Sukses

Entertainment

Rachmat Hidayat, Anggota Batalyon Siliwangi Sukses di FFI

Fimela.com, Jakarta Tak ada yang menyangka jika aktor kawakan Indonesia, Rachmat Hidayat adalah seorang anggota Batalyon Siliwangi. Namanya di dunia seni peran begitu harum dengan kesuksesannya meraih penghargaan di ajang Festival Film Indonesia (FFI).

Pada mulanya, Rachmat yang merupakan anggota Batalyon III Siliwangi itu tak tertarik untuk berkecimpung di dunia hiburan. Namun, sosok Usmar Ismail telah mengubah pandangan Rachmat. Ia pun tertarik untuk main di film Toha, Pahlawan Bandung Selatan (1961).

Poster film 'Pacar Ketinggalan Kereta' yang dibintangi Rachmat Hidayat . Foto: Wikipedia

Dalam film garapan Usmar itu, nama Rachmat semakin dikenal. Berbagai penghargaan pun kerap ia raih berkat kepiawaian aktingnya. Salah satunya, piala FFI (Festival Film Indonesia).

Ajang bergengsi perfilman Indonesia itu telah menganugerahkan Rachmat tiga piala. Ia berhasil menjadi pemeran pembantu pria terbaik di dua periode yaitu 1977 dan 1991. Film Pacar Ketinggalan Kereta (1989) ternyata telah membawanya kembali mendapatkan piala FFI sebagai pemeran utama pria terbaik.

Rachmad Hidayat. (www.festivalfilmbandung.com)

Tak sampai disitu, Rachmat tercatat masih aktif membintangi layar lebar hingga usia senjanya. Setidaknya, ia telah tampil di 95 judul film. Film terakhirnya, Si Kabayan Cari Jodoh (1994) mempertemukannya dengan (alm) Didi Petet.

Kini, sang aktor Rachmat Hidayat telah tiada. Rachmat menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (14/6/2015). Karya-karya Rachmat akan selalu dikenang bagi para pecinta film tanah air.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading