Sukses

Beauty

6 Tips Makeup Saat Ngantor di Bulan Ramadan, Pancarkan Wajah Segar dan Stunning Sepanjang Hari

Fimela.com, Jakarta Bulan Puasa memang penuh dengan tantangan ya. Selain menahan lapar dan haus, nyatanya kita juga dituntut untuk tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. Momen ini juga penuh tantangan karena jam tidur jadi berkurang buat bersantap sahur di dini hari.

Nah, biasanya faktor itu yang bisa bikin penampilan kamu kurang maksimal di segala aktivitas, termasuk ngantor. Jam tidur yang berantakan akan berakibat pada munculnya lingkaran hitam di area mata serta wajahmu akan tampak lebih lelah dan kurang bersemangat.

Eits, tapi jangan sampai hal ini mengganggu rasa percaya dirimu saat menjalani aktivitas di sepanjang hari. Yuk, bikin wajah terlihat lebih fresh dengan trik makeup yang tepat!

1. Jangan Skip Moisturizer!

Saat berpuasa, tak  jarang kondisi kulit kita menjadi lebih rentan dan sensitif sehingga terlihat lebih kering dan dehidrasi. Oleh karena itu, sebelum mulai mengaplikasikan makeup di wajah, pastikan Sahabat Fimela menggunakan moisturizer terlebih dahulu. Dengan menggunakan produk moisturizer yang tepat, dapat membantu melembapkan kulit wajah sekaligus memberikan dasar yang baik untuk makeup. 

Agar kulit tetap terhidrasi selama berpuasa, kamu bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana, seperti minum air yang cukup saat berbuka dan sahur karena air membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Selain itu, pastikan asupan nutrisimu seimbang dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Apabila semua asupan terpenuhi, maka kulit akan terasa lebih sehat dan lembap sehingga hasil makeup pun nggak gampang crack.

2. Gunakan Complexion yang Ringan

Untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna, dapat dimulai dari pemilihan complexion yang sesuai. Sahabat Fimela bisa memilih foundation dengan formula ringan agar wajah tetap terasa segar dan tidak terlalu berat. Gunakan foundation yang cocok dengan skin tone untuk menciptakan tampilan yang natural. Hindari penggunaan foundation yang terlalu tebal agar makeup tetap nyaman digunakan pada saat ngantor.

Untuk alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan cushion. Bagi sebagian orang, cushion dinilai lebih praktis karena dapat menyamarkan dark spot yang ada di wajah. Dengan menggunakan cushion, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan concealer lagi. 

3. Concealer yang Bisa Bantu Samarkan Lingkaran Hitam

Selama berpuasa lingkaran hitam di sekitar mata jadi lebih sering muncul karena jam tidur yang kurang. Oleh karena itu, kamu juga bisa menggunakan concealer untuk membantu menyamarkannya. 

Agar tampilan makeupmu terlihat lebih fresh dan natural, gunakan concealer yang warnanya hampir mirip dengan kulit asli. Untuk tampilan yang lebih maksimal, kamu juga dapat mengaplikasikan teknik color correcting atau teknik yang dapat menetralkan lingkaran hitam di area mata. Caranya gampang, kamu hanya perlu menggunakan concealer dengan warna nude kemudian ditimpa dengan concealer yang sesuai dengan warna kulit asli. 

4. Eye Makeup yang Ringan dan Natural

Untuk tampil memukau di kantor, pastikan tetap memerhatikan penggunaan makeup di area mata alias eye makeup. Untuk pengaplikasian eyeliner dan mascara, pilih produk yang waterproof dan tahan lama agar tidak luntur ketika terkena keringat. 

Selain itu, pemilihan eyeshadow juga sangat penting karena dapat memberikan kesan ‘hidup’ pada mata. Pilih eyeshadow dengan warna yang ringan dan natural, seperti coklat keemasan, taupe, krem, dan pink. Hindari warna-warna eyeshadow yang terlalu mencolok agar tampilan makeup tetap elegan dan sesuai dengan suasana di bulan Ramadan.

5. Pilih Warna Lipstik yang Sesuai

Dalam dunia makeup, lipstik bisa jadi salah satu trik untuk menciptakan tampilan yang fresh selama berpuasa. Agar tetap terlihat natural, pastikan untuk memilih lipstik dengan formula matte atau satin agar memberi kesan yang mewah namun tetap awet seharian saat dipakai ngantor. 

Kamu dapat memilih warna-warna natural yang sesuai dengan selera dan outfit yang sedang kamu gunakan, seperti peach, nude, atau pink. Jika tidak terbiasa menggunakan lipstik dengan formula matte dan satin, kamu juga bisa menggunakan liptint yang memberikan efek glossy dan lembut pada bibir.

6. Setting Spray untuk Tahan Lama

Dalam mengaplikasikan makeup, setting spray jadi salah satu produk yang nggak bisa kamu lewatkan begitu saja. Pasalnya, produk yang terbuat dari campuran air dan alkohol ini memang dirancang untuk memberikan finishing makeup yang flawless dan tahan lama.

Cara memakai setting spray juga nggak ribet lho, Sahabat Fimela! Sebelum menggunakannya, pastikan kamu mengocok botol setting spray terlebih dahulu agar kandungan di dalamnya dapat tercampur rata. Setelah itu, kamu bisa mulai menyemprotkan setting spray sebelum dan sesudah mengaplikasikan makeup. Setelah disemprotkan ke wajah secara merata, diamkan dan keringkan selama 5-10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, jangan lupa untuk menyemprotkannya secara berkala (reapply).

Nah, jadi itu dia 6 tips makeup yang dapat kamu lakukan agar tampil cantik dan fresh saat ngantor. Sahabat Fimela di rumah sudah siap untuk mempraktekannya?

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading