Sukses

Beauty

Tips Menggunakan Serum Niacinamide untuk Rutinitas Perawatan Wajah yang Maksimal

Fimela.com, Jakarta Kalau lagi milih-milih skincare untuk perawatan wajah, serum dengan kandungan niacinamide mungkin jadi salah satu rekomendasi yang nggak boleh ketinggalan. Formula yang satu ini memang jadi incaran para beauty enthusiast karena berbagai manfaatnya untuk menunjang kesehatan kulit wajah.

Niacinamide sendiri merupakan zat turunan dari Vitamin B3 atau yang dikenal dengan sebutan niacin. Zat yang satu ini sangat diperlukan untuk perawatan kulit karena dapat meningkatkan elastisitas, menyamarkan garis halus yang muncul, serta meningkatkan skin barrier. Nggak hanya itu, niacinamide juga dikenal memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-pigmentasi yang bisa mencerahkan kulit.

Tapi, apakah kamu sudah mengaplikasikan serum niacinamide dengan cara yang tepat? Perhatikan beberapa aturan pemakaian berikut ini biar hasil perawatan wajah lebih maksimal!

Pilih Formula yang Tepat

Coba ngaku dulu, siapa nih yang memperhatikan kadar konsentrasi niacinamide dalam sebuah produk sebelum memilih atau menggunakannya? Hal ini seringnya terlewat, padahal penting banget buat diperhatikan agar hasil perawatan maksimal.

Untuk perawatan sehari-hari, sebaiknya pakai serum niacinamide dengan konsentrasi 2-10% saja. Terlebih buat kamu yang masih pemula. Tingkat konsentrasi yang lebih besar dapat berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit.

Usia yang Disarankan dan Waktu Penggunaan

Mulai usia berapa sih seseorang boleh menggunakan niacinamide? Untungnya, formula yang satu ini adalah vitamin yang larut air sehingga aman digunakan untuk segala usia, mulai remaja hingga dewasa.

Waktu penggunaan niacinamide sendiri bisa pada pagi dan malam hari. Ketika dipakai pada pagi hari, bahan ini dapat membantu melindungi wajah dari radiasi sinar matahari dan polusi, karena manfaatnya meningkatkan skin barrier. Sementara itu, pemakaian di malam hari bisa membantu proses regenerasi kulit sehingga membuat wajah lebih cerah dan glowing saat pagi hari.

Step by Step Mengaplikasikan Niacinamide dengan Tepat

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, mengaplikasikan serum niacinamide bisa dilakukan dengan memperhatikan step by step berikut ini. Pertama, pastikan bersihkan wajah terlebih dulu sebelum mengaplikasikan skincare apapun. Setelah mengaplikasikan serum, pastikan formulanya menyerap dengan sempurna sebelum beralih memakai skincare yang lain.

Jika digunakan pada pagi hari, jangan lupa ikuti dengan pemakaian sunscreen untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap skin barrier. Selain itu, perhatikan bahan aktif skincare lain yang kamu gunakan. Hindari penggunaan niacinamide bersamaan dengan skincare yang mengandung vitamin C atau retinol karena bisa menyebabkan iritasi.

Gunakan Secara Rutin

Jika ingin mendapatkan hasil perawatan niacinamide yang maksimal, jangan lupa gunakan produk ini secara rutin sesuai dengan aturan pemakaian yang berlaku. Prinsip ini juga perlu diingat untuk pemakaian skincare lainnya, lho!

Pada dasarnya, skincare juga nggak bisa memberikan hasil instan. Untuk kandungan niacinamide, butuh waktu sekitar 3-6 bulan pemakaian rutin agar bisa memperlihatkan perubahannya pada kulit.

Jangan lupa pilih produk niacinamide yang berkualitas dan telah teruji keamanannya ya! Hal ini sangat penting agar rutinitas skincare bisa memberikan hasil yang sesuai harapan. Terlebih sekarang banyak brand skincare lokal yang memiliki produk niacinamide dengan kualitas nggak kalah mumpuni yang bisa jadi referensi. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading