Sukses

Beauty

13 Tips Perawatan Rambut Rusak yang Praktis Dilakukan, Nggak Perlu ke Salon Cukup di Rumah Aja

Fimela.com, Jakarta Perawatan rambut rusak yang tepat pastinya jadi salah satu hal yang sering bikin penasaran. Terlebih buat kamu yang mengalami tanda kerusakan rambut seperti kering, kasar, kusam hingga mudah patah. Banyak yang berpikir kalau melakukan perawatan untuk memperbaiki rambut rusak hanya bisa dilakukan di salon dengan biaya yang mahal. Tapi, kenyataannya nggak harus seperti itu kok!

Ya, merawat rambut yang mengalami tanda kerusakan bisa dilakukan dengan praktis di rumah, tanpa harus ke salon. Berikut ini beberapa tips yang bisa jadi panduan, simak informasi selengkapnya yuk, Sahabat Fimela!

Apa Sih Penyebab Rambut Rusak?

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya rambut rusak. Berikut ini beberapa penyebab umum yang biasa terjadi:

1. Pemakaian Alat Penataan Rambut yang Panas

Hair dryer, catok rambut, hingga pengeriting rambut memang bisa menunjang penampilan jadi terlihat lebih cantik secara instan. Namun, suhu panas yang ekstrem dari alat-alat tersebut ternyata bisa memicu kondisi rambut kering, kasar, dan mudah patah. Jika mengalami tanda rambut rusak, coba perhatikan kembali pola kamu dalam menata rambut. Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh pemakaian hair styling tools yang terlalu sering.

2. Hair Treatment dengan Bahan Kimia

Faktor penyebab kerusakan rambut lainnya juga bisa terjadi akibat hair treatment dengan bahan kimia. Misalnya saja kalau kamu sering mewarnai rambut atau melakukan teknik pelurusan rambut permanen seperti smoothing, efek jangka panjangnya bisa mengganggu kesehatan rambut. Ya, kandungan bahan kimia keras pada cat rambut atau obat pelurus rambut bisa merusak lapisan kutikula rambut yang membuatnya jadi terlihat kering dan kasar.

3. Salah Pemilihan Produk Perawatan Rambut

Produk perawatan rambut seperti shampo merupakan hal paling basic yang bisa digunakan untuk menjaga rambut tetap sehat. Jadi, penggunaan produk yang nggak sesuai bisa menyebabkan rambut jadi terasa kering, kasar, dan mudah rontok. Inilah pentingnya mengenali kebutuhanmu agar bisa memilih produk perawatan rambut yang tepat dan menghindari efek rambut rusak.

4. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Nggak hanya memberikan efek buruk pada kulit saja, paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan rambut. Radiasi sinar ultraviolet yang panas bisa menyebabkan rambut dan kulit kepala mengalami kekeringan. Kondisi tersebut bisa merusak lapisan kutikula rambut. Selain itu, sinar matahari juga bisa memberikan efek rambut yang menua, yaitu menunjukkan gejala kering, rapuh, mengalami perubahan warna, dan mudah patah.

Perawatan Rambut Rusak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Untuk memperbaiki rambut yang mengalami tanda kerusakan, ada beberapa tips perawatan rambut rusak yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Ikuti panduan praktis berikut ini, yuk!

1. Gunakan Shampo yang Tepat

Tips perawatan pertama yang penting dilakukan untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan memilih shampo yang tepat. Ya, keramas merupakan rutinitas perawatan rambut paling mendasar. Jadi, penting banget memperhatikan pemakaian prduk yang tepat.

Untuk rambut yang mengalami tanda kerusakan seperti kering, kasar, hingga patah, disarankan untuk memilih shampo dengan kandungan melembapkan atau yang memiliki ekstrak minyak alami. Selain itu, produk dengan kandungan keratin juga diperlukan untuk mendukung proses perbaikan sel rambut yang rusak sekaligus mengembalikan nutrisinya.

2. Jangan Lewatkan Pemakaian Kondisioner

Shampo saja nggak cukup untuk perawatan rambut sehari-hari. Penting juga menggunakan kondisioner. Jika shampo digunakan untuk membersihkan dan menutrisi kulit kepala, kondisioner berperan untuk memberikan kelembapan ekstra di area batang rambut, terutama yang mengalami kondisi kering, kasar, dan mudah patah.

Jangan lupa terapkan teknik penggunaan kondisioner yang tepat supaya hasilnya maksimal. Pastikan gunakan produk ini hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut saja. Hindari pemakaian kondisioner di kulit kepala karena bisa membuat rambut cepat berminyak.

3. Manfaatkan Vitamin Rambut

Selain pemakaian shampo dan kondisioner, vitamin rambut juga diberikan untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut yang mengalami tanda kerusakan. Namun, jangan lupa sesuaikan kandungan formula yang ada pada vitamin rambut dengan kebutuhanmu, ya!

Jika memiliki kondisi rambut yang tampak rusak, kering, bercabang, dan mudah patah, pilih vitamin rambut dengan formula melembapkan. Misalnya saja mengandung argan oil atau olive oil yang dikenal manfaatnya untuk menjaga kelembapan alami rambut. Pastikan juga produk yang dipakai mengandung antioksidan untuk melindungi efek radiasi sinar UV dan merangsang perbaikan sel rambut yang lebih sehat.

4. Perhatikan Kebiasaan Saat Keramas

Coba deh cek terlebih dulu seperti apa kebiasaan kamu saat keramas yang dilakukan selama ini? Tips perawatan rambut yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kebiasaan yang sering dilakukan saat keramas. Misalnya saja menentukan jadwal mencuci rambut.

Hindari keramas setiap hari karena kandungan zat pembersih pada shampo bisa mengikis kelembapan alami rambut yang membuat kondisinya semakin kering. Selain itu, cek juga bagaimana cara kamu dalam mengeringkan rambut. Jangan sampai menggosok rambut terlalu keras dengan handuk, karena bisa mengikis lapisan kutikula yang membuat rambut jadi tampak kasar, kering, dan kusam.

5. Hindari Pemakaian Alat Penataan Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alat penataan rambut yang panas menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut yang dialami. Jadi, kalau ingin memaksimalkan perawatan rambut rusak yang sedang dilakukan, hindari pemakaian alat hair styling yang memiliki suhu tinggi.

Sebaiknya keringkan rambut secara alami dengan cara mengangin-anginkannya. Jika memang terpaksa harus menggunakan hair dryer atau styling tools lainnya, biarkan rambut kering alami 70% terlebih dulu. Jangan lupa gunakan heat protectant serum untuk melindunginya dari efek panas.

6. Keramas dengan Air Dingin

Siapa di sini yang sering keramas dengan air panas? Biarpun terasa begitu nyaman, apalagi jika dilakukan di malam hari, tapi suhu air yang terlalu panas ternyata bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan memicu kerusakan yang semakin parah.

Jadi, perawatan rambut rusak selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah hindari suhu air yang terlalu panas saat keramas karena bisa membuat rambut kering dan membuka lapisan kutikula yang menyebabkan rambut terasa kasar. Penggunaan air dingin sangat disarankan karena dapat membantu menutup lapisan kutikula dan menjadikan rambut terasa lebih lembut.

7. Pilih Handuk Microfiber

Perawatan rambut rusak lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih jenis handuk yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut. Hindari handuk yang kasar untuk mengeringkan rambut yang basah. Disarankan buat menggunakan jenis handuk microfiber yang memiliki bahan lembut, sehingga aman untuk rambut.

Handuk yang kasar bisa merusak batang rambut ketika digunakan untuk mengeringkan rambut. Gesekan yang terjadi dapat membuka lapisan kutikula yang malah memperparah tekstur rambut kasar dan rusak.

8. Trim Rambut Secara Berkala

Trim atau memotong ujung rambut secara berkala juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rusak yang bisa dilakukan dengan mudah. Saat rambut mengalami kerusakan, bagian ujungnya biasanya akan berada dalam kondisi yang sangat kering, rapuh, bahkan bercabang.

Nah, dengan melakukan trim rambut secara berkala, kamu bisa menyingkirkan bagian rambut yang tidak sehat, supaya kondisi kerusakannya tidak semakin menyebar ke bagian atas. Idealnya, trim rambut bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali agar rambut yang tumbuh tampak lebih sehat.

9. Perhatikan Kandungan Produk yang Digunakan

Untuk memaksimalkan perawatan rambut rusak yang dilakukan di rumah, jangan lupa untuk selalu memperhatikan produk rambut yang dipakai. Jangan sampai produk yang sering digunakan malah memicu rambut semakin kering dan rusak. Misalnya saja produk dengan kandungan alkohol tinggi sebaiknya dihindari.

Kadar alkohol tinggi tidak disarankan digunakan untuk rambut dan kulit kepala, karena bisa memicu kondisi rambut semakin kering. Hal ini yang membuat tanda kerusakan yang dialami semakin parah.

10. Terapkan Hot Oil Treatment

Trik perawatan rambut rusak lain yang mudah diaplikasikan di rumah adalah dengan menerapkan hot oil treatment. Metode yang satu ini memanfaatkan minyak alami yang bermanfaat untuk rambut, seperti minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa. Cara mengaplikasikannya juga mudah banget. Siapkan 1 cup minyak alami yang dipanaskan di dalam microwave selama 5 menit.

Jika sudah, aplikasikan secara merata pada batang rambut yang mengalami kerusakan. Pijat perlahan agar formulanya menyerap dengan maksimal. Diamkan selama semalam dan keramas seperti biasa keesokan harinya.

11. Perhatikan Pola Diet Sehari-hari

Selain perawatan dari luar, rambut juga memerlukan nutrisi dari dalam untuk menjaga kesehatannya. Perhatikan porsi dan komposisi seimbang yang nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, tapi juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Penuhi kandungan nutrisi penting yang diperlukan rambut, seperti zinc, asam lemak Omega 3, dan juga protein dalam menu makanan sehari-hari. Ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan rambut sehat, menutrisi kulit kepala dan mendorong proses regenerasi sel rambut.

12. Bilas dengan Air Beras

Trik lain yang bisa kamu coba adalah dengan membilas rambut menggunakan air beras. FYI aja nih, air beras punya banyak manfaat untuk kesehatan rambut karena berbagai kandungan mineral di dalamnya. Sebut saja asam amino, vitamin B, vitamin E hingga antioksidan. Kombinasi bahan-bahan tersebut dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada rambut.

Untuk melakukan perawatan dengan air beras, caranya gampang banget. Campurkan air beras dengan minyak esensial, bisa rosemary atau lavender. Keramas dengan shampo, bilas sampai bersih. Tuangkan air beras, diamkan 5-10 menit sambil pijat kulit kepala. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih.

13. Perawatan dengan Santan Kelapa

Last but not least, lakukan perawatan rambut rusak dengan memanfaatkan santan kelapa. Bahan ini kaya kandungan protein yang dapat membantu mengembalikan keratin pada rambut rusak dan menguatkan kutikula rambut. Berikut ini langkah-langkah perawatan yang bisa kamu coba.

Campurkan 60 ml santan kelapa dengan 1 butir putih telur (cukup putihnya saja). Aduk hingga rata dan aplikasikan masker ini pada rambut. Diamkan 10-15 menit lalu bilas sampai bersih.

Melakukan perawatan rambut rusak yang tepat sangat penting untuk mengembalikan kilau alami dan kesehatan rambut secara menyeluruh. Yuk, saatnya terapkan berbagai tips di atas biar nggak perlu galau lagi dengan tanda kerusakan rambut yang muncul, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading