Sukses

Entertainment

5 Film Hollywood Mirip dengan Anime

Fimela.com, Jakarta Anime merupakan animasi asal Jepang yang mulai populer dari tahun 90-an. Banyak sekali anime yang memiliki plot dan karakter yang unik dan menarik untuk diikuti filmnya. Tidak jarang sutradara film-film luar negeri terutama Hollywood menggunakan anime sebagai refrensi filmnya. Berikut adalah daftar nama-nama film yang memiliki plot ataupun karakternya terpengaruh anime.

1. Inception - Paprika

Mempunyai ide cerita yang sama, yaitu tentang mimpi yang menjadi kenyataan. Tidak cuma beberapa adegannya saja yang mirip tapi karakter yang ada dalam filmnya juga hampir sama. bahkan sutradaranya sendiri (Christopher Nolan) mengaku bahwa karya buatan Satoshi Kon tersebut mempengaruhi film Inception.

 Inception - Paprika. Foto: mentalfloss

2. The Hunger Games - Battle Royale

Bagi para penggemar Anime Battle Royale mungkin sudah tahu lebih dulu tentang kemiripan plot cerita antara Hunger games dengan battle royal. Keduanya memiliki konflik utama yang sama dimana sekumpulan orang dipaksa membunuh satu sama lain untuk menjadi pemenang. Tak cuma itu dari peraturan dan tipe pulaunya juga hampir sama.

The Hunger Games - Battle Royale. Foto: mentalfloss

3. Avatar - Princess Mononoke

James Cameron memang merupakan penggemar berat anime. Tidak sedikit karyanya yang terinpirasi dari beberapa anime. Salah satunya adalah film Avatar dimana film tersebut memiliki konsep cerita yang hampir sama dengan Princess Mononoke. Walaupun dibuat ala James Cameron pastinya yang pernah nonton keduanya (Avatar sama Mononoke) ada rada rasa2 sama iya kan

 Poster Avatar. Foto: via khabinh.vn

4. The Matrix - Ghost in The Shell

Dari latar tempat yang hampir sama hingga karakternya, sangat jelas sekali kalau film yang telah memenangkan 4 piala Oscar ini terinsipirasi dari anime yang bertemakan Cyberpunk tersebut. Bahkan produsernya sendiri mengatakan kalau ia ingin membuat versi live-action Ghost in The Shell. Karena anime Ghost in The Shell sendiri sebenarnya sudah populer di Amerika.

 The Matrix - Ghost in The Shell. Foto: mentalfloss.com

5. Monster Inc - My Neighbor Totoro

Memiliki plot yang hampir sama, dimana sama-sama bercerita tentang seorang anak kecil yang berteman dengan monster secara gak sengaja. Walaupun alur ceritanya agak sedikit berbeda. Pixar rupanya mengagumi animasi buatan Ghibli tersebut. Buktinya Totoro (karakter My Neighbor Totoro) pernah menjadi cameo di film 'Toy Story 3'.

Monster Inc - My Neighbor Totoro. Foto: mentalfloss

Nah itu dia lima film Hollywood yang dipengaruhi oleh anime. Bagi penggemar anime pasti sudah mengetahui film Hollywood mana saja yang mempunyai cerita yang hampir sama dengan anime favorit kalian. Namun bukan berarti kalau film tersebut adalah hasil jiplakan loh. 

Baca Juga: 6 Anime Penghilang Stres

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading