Sukses

Beauty

Mana yang Lebih Ringan, Mana yang Cocok untuk Kulit Kering? Berikut Perbedaan Silicon-Based dengan Water-Based Foundation

Fimela.com, Jakarta Penggunaan foundation pada wajah sering mengalami keluhan yang sama, yaitu tidak tahannya riasan sepanjang hari. Riasan yang “geser” atau bahkan hilang seiring berjalannya hari menjadi permasalahan bersama. Namun, sudahkah Sahabat Fimela menggunakan foundation yang tepat dengan kebutuhan kulit wajah?

Terdapat beberapa jenis foundation, seperti silicone-based foundation dan water-based foundation. Bahan dasarnya yang berbeda juga akan menghasilkan look yang berbeda. Selain itu, terdapat tipe kulit wajah yang lebih cocok dengan salah satu di antaranya, sehingga Sahabat Fimela harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan jelas di antaranya. Dilansir dari makeup.com, berikut adalah perbedaan dari silicon-based foundation dan water-based foundation.

Silicon-Based Foundation

Jika foundation milik Sahabat Fimela merupakan foundation silicon-based, biasanya akan terdapat bahan-bahan yang berakhiran -cone atau -siloxane. Silicone-based foundation mengandung bahan-bahan seperti dimethicone yang akan menghasilkan tekstur yang mulus dan silky pada kulit. Terkadang terdapat kandungan air di dalam silicon-based foundation, tetapi tidak otomatis menjadikan foundation tersebut water-based.

Silicon-based foundation dapat menghasilkan riasan akhir yang beragam, mulai dari dewy hingga matte. Orang-orang dengan tipe kulit yang berbeda dapat menggunakan foundation tipe ini. Namun, biasanya foundation tipe ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki pori-pori yang besar atau kerutan. Hal tersebut disebabkan oleh sifat dari silicon-based foundation yang dapat membantu memudarkan dan membuat look yang lebih mulus pada wajah.

Water-based Foundation

Water-based foundation adalah jenis foundation yang tidak mengandung minyak atau silikon sebagai bahan utama. Tekstur dari tipe water-based foundation cenderung lebih ringan dan dapat menghasilkan look yang lebih natural dan breathable. Sama seperti silicon-based foundation, water-based foundation juga terkadang memiliki kandungan silikon di dalamnya, tetapi tidak dalam kadar yang tinggi.

Jika Sahabat Fimela berjenis kulit acne prone atau sedang berjerawat, water-based foundation dapat menjadi pilihan yang tepat. Foundation ini juga menjadi pilihan tepat untuk Sahabat Fimela yang memiliki kuilt kering karena sifat water-based foundation dapat memberikan look yang melembabkan. Water-based foundation biasanya akan menghasilkan coverage ringan pada wajah, sehingga Sahabat Fimela harus kembali menimbang-nimbang jika ingin membuat riasan yang bold.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading