Sukses

Beauty

Tips Mencegah dan Mengatasi Makeup Cakey dengan Sentuhan Sederhana

Fimela.com, Jakarta Makeup cakey dapat merusak keseluruhan penampilan Sahabat Fimela. Makeup cakey sulit untuk didefinisikan, tetapi mudah dikenali setelah kamu melihatnya. Tampilannya yang bertekstur, bernoda, dan tidak rata membuat makeup tampak menempel di pori-pori dan garis-garis halus. Banyak hal yang menjadi penyebab makeup cakey, seperti penggunaan produk yang terlalu banyak, penggunaan produk yang salah untuk jenis kulit, dan pengaplikasian produk yang salah pada wajah. Akibatnya, muncul retakan dan lipatan yang sulit diperbaiki.

Menurut para ahli, memperbaiki makeup cakey hanyalah masalah menghidrasi kulit, memperhatikan formula yang digunakan, dan memadupadankan produk seperti seorang profesional. Sahabat Fimela dapat menghindari makeup cakey dengan persiapan kulit, pengaplikasian, dan penggunaan produk yang tepat. Dengan tips yang tepat, makeup cakey tidak akan terjadi selamanya dan dapat dicegah sepenuhnya.

Menyadur dari masterclass.com, inilah tips sederhana yang dapat Sahabat Fimela lakukan untuk mencegah dan mengatasi makeup cakey. Simak untuk tampilan sempurna!

Mencegah makeup cakey

Rutinitas perawatan kulit dan cara merias wajah yang Sahabat Fimela lakukan merupakan faktor penting untuk menghindari tampilan makeup yang cakey. Cobalah tips berikut untuk mencegah makeup cakey:

1. Lakukan eksfoliasi setiap minggu

Makeup sempurna dimulai dengan perawatan kulit. Kotoran dan minyak yang menumpuk di lapisan luar kulit dapat membuat alas bedak terlihat cakey. Eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu akan menghilangkan sel-sel kulit mati dan menciptakan permukaan halus untuk tampilan makeup kamu.

2. Melembabkan kulit

Saat kulit Sahabat Fimela kering, alas bedak cenderung terkelupas. Untuk menghindarinya, gunakan pelembab yang diformulasikan untuk jenis kulit kamu sebelum menggunakan produk makeup apa pun. Saat kamu memijat pelembab ke kulit, berkonsentrasilah pada area yang rentan menjadi cakey, seperti t-zone dan area bawah mata.

3. Persiapkan dengan primer

Setelah pelembab menyerap ke dalam pori-pori, persiapkan kulit Sahabat Fimela dengan primer. Sebagai produk krim, primer meratakan tekstur kulit sehingga menciptakan permukaan makeup yang halus. Menggunakan primer juga mencegah produk makeup menimbulkan garis-garis halus dan lipatan, yang merupakan tanda makeup cakey.

4. Pilih produk makeup sesuai jenis kulit

Menggunakan alas bedak dan concealer yang diformulasikan untuk jenis kulit dapat membantu makeup yang cakey. Jika Sahabat Fimela memiliki kulit kering, makeup lebih rentan mengelupas. Pilihlah produk yang menghidrasi, seperti asam hialuronat, ceramide, dan shea butter. Jenis kulit berminyak lebih rentan terhadap riasan yang kotor dan berkilau, maka pertimbangkan untuk menggunakan bedak tabur sebelum alas bedak agar tidak luntur dan cakey.

5. Gunakan setting spray

Setting spray adalah larutan cair yang menghidrasi kulit, mengunci kelembaban, dan menjaga riasan tetap pada tempatnya. Gunakan setting spray setelah Sahabat Fimela menyelesaikan rutinitas riasan untuk menjaga tampilan makeup tahan lama tanpa cakey.

Tips mengatasi makeup cakey

Kunci untuk memperbaiki makeup yang cakey adalah mengatasi penyebabnya, baik kekeringan atau terlalu berminyak. Sering kali, makeup cakey disebabkan oleh bercak kering di sepanjang pipi dan penumpukan minyak di area t-zone. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatasi makeup cakey:

1. Hilangkan minyak berlebih dengan face oil paper

Makeup dengan minyak berlebih akan menciptakan tampilan cakey. Dengan menggunakan selembar kertas penyerap minyak, oleskan dengan lembut pada wajah untuk menghilangkan minyak serta bedak dan concealer berlebih.

2. Semprotkan kulit dengan face mist

Sebelum merias wajah, hidrasi kulit Sahabat Fimela dengan face mist. Semprotkan 2-3 kali face mist dengan jarak sekitar 10 cm ke wajah, untuk hidrasi optimal. Face mist membantu meremajakan dan melembabkan kulit, serta mengatasi bagian yang kering.

3. Pilih formula bedak yang tepat

Memilih formula bedak dan shade yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting untuk memperbaiki dan mencegah makeup cakey. Pilih alas bedak cair, jika kamu memiliki kulit kering untuk menghidrasinya. Sedangkan kulit berminyak atau kombinasi, bisa menggunakan bedak tabur untuk menyerap minyak berlebih. Setelah itu, pilih shade bedak yang sesuai dengan warna kulit kamu, untuk membuat makeup tidak terlihat cakey dan berbeda dari warna alami kulit.

4. Gunakan beauty blender yang basah

Untuk mencegah makeup cakey, baurkan concealer atau bedak ke dalam kulit dengan beauty blender yang lembab atau sedikit basah, lalu oleskan pada wajah. Menggunakan beauty blender yang basah dari pada kuas bedak dapat membantu produk menyerap lebih baik ke dalam kulit, sehingga mencegah kulit mengelupas.

5. Akhiri dengan setting spray

Tutup makeup Sahabat Fimela dan ciptakan hasil akhir yang dewy dengan menggunakan setting spray. Ini akan memberikan tampilan segar dan membantu menjaga makeup agar tidak cakey sepanjang hari.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading