlihat mengilap dan mudah berjerawat. Berbeda dari kondisi kulit lembap yang menjadi tanda bahwa kulit mendapatkan hidrasi yang cukup sehingga terasa kenyal dan segar.

Kulit Berminyak Juga Bisa Mengalami Dehidrasi

Fakta lain yang perlu kamu ketahui adalah ternyata kulit berminyak juga bisa mengalami dehidrasi, yaitu kondisi minimnya hidrasi di dalam sel kulit yang berakibat kurangnya cairan pada tubuh. Penyebabnya beragam, bisa karena kurang asupan air putih, gaya hidup tidak sehat, hingga pengaruh lingkungan sekitar.

Pada kulit berminyak, kondisi dehidrasi bisa membuat kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini karena kelenjar tersebut mendeteksi bahwa ada bagian kulit yang membutuhkan kelembapan. Kondisi tersebut bisa membuat kulit jadi memproduksi lebih banyak minyak, karena adanya sinyal pada tubuh yang mengatakan bahwa kulitmu mengalami dehidrasi. Inilah yang menjadi alasan mengapa pemilik kulit berminyak jadi semakin tampak banjir minyak.  

Tips Melembapkan Kulit Berminyak Lewat Perawatan Sehari-hari

Mengingat pentingnya menjaga kelembapan alami kulit meskipun jenisnya berminyak, kamu wajib mencari tahu trik perawatan yang tepat untuk mempertahankan kesehatannya sehingga wajah tampak glowing alami. Beberapa tips berikut ini bisa diaplikasikan ke dalam rutinitas perawatan harianmu, lho.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Kunci penting dalam perawatan kulit adalah rutin membersihkannya dengan produk yang tepat. Terlebih bagi pemilik kulit berminyak, di mana minyak alami, sisa makeup dan kotoran yang menempel bisa membuat pori-pori tersumbat yang menjadi penyebab utama wajah tampak kusam.

Bersihkan wajah secara rutin, yaitu 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Nggak hanya bekerja untuk membersihkan wajah saja, tapi juga dapat menjaga kelembapan alami wajah berminyak tapi tidak memicu produksi minyak berlebih, dan tidak meninggalkan residu sehingga kulit tetap bersih dan segar.   

2. Jangan Lewatkan Penggunaan Pelembap

Wajah berminyak masih membutuhkan pelembap? Tentu saja masih! Produk yang satu ini sangat penting untuk mempertahankan kelembapan alami kulit sehingga mencegah dehidrasi yang mengakibatkan kelenjar sebum memproduksi lebih banyak minyak.

Namun, perlu diingat untuk lebih memahami formula mana yang dapat bekerja melembapkan kulit berminyak tanpa membuatnya jadi lengket atau semakin banjir minyak. Ada beberapa bahan aktif yang bisa jadi rekomendasi, misalnya saja hyaluronic acid yang bekerja untuk menjaga hidrasi kulit tapi tetap ringan dan tidak menimbulkan penyumbatan pada pori-pori.

Selain itu, glycolic acid juga sangat baik untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Bahan aktif ini dapat bekerja untuk menjaga lapisan atas kulit agar tetap segar, halus, dan seimbang. Nggak hanya itu, kandungan ini bahkan bisa bekerja untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab jerawat, lho.

Selain kedua bahan tersebut, glycerin juga bisa menjadi kandungan yang dipilih untuk pemilik kulit berminyak dengan pori-pori besar. Hal ini karena glycerin mampu mengurangi ukuran pori-pori, terutama yang sering dialami oleh pemilik kulit berminyak.

Terakhir adalah ceramides yang nggak hanya bekerja sebagai moisturizer alami saja, tapi juga dapat memperkuat skin barrier yang mencegah kondisi kekeringan. Menariknya, ceramides ini juga cocok diaplikasikan untuk semua jenis kulit, lho.

3. Rutin Menggunakan Serum

Salah satu langkah penting yang nggak boleh dilewatkan dalam rutinitas perawatan kulit adalah pemakaian serum. Produk skincare yang memiliki konsentrasi tinggi ini diperlukan untuk menutrisi kulit hingga ke lapisan paling dalam dan diperkaya dengan formula yang secara spesifik mengatasi masalah kulit tertentu.

Jika ingin menjaga kelembapan wajah, hydrating serum bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan produk yang dipilih memiliki kandungan yang cocok untuk pemilik wajah berminyak, memiliki tekstur ringan dan tidak menimbulkan komedo.

4. Lakukan Perawatan Wajah dengan Sheet Mask

Menjaga kelembapan kulit berminyak juga bisa dilakukan dengan rutin mengaplikasikan sheet mask. Produk skincare yang satu ini sangat direkomendasikan untuk perawatan kulit secara rutin karena kandungan essence di dalam produk tersebut sangat baik untuk menutrisi kulit hingga ke lapisan terdalam.

Untuk pemilik kulit berminyak, kamu bisa memilih sheet mask dengan kandungan tea tree oil atau aloe vera yang dapat memberikan efek hidrasi sekaligus meminimalisir produksi minyak berlebih. Lakukan perawatan dengan sheet mask 2 kali dalam seminggu secara rutin untuk hasil melembapkan yang sesuai keinginan.

5. Kenali Bahan-bahan yang Seharusnya Dihindari

Ada banyak bahan pelembap yang ada dalam dunia kecantikan dengan segudang kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, ingatlah kalau nggak semuanya cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak. Jika ingin melembapkan kulit berminyak dengan maksimal, perhatikan juga bahan-bahan yang sebaiknya dihindari.

Jadi, apa saja sih bahan yang sebaiknya tidak digunakan oleh pemilik kulit berminyak? Produk perawatan kulit dengan kandungan minyak kelapa, minyak alpukat, beeswax, hingga shea butter sebaiknya tidak digunakan. Jenis bahan tersebut memiliki tekstur pekat yang bisa menimbulkan risiko menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat.

6. Gunakan Sunscreen

Sunscreen menjadi salah satu produk skincare penting yang nggak boleh dilewatkan, terutama buat yang punya banyak aktivitas di luar rumah. Produk yang satu ini bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Paparan sinar matahari berlebihan dapat mengikis kelembapan alami kulit yang memicu dehidrasi. Hal ini bisa membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak alami, sehingga wajah pun terlihat lebih kusam dan nggak bercahaya. Jadi, pastikan untuk memakai sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah dan gunakan ulang setiap 2 jam sekali untuk perlindungan yang lebih maksimal.

7. Perhatikan Kebutuhan Air Putih

Salah satu cara mempertahankan hidrasi tubuh adalah dengan memperhatikan asupan air setiap harinya. Tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan nggak hanya mempengaruhi metabolisme saja, tapi juga bisa berdampak pada kesehatan kulit. Jadi, penting untuk selalu memperhatikan asupan air yang diperlukan tubuh.

Untuk membantu melembapkan kulit berminyak, jangan lupa perhatikan selalu asupan air putih harian setidaknya 8 gelas setiap hari. Dengan begitu, tubuh akan terjaga kelembapannya yang tentunya berpengaruh juga pada kondisi kulit agar terlihat sehat dan glowing alami.

8. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu trik melembapkan kulit berminyak adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk menghindari produksi minyak berlebihan, batasi asupan makanan yang berkadar minyak dan lemak tinggi seperti gorengan dan junk food. Kandungan minyak dalam jenis makanan tersebut dapat membuat kelenjar minyak lebih aktif memproduksi minyak alami di kulit.

Disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit dari dalam. Selain itu, sayur dan buah juga kaya kandungan air yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, misalnya saja sayuran hijau, wortel, atau jeruk yang kaya vitamin C untuk menjaga elastisitas kulit.

9. Aplikasikan Masker Madu

Jika ingin melembapkan kulit berminyak dengan bahan alami yang ada di sekitar, madu bisa jadi pilihannya, lho. Bahan yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah mengatasi wajah berminyak.

Dikutip dari situs Healthline, madu merupakan bahan alami dengan sifat humektan yang bisa menjadi pelembap kulit yang efektif. Enzim yang terkandung di dalam madu dapat meresap ke dalam lapisan kulit dan menghidrasi hingga ke bagian terdalam. Selain itu, madu juga mengandung efek anti-inflamsi dan antibakteri alami.

10. Gunakan Masker Stroberi

Stroberi ternyata nggak cuma nikmat dimakan saja. Bahan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu alternatif perawatan untuk melembapkan kulit berminyak dengan optimal. Buah yang satu ini dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Cara aplikasinya gampang banget kok. Haluskan 2-3 buah stroberi hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan ke area wajah secara merata sambil pijat perlahan selama 10 menit. Diamkan masker tersebut selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Terapkan secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimalnya buat kulitmu.

See, melembapkan kulit berminyak itu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit secara alami. Jadi, saatnya melakukan beberapa tips perawatan di atas yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit berminyak dengan maksimal. Jangan lupa pastikan pilih produk perawatan yang sesuai kondisi kulit agar bisa memberikan hasil treatment yang maksimal. Selamat mencoba, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading