Sukses

Beauty

9 Penyebab Cat Rambut Pudar Lebih Cepat dan Tips Perawatan agar Warnanya Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Penyebab cat rambut pudar dalam waktu singkat setelah proses pewarnaan terjadi mungkin jadi hal yang sering bikin penasaran. Gimana nggak, hal ini tentunya bisa mempengaruhi penampilan jadi kurang oke. Mewarnai rambut sendiri sering jadi pilihan banyak perempuan untuk membuat penampilan jadi lebih menarik. Nggak heran kalau banyak perempuan yang mencoba bereksperimen dengan berbagai warna rambut dari cokelat, burgundy, hingga blonde. Tapi, warna cat rambut kok nggak bisa tahan lama ya? Apa sih penyebabnya?

Biar warna rambut tetap standout dalam waktu yang lebih lama, kenali dulu beberapa hal yang menjadi penyebab warna cat rambut gampang luntur. Cek mana yang sepertinya terjadi pada kamu!

Berapa Lama Idealnya Warna Cat Rambut?

Ketahanan warna cat rambut sebenarnya berbeda-beda, tergantung dengan teknik pewarnaan dan kualitas dari produk yang digunakan. Secara umum, warna cat rambut dapat memudar dalam waktu paling cepat 3 bulan. Namun, ketahanannya juga bisa lebih singkat atau malah lebih lama tergantung dengan kualitas produk yang digunakan. Perawatan yang tepat sangat diperlukan agar warna rambut tetap terlihat menawan dalam waktu yang lebih lama.

Penyebab Cat Rambut Pudar dalam Waktu Singkat

Ketika mencoba untuk mengecat rambut, kamu pastinya berharap kalau warnanya bisa bertahan dalam waktu yang lama untuk membuat penampilan tampak on point. Sayangnya, ada beberapa hal yang bisa membuat warna cat rambut cepat memudar dalam waktu singkat. Ini beberapa penyebabnya yang wajib diketahui!

1. Keramas Terlalu Cepat Setelah Mewarnai Rambut

Ini dia salah satu kesalahan yang paling sering terjadi dan menjadi penyebabnya adalah waktu keramas yang terlalu cepat dengan proses mewarnai rambut yang dilakukan. Jadi, saat ingin melakukan proses pewarnaan, pastikan jangan buru-buru keramas setelah mengecat rambut karena hal tersebut bisa membuatnya cepat luntur. Alasannya adalah bahan kimia dalam cat rambut mudah tergerus saat terkena air.

Sebagai informasi, jarak antara waktu keramas dari proses pewarnaan sekitar 24 jam. Namun, beberapa salon biasanya memberikan saran untuk keramas setelah 3 hari dari proses mengecat rambut untuk membuatnya tetap tahan lama.

2. Salah Pilih Shampo

Faktor lain yang bisa jadi pemicu warna cat rambut gampang pudar adalah salah pilih shampo. Ya, jangan asal memilih shampo untuk rambut berwarna. Hindari produk yang mengandung sulfate karena meskipun bisa membersihkan rambut dengan maksimal, tapi formula ini juga bisa mengikis warna pada rambutmu.

Jadi, pastikan pilih shampo dengan tepat jika ingin menjaga warna rambut tetap standout. Jangan lupa cek review produk terlebih dulu untuk mengetahui apakan produk tersebut direkomendasikan atau justru tidak bisa memberikan hasil yang diharapkan.

3. Durasi Keramas Terlalu Sering

Selain harus memperhatikan waktu keramas dan produk shampo yang digunakan, hal lain yang juga bisa menjadi penyebab cat rambut pudar adalah durasi keramas yang jadi rutinitas sehari-hari. Coba diingat-ingat kembali, apakah selama ini kamu keramas terlalu sering, atau malah keramas setiap hari?

Eits, jangan jadi kebiasaan karena hal tersebut yang bisa mengurangi keindahan rambut. Jika rambut terlalu sering terkena air dan produk shampo, bisa jadi faktor yang membuat warnanya nggak bisa bertahan lama. Jadi, idealnya jadwalkan waktu keramas 2-3 kali seminggu saja bagi pemilik rambut diwarnai.

4. Tidak Pernah Memakai Kondisioner

Coba ngaku, siapa di sini yang masih abai dengan kesehatan rambut, seperti tidak pernah menggunakan kondisioner? Keramas dengan shampo saja nggak cukup untuk merawat warna indah rambut agar tetap bertahan lama dan cantik.

Skip penggunaan kondisioner bisa membuat rambut terasa kering, apalagi setelah proses pewarnaan rambut yang bisa mengikis kelembapan alaminya. Gunakan kondisioner khusus rambut berwarna dan aplikasikan dengan cara yang tepat.

5. Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari berlebihan nggak hanya bisa mempengaruhi kulit saja. Hal tersebut juga bisa membuat warna cat rambut jadi cepat luntur, lho. Radiasi sinar ultraviolet dapat merusak matriks rambut. Jika terjadi dalam waktu yang lama, secara perlahan bisa membuat warna cat rambut memudar secara perlahan.

Nggak cuma itu saja, efek lain juga bisa dirasakan oleh rambut ketika terlalu sering terpapar panasnya sinar matahari. Misalnya saja bikin rambut jadi lebih kering, kusam, dan rapuh. Jadi, jangan sepelekan paparan sinar matahari, terutama buat kamu yang sering melakukan aktivitas outdoor.

6. Sering Menggunakan Alat Hair Styling Rambut Bersuhu Tinggi

Rambut memang jadi faktor utama yang menyempurnakan penampilan. Nggak heran kalau banyak perempuan yang selalu mengandalkan alat hair styling rambut yang memiliki suhu tinggi seperti catokan atau pengeriting rambut. Biarpun bisa membuat penampilan stunning dalam waktu singkat, tapi bisa menjadi penyebab cat rambut pudar, lho.

Ya, suhu panas yang keluar dari alat penataan rambut ini bisa membuat rambut jadi kering, kusam, dan kasar bila digunakan secara berlebihan. Suhu panasnya bisa merusak lapisan kutikula yang kemudian membuat warna cat rambut jadi cepat memudar sehingga pewarnaan rambutmu nggak bisa bertahan lama.

7. Terpapar Klorin Saat Berenang

Renang menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Namun, tahukah kamu kalau air di kolam renang mengandung zat pembersih yang dikenal dengan nama klorin yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut?

Ya, karena fungsinya sebagai zat pembersih, klorin memberikan efek yang cukup keras karena bisa membuat rambut kering dan kusam. Jika tidak memberikan perlindungan pada rambut, nantinya secara perlahan bisa membuat warna cat rambut jadi memudar, lho!

8. Produk Cat Rambut Kurang Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketahanan produk cat rambut yang dipakai juga ikut mempengaruhi berapa lama warna rambut bisa menempel dengan baik. Jadi, sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, ada baiknya konsultasikan dulu dengan hair stylist tentang produk cat rambut berkualitas yang bisa memberikan daya tahan warna sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kamu nggak perlu cemas dengan kemungkinan warna cat rambut memudar lebih cepat.

9. Teknik Pewarnaan Kurang Memadai

Penyebab cat rambut pudar dalam waktu lebih cepat juga bisa terjadi karena teknik pewarnaan yang kurang tepat. Misalnya saja waktu pemrosesan yang kurang sesuai. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang biasanya sudah memiliki uban.

Sebagai informasi, mewarnai rambut untuk menutup uban memerlukan waktu yang lebih lama karena kutikula pada rambut putih atau beruban lebih lama untuk terbuka. Hal ini yang membuat proses penyerapan warna cat rambut juga lebih lama. Namun, banyak orang yang merasa bosan menunggu terlalu lama, apalagi bagi yang mengecat rambut sendiri di rumah. Inilah yang kemudian membuat warna rambut perlahan luntur.

Tips Perawatan Rambut Berwarna agar Tahan Lama

Setelah memahami beberapa penyebab cat rambut pudar di atas, saatnya lakukan berbagai tips perawatan yang bisa membantu warna rambut bertahan lebih lama. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Gunakan Shampo dan Kondisioner Khusus

Tips perawatan utama yang harus diperhatikan adalah pastikan kamu memakai shampo dan kondisioner khusus rambut berwarna. Pastikan formulanya tidak mengandung bahan kimia keras seperti sulfat atau alkohol yang bisa memudarkan warna rambut lebih cepat.

Selain itu, pastikan formula shampo mengandung pH seimbang untuk menjaga kutikula rambut tetap tertutup yang juga berpengaruh pada ketahanan warna rambut. pH yang seimbang ini bisa membantu menjaga keseimbangan alami rambut dan kulit kepala sehingga mencegah kerusakan dan warna yang memudar.

Jangan lupa juga pastikan pilih produk shampo yang dapat menjaga kelembapan alami rambut untuk mencegah kondisi kering dan rapuh. Misalnya saja produk dengan kandungan vitamin E, minyak argan dan aloe vera yang dapat menjaga rambut tetap terhidrasi, membuatnya tampak lembut.

2. Gunakan Heat Protectant Serum Saat Menggunakan Alat Penataan Rambut

Jika terpaksa menggunakan alat penataan rambut karena sedang terburu-buru atau harus tampil on point dalam waktu cepat, jangan lupa aplikasikan heat protectant serum. Produk yang satu ini bekerja untuk melindungi rambut dari panasnya alat penataan rambut yang bisa menjadi penyebab cat rambut pudar.

Pilih produk serum yang mengandung bahan alami seperti argan oil yang bekerja untuk mempertahankan kelembapan rambut sehingga bisa mempertahankan kilau alaminya. Gunakan secara rutin sebelum menggunakan alat penataan rambut untuk melindungi mahkota penampilan yang satu ini.

3. Lindungi Rambut Saat Beraktivitas di Luar Ruangan Maupun Berenang

Seperti yang sudah dijelaskan kalau paparan sinar matahari berlebihan bisa menjadi penyebab kerusakan rambut dan yang memudarkan warnanya. Jika kamu termasuk salah satu orang dengan banyaknya aktivitas di luar ruangan, jangan lupa gunakan topi atau hoodie untuk melindungi rambut dari sinar matahari.

Begitu pun saat berenang, ada beberapa trik yang bisa kamu coba. Gunakan swimming cap atau topi khusus renang untuk meminimalisir paparan langsung air kolam renang yang mengandung klorin. Bisa juga dengan membasahi rambut terlebih dulu sebelum masuk ke kolam renang untuk membatasi penyerapan klorin ke dalam batang rambut.

4. Pilih Produk Cat Rambut Berkualitas

Salah satu faktor penting untuk menjaga warna cat rambut tetap tahan lama pastikan pilih produk yang berkualitas. Ya, produk cat rambut yang direkomendasikan adalah yang memiliki formula yang menjaga warna bisa bertahan lebih lama.

Nggak hanya itu saja, produk cat rambut sebaiknya juga memiliki kandungan nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut dan melindunginya dari kerusakan. Soalnya, kondisi rambut yang kering dan rapuh jadi faktor utama warna rambut nggak bisa menempel lebih lama. Jadi, disarankan memilih cat rambut dengan kandungan vitamin E dan pelembap untuk menjaga kesehatan mahkota penampilanmu.

Ternyata, itu tadi deretan penyebab cat rambut pudar yang seringnya nggak disadari. Masih ada yang sering kamu alami, Sahabat Fimela? Yuk, sekarang waktunya lakukan perawatan yang tepat untuk menjaga warna rambut tetap standout sekaligus membuatnya tampak sehat menawan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading