Sukses

Entertainment

Review Chappie: Robot Menggeser Peran Manusia

Fimela.com, Jakarta
Pemain: Dev Patel, Sharlto Copley, Hugh Jackman, Watkin Tudor, Yolandi Visser, Jose Pablo Cantillo, Sigourney Weaver
Sutradara: Neill Blomkamp
Skenario: Neill Blomkamp & Terri Tachell
Durasi: 120 menit

Sinopsis:

Dimasa depan manusia akan semakin tergantung pada teknologi. Bahkan sebagian besar tugas manusia sudah bisa tergantikan oleh mesin terutama dalam bentuk robot. Di Johannesburg, Afrika Selatan, para robot sudah mulai menggeser tugas manusia. Salah satunya adalah robot polisi yang membantu tugas kepolisian untuk menumpas kejahatan.

Robot polisi ini dinamakan Scout dan mereka diprogram oleh ilmuwan muda Deon Wilson yang bekerja di Tetravaal. Robot ciptaan Deon ternyata sangat ampuh buat memberantas kejahatan. Bahkan pihak polisi banyak memesan robot Scout untuk menggantikan tugas mereka. Deon pun mendapat pujian dari atasannya, Michelle Bradley, karena robot produksinya laku keras dipesan kepolisian. Kesuksesan Deon diam-diam membuat sirik rekan sekerjanya yang lebih senior, Vincent Moore.

Sementara itu Deon berusaha merancang robot yang lebih canggih lagi yaitu robot yang bisa berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia. Saat percobaanya berhasil, niatan Deon untuk membuat robot baru ditentang oleh atasannya. Kebetulan ada sebuah robot Scout yang sudah rusak parah dan akan dibuang.

Deon pun diam-diam mengambil robot tersebut. Namun Deon kemudian ditawan sekelompok penjahat pimpinan Ninja yang memang sudah mengincarnya. Mereka memaksa Deon untuk mematikan program robot polisi karena semakin kesulitan melakukan aksi kejahatan. Deon menolak dan mengalihkan perhatian dengan mencoba menghidupkan robot ciptaannya. Usaha Deon berhasil. Robot yang diberi nama Chappie itu bisa berpikiran dan mempunyai perasaan layaknya manusia.

Ninja cs menjadikan Chappie sebagai partner mereka untuk melakukan aksi kejahatan. Menghilangnya satu robot Scout ternyata dipantau oleh Vincent. Ia pun mulai mengikuti gerak-gerik Deon. Vincent menyusun rencana untuk menjatuhkan reputasi Deon dengan cara apapun. Hanya Chappie yang bisa melindungi Deon dari rencana jahat Vincent.


Review:

Film yang disutradarai Neill Blomkamp yang pernah mengarahkan District 9 ini bukan murni bergenre fiksi-ilimiah. Ada sentuhan drama, eksyen dan humor yang membuatnya terasa lebih segar dan ringan. Rasanya tak ada sesuatu yang baru dari cerita film ini. Pesannya pun simpel. Peran manusia semakin tergantikan oleh teknologi dalam hal ini robot.

Robot Chappie juga mengingatkan kita pada sosok robot C-3PO di film Star Wars. Namun Blomkamp mampu mengemas film ini dengan cukup baik dan menghibur. Yang cukup menonjol adalah akting Hugh Jackman sebagai Vincent, karena kali ini ia menjadi tokoh antagonis.

Yang menarik adalah akting pemeran tiga penjahat eksentrik. Karakter Ninja, Yolandi dan Yankee ternyata dimainkan personil grup hip-hop Afrika Selatan, Die Antwoord. Ketiganya tampil kompak dan kebetulan film ini memang mengambil lokasi di Afrika Selatan. Chappie akan dirilis di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya pada 6 Maret ini. Chappie juga akan dirilis pada format IMAX pada 4 Maret ini.

 

Foto-foto Adegan

chappie 2Dev Patel berperan sebagai Deon, pencipta robot Chappie

 

chappie 4Chappie diajarkan berbagai keterampilan untuk melakukan tindak kejahatan

 

chappie 3Chappie memadukan fiksi-ilimiah dengan eksyen, drama dan komedi

 

chappie 5Hugh Jackman kali ini memainkan peran antagonis, tapi bukan sebagai manusia serigala

Foto-foto: Istimewa

 

Trailer Chappie

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading