Sukses

Beauty

Miliki Rambut Super-Shiny dengan Konsumsi 4 Makanan Ini!

Fimela.com, Jakarta Siapa yang nggak menginginkan rambut yang sehat dan berkilau? Ternyata, selain perawatan dari luar, nutrisi dari dalam juga sangat berperan penting dalam menciptakan rambut yang cantik dan shiny, lho. Dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu dapat memiliki rambut yang indah tanpa harus mengandalkan produk-produk perawatan mahal.

Dilansir dari laman wellandgood.com, makanan yang kita konsumsi memiliki dampak langsung pada kesehatan rambut. Penasaran apa saja kelima jenis makanan yang dapat membuat rambut jadi super shiny dan sehat secara alami? Yuk, simak lebih lanjut! 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau terbukti ampuh untuk menumbuhkan rambut yang super-shiny karena mengandung beberapa nutrisi, seperti asam amino berkualitas tinggi yang mudah diasimilasi untuk membangun dan mencerna makronutrien dalam tubuh. Sayuran hijau juga memiliki kandungan mineral serta vitamin A, C, E, dan K yang baik untuk pertumbuhan rambut.  

Agar mendapatkan rambut yang sehat, cantik, dan super-shiny, cobalah untuk menambahkan sayuran hijau, seperti bayam, lobak, dan kangkung ke dalam kuah, sup, atau hidangan apapun yang sedang kamu makan. 

Chia Seeds

Chia seeds adalah salah satu superfood yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, termasuk pertumbuhan rambut yang optimal. Chia seeds mengandung asam lemak dan omega-3 dalam jumlah yang tinggi. Omega-3 dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga membantu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhannya.

Masalah rambut juga dapat disebabkan karena kurangnya zat besi. Oleh karena itu, mulailah untuk mengonsumsi chia seeds karena mengandung zat besi yang penting untuk transportasi oksigen ke folikel rambut, menjaga kesehatan rambut, dan mencegah kerontokan. Dengan mengonsumsi chia seeds secara teratur sebagai bagian dari pola makan yang seimbang, kamu dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh dengan kuat dan sehat.

Pumpkin Seeds

Selain protein dan zat besi, untuk menumbuhkan rambut subur yang berkilau, kamu juga perlu vitamin B. Pumpkin seeds secara alami mengandung biotin (B7), yang nggak hanya mendorong pertumbuhan rambut yang kuat dan tangguh, namun juga membuat tampilan rambutmu jadi cantik dan shiny. Selain itu, pumpkin seeds juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mendorong produksi sebum sehingga kelembapan di area rambut terjaga.

Jumlah Zinc yang terkandung dalam pumpkin seeds juga cukup signifikan. Zinc sangat penting untuk pembentukan protein keratin yang merupakan komponen utama dari rambut. Dengan mengonsumsi zinc yang cukup, dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut yang kuat.

Polen Lebah

Belum pernah mendengar atau mencoba makanan yang satu ini? Yuk, segera coba! Makanan yang satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama kesehatan rambut. Pumpkin seeds mengandung berbagai macam mineral, antioksidan, dan vitamin B.

Selain itu, Polen lebah juga mengandung asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6, yang membantu menjaga kelembapan alami rambut, meningkatkan elastisitas, dan mencegah kerusakan pada helai rambut.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memasukkan polen lebah ke dalam semangkuk smoothie dengan takaran satu sendok kecil polen lebah dan satu sendok teh minyak kelapa. Namun, pastikan untuk memasukan polen lebah dalam takaran yang kecil terlebih dahulu agar menghindari reaksi alergi pada tubuh.

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading