Sukses

Beauty

4 Kiat Dapatkan Kulit Sehat dan Glowing saat Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Saat berpuasa, jumlah asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh berkurang dari biasanya. Kurangnya asupan cairan selama puasa dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami dehidrasi dan mempengaruhi kondisi kulit. 

Beberapa masalah kesehatan kulit yang berpotensi muncul saat berpuasa, di antaranya; kulit kering, kulit kusam, kulit tampak lelah akibat perubahan pada pola makan dan pola tidur, hingga kulit kasar dan bersisik dikarenakan banyaknya aktivitas fisik di luar ruangan selama berpuasa.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit agar tetap sehat dan glowing saat berpuasa. Seperti yang dirangkum oleh e-retailer produk kecantikan, fesyen, dan gaya hidup Korea, iStyle.id, bersama certified dermatologist, dr. Eddy Karta, SpKK, PhD berikut ini.

1. Menjaga asupan cairan untuk kulit dengan rumus 2-4-2

Menjaga asupan cairan sangat penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi.  Dokter Eddy menyarankan untuk mengonsumsi asupan cairan dengan rumus 2-4-2, yakni dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

2. Perbanyak makan buah saat berbuka puasa dan sahur

Dr. Eddy juga menyarankan untuk memilih buah dengan kandungan air yang banyak seperti semangka, stroberi, atau tomat, yang tidak hanya memberikan nutrisi untuk kulit, namun juga dapat menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh.

3. Membersihkan wajah dengan bahan dan jenis pembersih yang sesuai

Tidak lupa membersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.   Untuk pemilik kulit berminyak wajib membersihkan wajah secara benar terutama setelah beraktivitas. 

“Beberapa bahan kandungan yang direkomendasikan yaitu salicylic acid, tea-tree oil, dan charcoal yang dapat mengurangi minyak berlebih,” kata dr. Eddy.

Sementara bagi pemilik kulit kombinasi, dr. Eddy menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan melembabkan seperti foam tanpa scrub dan acid, khususnya pada daerah T-zone yang perlu pembersihan ekstra.

4. Menggunakan tabir surya

Sinar matahari mengandung radiasi UV yang menimbulkan efek buruk bagi kulit. Untuk itu, diperlukan perlindungan ekstra untuk menangkal bahaya dari sinar UV. 

“Gunakanlah tabir surya dengan SPF minimal 30 dan PA+++ untuk perlindungan maksimal, dan pastikan untuk mengaplikasikannya setiap beberapa jam terutama saat banyak beraktivitas di luar ruangan. Untuk kulit sensitif, pilih sunscreen berbasis mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang cenderung lebih reaktif terhadap bahan kimia yang terkandung di dalamnya,” tutur dr. Eddy.

Beberapa gejala kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi UV antara lain munculnya garis-garis halus, keriput, dan noda hitam, serta elastisitas kulit yang berkurang, kulit kusam, hingga kemerahan, yang dapat menyebabkan kulit terasa seperti terbakar sampai mengelupas karena sel-sel kulit yang rusak.

Pada dasarnya, tabir surya memiliki beragam bentuk, seperti sunscreen yang bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum masuk ke jaringan kulit. Selain itu ada juga sunblock yang bekerja dengan melapisi kulit untuk menghalau sinar UV masuk ke jaringan kulit. Tekstur sunblock biasanya lebih kental daripada sunscreen, sehingga cenderung menimbulkan whitecast jika digunakan sehari-hari, sedangkan sunscreen cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan dan beragam, seperti lotion, gel, hingga cream.

“Berada di iklim tropis dan lembab serta dipenuhi polusi udara, menjadikan penggunaan tabir surya menjadi hal penting. Tersedia berbagai jenis tabir surya yang dapat digunakan sesuai karakter kulit masing-masing seperti gel, lotion, ataupun cream. Sebaiknya, pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF (sun protector factor) minimal 30 PA+++ dan kandungan anti polusi,” tambah dr. Eddy.

Sunscreen berbentuk cream atau yang lebih familiar disebut suncream menjadi  inovasi baru dalam kelompok tabir surya, karena memiliki tekstur yang ringan dan cocok diaplikasikan di semua karakter kulit. Suncream juga lebih cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia, karena sekaligus bisa menghidrasi kulit tanpa menyebabkan minyak berlebih dan tidak menimbulkan whitecast.

Melihat kandungan dan manfaat yang ditawarkan, penggunaan tabir surya termasuk dalam skincare routine yang tidak dapat dihindari. Tak perlu sulit mencari skincare yang cocok dengan jenis kulit masing-masing, iStyle.id memiliki beberapa pilihan produk sunscreen dan skincare yang telah dikurasi melalui kampanye Glow the Day with Healthy Skin. Di sini, juga tersedia berbagai berkah diskon Ramadan mulai dari diskon bagi pengguna baru, unlimited free delivery, hingga cashback untuk berbagai brand skincare.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading