Sukses

Entertainment

Shanty Ajak Artis Kampanyekan Anti Kekerasan Anak

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang kekerasan maupun pelecehan seksual terhadap anak, saat ini sudah seperti fenomena gunung es. Sedikit mencuat di permukaan, namun sangat melebar di bawahnya. Semenjak lama, kekerasan maupun tindak pelecehan kepada anak sudah memprihatinkan, termasuk bagi Shanty.

Kasus terakhir yang membuat miris publik adalah kisah pilu bocah Angeline (8) yang dianiaya, diperkosa, dan dikubur di lobang dekat kandang ayam. Sebuah perlakuan keji terhadap anak-anak yang seharusnya diberikan kasih sayang.

Baca Juga: Khawatir Kekerasan Anak, Shanty Tanamkan Proteksi Dini

Shanty (Deki Prayoga/Bintang.com)

Karenanya, berbekal kekhawatiran itu Shanty ingin mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan lembaga terkait menolak kekerasan terhadap anak-anak. Ia menghimbau orangtua dan masyarakat lebih peka dan proaktif ketika menemukan sesuatu yang janggal dalam lingkungannya.

"Sebagai orangtua harus peka. Saya himbau orangtua harus peka. Kita juga harus mawas, karena predatornya sebenarnya ada di sekeliling kita," kata Shanty di Komnas Anak, Jalan TB Simatupang No.33, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (2/7).

Shanty menegaskan jika anak-anak memiliki keterbatasan untuk bersuara akan tindak kejahatan yang menimpanya. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa bercerita kepada teman ataupun langsung melapor ke pihak berwajib. Shanty pun siap menggandeng para artis sebagai corong kampanye ini.

Teuku Zacky dan Shanty (Deki Prayoga/Bintang.com)

"Ini kejahatan terhadap anak yang lebih sering tak bisa bersuara. Kita akan ajak para artis lain untuk mengkampanyekan ini," tuturnya.

Menurut Shanty, harus ada tindakan konkret dan ini harus didukung oleh masyarakat, pemerintah, aparat, dan semua pihak terkait. "Harus ada, jangan hanya wacana. Kejahatan ini harus disikapi seperti dengan kejahatan lain," ujar Shanty.

Shanty berharap bisa melakukan kampanye melalui bermacam media, salah satunya menggunakan lagu yang mendidik anak untuk menghindari ataupun menghadapi kejahatan yang akan menimpanya. "Mungkin lagu bisa, anak kan hapalin lagu gampang banget ya. Mungkin bisa kampanye lewat lagu juga," ucap Shanty.

What's On Fimela
Loading