Sukses

Beauty

10 Tips Makeup untuk Hasil yang Sempurna Bak Dipoles MUA, Lakukan dengan Pencahayaan Cukup

Fimela.com, Jakarta Bagi para perempuan, makeup adalah sebuah kebutuhan untuk menjalani aktivitas keseharian dengan lebih percaya diri. Tentunya, Sahabat Fimela ingin mendapatkan hasil tampilan yang memukau. Terlebih jika ada pertemuan formal maupun pesta yang menyenangkan. 

Sahabat Fimela tidak perlu menyewa MUA profesional untuk mendapatkan makeup yang menawan. Cobalah belajar dari tutorial yang beredar di media sosial dan berlatihlah. Produk kecantikan pun telah banyak bermunculan dan perkembangan yang sangat mudah untuk dipilih.  Selain itu, perhatikan cahaya yang digunakan saat memoleskan makeup.

Berikut disajikan tips makeup untuk hasil yang sempurna seperti dipoeles MUA, dilansir academy.makeupforever.com untuk tips makeup dan byrdie.com untuk tips lighting. 

Tips Makeup Ala MUA, Mulai dengan Pencahayaan yang Bagus

1. Rias wajah dibawah cahaya alami

Pernahkah Anda merasakan perbedaan hasil makeup saat berada di luar ruangan dibandingkan dengan di dalam ruangan? Hal ini seringkali disebabkan oleh perbedaan cahaya yang kita hadapi. Penyebab utama perbedaan ini adalah karakteristik cahaya itu sendiri. 

Cahaya alami memiliki spektrum yang lebih luas dan seragam dibandingkan dengan cahaya buatan yang lebih terfokus. Hal ini bisa menyebabkan warna dan tekstur riasan terlihat berbeda tergantung pada jenis pencahayaan yang kita hadapi. Misalnya, rona warna foundation atau bedak mungkin terlihat lebih natural dan menyatu dengan kulit di bawah sinar matahari langsung, sementara di dalam ruangan dengan pencahayaan lampu, warna tersebut bisa terlihat lebih kusam atau terlalu terang.

2. Jika ingin memakai lampu rias, perhatikan posisinya

Jika Sahabat Fimela ingin menggunakan lampu rias saat makeup, perhatikan posisinya. Disarankan untuk membuat pencahayaan silang atau samping agar cahaya dapat menyebar merata ke seluruh wajah. Hindari memasang lampu hanya di atas cermin karena hal ini dapat menyebabkan cahaya yang terlalu terfokus pada dahi, yang pada akhirnya akan mengganggu proses merias wajah. Melalui cara ini, Sahabat Fimela dapat menciptakan pencahayaan yang optimal untuk merias wajah dengan hasil yang lebih baik.

Perhatikan Kulit dan Peralatan yang Digunakan

3. Lakukan skin preparation

Selanjutnya, Sahabat Fimela harus membersihkannya secara menyeluruh dan mengeringkannya perlahan dengan tisu atau handuk lembut. Selanjutnya, oleskan krim perawatan kulit ringan untuk menjaga kelembaban. Kemudian, aplikasikan alas bedak untuk mengaburkan pori-pori. Sebelum menggunakan eyeshadow, pastikan untuk juga mengaplikasikan alas bedak pada kelopak mata agar riasan dapat bertahan lebih lama.

4. Gunakan kuas 

Sahabat Fimela disarankan untuk berinvestasi dalam rangkaian kuas dengan berbagai ukuran dan ujung yang sesuai dengan tujuan penggunaan masing-masing. Hal ini dikarenakan kuas menjadi kunci keberhasilan makeup. Baik itu dalam mengaplikasikan alas bedak, concealer, perona pipi, atau eyeshadow, penggunaan kuas yang tepat akan membuat hasil akhir menjadi lebih presisi dan alami.

Pilih Produk Makeup yang Tepat

5. Gunakan concealer setelah foundation

Sahabat Fimela bisa menggunakan concealer setelah mengaplikasikan alas bedak. Pilihlah warna concealer yang paling mendekati warna kulit dan aplikasikan dengan menggunakan kuas atau beaury blend untuk hasil yang lebih merata. Setelah itu, Sahabat Fimela dapat mengatur dan menghilangkan kilap dengan bedak tabur untuk menciptakan tampilan matte yang tahan lama.

6. Pilih warna eyeshadow dengan tepat

Memilih warna eyeshadow sangatlah bebas, Sahabat Fimela bisa berkreasi dengan luas. Namun, sesuaikan dengan warna mata yang dimiliki. Gunakan warna yang sedikit lebih gelap dari warna iris. Jangan lupa, gunakan kuas untuk memadukannya dengan baik, menciptakan tampilan yang menyatu dan menonjolkan bayangannya dengan sempurna. 

Perhatikan Teknik Saat Mengaplikasikan Makeup

7. Aplikasikan Maskara dengan pola Zigzag 

Untuk menciptakan tampilan mata yang lebih besar dan dramatis, Sahabat Fimela dapat menggunakan teknik aplikasi maskara dengan pola zigzag. Langkah ini terbukti sangat efektif dalam memperbesar tampilan mata. Caranya sangat mudah, cukup mengaplikasikan maskara dengan gerakan zig-zag berturut-turut dari pangkal bulu mata ke ujungnya, dan dari dalam ke luar mata. Dengan melakukan gerakan ini, bulu mata akan terpisah dengan baik dan tampak lebih panjang. Jangan ragu untuk menambahkan lapisan maskara ekstra untuk mencapai efek volume yang diinginkan.

8. Perhatikan bentuk alis 

Alis yang rapi dan sesuai dengan bentuk wajah adalah kunci dalam menciptakan riasan mata yang indah. Tanpa alis yang teratur dan bergaris bawah, tampilan mata akan terasa kurang lengkap. Sahabat Fimela bisa belajar melalui tutorial dari media sosial dan terus berlatih. 

9. Poles bibir sesuai bentuk 

Aplikasikan lipstik dengan kuas atau secara langsung dengan mengetuk ringan menggunakan jari untuk hasil yang merata. Setelah itu, baru gunakan pensil bibir untuk mempertegas tepi bibir. Pastikan untuk memilih pensil dengan warna universal yang sejalan dengan warna lipstik. 

10. Tersenyum saat mengaplikasikan blush on 

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang segar dan bercahaya, aplikasikan blush on dengan sedikit senyuman pada wajah. Caranya adalah dengan menyapukan blush on di bagian tulang pipi yang membulat dan kemudian mengarahkannya sedikit ke arah pelipis.

 

Penulis: Naela Marcelina

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading