Sukses

Entertainment

Kenali Sosok Guru Para Pemimpin Bangsa Lewat Film Ini

Fimela.com, Jakarta Apa yang Anda ketahui tentang HOS Tjokroaminoto? Yang pasti beliau seorang pahlawan nasional dan sebuah nama jalan di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Tapi mungkin hanya sebatas itu kita tahu sosok Tjokroaminoto. Nah, kalau mau lebih kenal sosok pahlawan asal Jawa Timur ini ada baiknya kita menyaksikan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang disutradarai Garin Nugroho. 

Film ini mengangkat kisah perjuangan dan kehidupan tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia bernama lengkap Raden Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto (diperankan Reza Rahadian) di era 1890-1920an.

Guru Bangsa, Tjokroaminoto

Ia lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat. HOS Tjokroaminoto berjuang bersama dengan Hadji Samanhudin mengubah Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam. Organisasi tersebut menjadi organisasi terbesar pertama dengan anggota sebanyak 2 juta orang yang berasal dari berbagai kalangan kelas sosial.

"Film ini sangat penting untuk mensosialisasikan sejarah berdirinya Indonesia yang mulai dilupakan. Buktinya gampang saja, kalau ada pertanyaan siapa Tjokroaminoto, yang kita tahu hanya nama pahlawan dan nama pahlawan, tapi tidak tahu sejarahnya," kata Reza Rahadian waktu ditemui di acara press screening Guru Bangsa: Tjokroaminoto di Epicentrum XXI Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).

[Bintang] Guru Bangsa, Tjokroaminoto

Di dalam film tersebut diceritakan kalau seorang Tjokroaminoto rela melepas atribut keningratannya untuk membaur bersama rakyat biasa. “Di sini juga diceritakan kalau Tjokroaminoto tumbuh menjadi guru dari para pemimpin pergerakan seperti Soekarno, Semaoen, Alimin dan Moesso. Nah, fakta seperti itu belum banyak yang tahu. Saya sendiri baru tahu setelah bermain di film ini. Jadi nggak berlebihan kalau saya bilang film ini penting buat kita tonton,” tandas Reza Rahadian.

Selain Reza Rahadian, film yang ini turut dibintangi Tanta Ginting, Christine Hakim, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Sujiwo Tejo, Maia Estianty, Alex Abbad, Putri Ayudya, dan masih banyak lagi. Guru Bangsa: Tjokroaminoto mulai diputar di bioskop pada 9 April nanti.

 

Trailer Guru Bangsa: Tjokroaminoto

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading