Sukses

Beauty

Rekomendasi Perawatan Rambut Lepek yang Mudah Dilakukan, Tampak Lebih Sehat dan Bervolume!

Fimela.com, Jakarta Tinggal di Indonesia yang identik dengan cuaca panas karena iklim tropisnya ternyata memberikan tantangan tersendiri. Salah satunya berpengaruh pada masalah rambut lepek yang tentu saja bisa mengganggu penampilan. Nggak heran kalau perawatan rambut lepek yang mudah tapi ampuh menjadi salah satu trik yang banyak dicari, terutama oleh perempuan, untuk menyempurnakan penampilan mereka.

Pada dasarnya, rambut lepek adalah rambut yang tampak tidak bervolume, terlihat tipis dan berminyak. Lalu, apa saja sih ritual perawatan sehari-hari yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut, Sahabat Fimela!

Apa yang Membuat Rambut Jadi Lepek?

Secara umum, rambut lepek terjadi karena penumpukan minyak dan keringat yang kemudian membuat rambut tidak terlihat bervolume dan tampak lifeless. Lalu, apa saja sih faktor penyebab terjadinya kondisi tersebut? Cek satu per satu, yuk!

1. Cuaca Panas

Tahukah kamu kalau rambut lepek menjadi salah satu masalah umum perempuan Indonesia? Ya, hal ini terjadi karena efek cuaca panas dan lembap yang menjadi ciri khas negara tropis. Sinar matahari yang terik akan membuat cuaca jadi lebih panas. Akibatnya, aliran keringat ikut membawa minyak di kulit kepala dan mendistribusikannya ke seluruh rambut. Ini dia yang akhirnya membuat rambutmu nggak tampak 'hidup'.

2. Debu dan Polusi

Punya banyak aktivitas di luar ruangan memang bikin kamu jadi nggak bisa menghindari yang namanya debu dan polusi. Meskipun nggak terlihat, tapi partikel debu dan polusi yang ada di udara bisa mempengaruhi kesehatan. Nggak terkecuali kesehatan rambut dan bikin jadi tampak lepek.

Kok bisa sih? Paparan polusi ternyata bisa memancing peningkatan produksi minyak, lho. Partikelnya sendiri sangat kecil sehingga bisa menempel pada kutikula dan merusak batang rambut secara perlahan. Nggak hanya membuat rambut tampak lepek, tapi juga berisiko membuatnya mudah rontok, kusam, bahkan muncul tanda rambut menua.

3. Jarang Keramas

Nggak punya jadwal keramas rutin atau cenderung keramas hanya saat ingat saja? Eits, jangan jadi kebiasaan karena bisa mengganggu kesehatan rambut. Penumpukan kotoran, minyak dan debu di kulit kepala juga menjadi salah satu faktor yang membuat rambut tampak lepek.

Jadi, jangan malas keramas untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutmu. Buatlah jadwal keramas setidaknya 3-4 kali seminggu untuk menjaganya tetap bersih, bebas dari kotoran dan minyak yang menempel.

4. Tekstur Rambut Tipis dan Halus

Ada juga jenis rambut yang memang lebih rentan mengalami masalah rambut lepek, yaitu yang memiliki tekstur tipis dan halus secara alami. Kondisi ini membuat rambut memiliki diameter yang sangat kecil yang membuat kulit kepala tidak memiliki cukup helai untuk membuat rambut tampak tebal.

Nggak hanya itu saja, pemilik rambut tipis ini juga punya banyak folikel dibandingkan rambut biasa yang tampak tebal. Jadi, kulit kepala punya banyak lebih ruang untuk helai rambut yang membuat kulit kepala mudah berminyak dan lepek.

Trik Perawatan Rambut Lepek yang Bisa Dicoba

Rambut lepek yang tampak mengempis dan berminyak memang bisa mengganggu penampilan. Beberapa tips perawatan rambut lepek ini bisa dicoba untuk menjadikan mahkota indahmu terlihat sehat dan bervolume.

1. Rutin Keramas dengan Shampo yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keramas secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Soalnya kotoran, minyak, dan debu yang menumpuk di kulit kepala bisa memicu rambut jadi lepek. Jadi, mulai biasakan untuk keramas secara rutin dengan shampo yang tepat, yuk!

Pastikan pilih jenis shampo yang memiliki formula sesuai kebutuhanmu. Kalau punya kulit kepala berminyak, pilih shampo yang mengandung bahan-bahan aktif untuk mengontrol produksi minyak di kulit kepala dan menjaga rambut agar tampak bervolume.

2. Terapkan Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat

Kesalahan saat menggunakan conditioner sering jadi faktor penyebab rambut lepek tanpa disadari. Secara umum, conditioner menjadi salah satu produk penting untuk menjaga kelembapan sekaligus menutrisi rambut agar tidak mengalami kondisi kering. Namun, penggunaan yang salah malah bisa membuat rambut jadi gampang lepek.

Siapa nih yang masih memakai conditioner sampai ke kulit kepala dan akar rambut? Eits, ternyata cara ini salah banget lho! Produk yang satu ini harusnya hanya digunakan dari bagian tengah batang rambut hingga ke ujungnya. Soalnya conditioner memiliki kandungan minyak yang tinggi dan tekstur yang pekat. Jika terkena kulit kepala dan akar rambut, bisa memicu minyak berlebih yang membuat rambut jadi lengket dan tampak lepek.

3. Perhatikan Suhu Air Saat Keramas

Salah satu perawatan rambut lepek yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan memperhatikan suhu air saat keramas. Disarankan untuk keramas dengan air hangat karena dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak dengan maksimal.

Namun, hindari suhu air yang terlalu panas. Hal ini dapat memicu kulit kepala dan rambut jadi lebih kering yang membuat produksi minyak jadi berlebihan dan memicu rambut semakin lepek juga. Jadi, perhatikan dengan baik suhu air yang digunakan untuk keramas ya!

4. Hentikan Kebiasaan Memegang Rambut

Masih suka memegang rambut dengan tangan, baik itu memainkannya, menggaruk, atau menyisir dengan jari? Tahu nggak kalau ternyata kebiasaan yang satu ini juga jadi salah satu faktor yang membuat rambut jadi tampak lepek, lho!

Apa hubungannya? Ternyata, hal tersebut bisa terjadi karena tangan bisa jadi media transfer kotoran dan minyak pada rambut dan kulit kepala. Tangan yang biasa memegang banyak benda di sekitar bisa membuat kotoran dan minyak menempel. Jika kemudian digunakan untuk memegang atau menggaruk kulit kepala, kotoran dan minyak tersebut bisa berpindah yang kemudian membuat rambut jadi semakin mudah terlihat lepek.

5. Jangan Lupa Cuci Sisir Secara Rutin

Coba diingat-ingat dulu, seberapa sering kamu mencuci sisir yang biasa digunakan sehari-hari. Sama sekali nggak pernah dicuci? Duh, bisa jadi hal tersebut yang memicu rambut jadi gampang terlihat berminyak dan lepek. Ternyata, sisir yang biasa digunakan bisa menjadi sarang kotoran, debu, sisa produk styling rambut hingga minyak yang menempel,

Kalau ingin perawatan rambut lepek memberikan hasil yang maksimal, jangan lupa wajib cuci sisir secara rutin. Jadi, supaya rambut yang sudah bersih nggak kemudian berubah jadi kotor dan berminyak lagi setelah disisir. Pastikan cuci sisir minimal 1 minggu sekali untuk menjaga kebersihan rambut dan mencegahnya tampak lepek.

6. Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Basah

Bagi para hijabers mungkin relate banget dengan kondisi yang satu ini. Saking padatnya kegiatan sehari-hari, kadang kamu jadi terburu-buru untuk segera berangkat beraktivitas. Saat rambut masih basah, nggak jarang nih udah dibalut hijab demi mengejar waktu. Ternyata kebiasaan ini nggak baik karena bisa bikin rambut jadi lepek.

Biarpun tertutup hijab, tapi jangan biasakan melakukan hal tersebut, lho. Soalnya rambut basah yang tertutup hijab juga bisa memicu masalah lain seperti bau tak sedap hingga berketombe. Tentunya menjaga kesehatan rambut berhijab sangat penting untuk menunjang penampilan dan percaya diri sehari-hari.

7. Hindari Produk Perawatan Rambut yang Mengandung Silikon

Kenali bahan-bahan yang ada di dalam produk perawatan rambut yang digunakan, karena ternyata ada yang bisa membuat rambut jadi gampang berminyak dan lepek, lho. Salah satu kandungan yang bisa membuat rambut tampak seperti itu adalah silicone.

Silicone merupakan salah satu kandungan produk yang bisa membuat rambut tampak lembut dan berkilau. Sayangnya, bahan tersebut dapat menumpuk di rambut dan kulit kepala yang bikin jadi gampang berminyak dan mudah lepek. Jadi, sebaiknya hindari kandungan silicone jika ingin perawatan rambut lepek yang dilakukan memberikan hasil maksimal.

8. Manajemen Stres dengan Baik

Apa hubungannya stres dengan rambut lepek sih? Jangan disepelekan, ternyata memang saling berhubungan, lho. Ketika seseorang berada dalam kondisi stres, produksi hormon kortisol berada dalam level yang tinggi sehingga bisa memicu kelenjar minyak di kulit kepala semakin aktif dalam memproduksi minyak.

Jadi, cobalah belajar mengelola stres dengan baik. Misalnya dengan olahraga rutin yang bisa meningkatkan hormon yang bikin bahagia. Selain itu, pelajari juga teknik meditasi untuk menenangkan pikiran sehingga stres pun perlahan bisa diredam.

9. Manfaatkan Kandungan Lemon

Perawatan rambut lepek juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami. Misalnya saja buah lemon, karena ternyata kandungan asamnya mampu mengangkat minyak berlebih pada kulit kepala.

Jika ingin melakukan perawatan dengan buah lemon gampang saja kok. Kamu cukup mengaplikasikan air perasan lemon ke area kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin dan lanjutkan keramas seperti biasa. Nggak hanya bisa mengatasi rambut lepek, lemon juga dapat mengatasi ketombe dengan ampuh.

10. Bilas dengan Cuka Apel

Nggak hanya lemon, bahan alami lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut lepek adalah cuka apel. Larutan yang satu ini bisa digunakan untuk merawat rambut agar tidak mudah berminyak dan lepek.

Cara mengaplikasikannya gampang kok. Campurkan larutan cuka apel dan air dengan perbandingan 5:1. Gunakan untuk membilas rambut. Diamkan selama 1 menit dan bilas kembali dengan air bersih.

Sekarang nggak perlu galau lagi, karena beberapa tips perawatan rambut lepek di atas bisa dimanfaatkan untuk menjaga rambut agar tetap sehat, indah dan bervolume. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading