Sukses

Entertainment

Kikan: Tanah ini Diizinkan untuk Diinjak oleh Perbedaan

Fimela.com, Jakarta Pada hari ini (17/8/2015), Indonesia genap berusia 70 tahun. Di usianya yang ke-70 tahun, Indonesia masih saja dihadapkan dengan berbagai masalah. Oleh karena itu, beberapa selebriti seperti Kikan, Yosi Mokalu, Tora Sudiro, Tika Panggabean, Tamara Geraldine dan lain-lain membuat video yang berisi tentang salah satu contoh masalah yang ada di Indonesia.

Mereka mengangkat masalah nasionalisme yang akhir-akhir ini semakin terkikis. Mungkin saja nasionalisme mulai terkikis karena faktor globalisasi, ekonomi, budaya asing dan lain-lain.

Indonesia (via anuresblog.files.wordpress.com)

Salah satu contohnya adalah saat Pemilu 2014 lalu, banyak dari kita yang saling membenci gara-gara berbeda pendapat saja. Karena inilah, selebriti seperti Kikan, Yosi Mokalu, Tora Sudiro, Tika Panggabean, Melanie Subono, Tamara Geraldine dan lain-lain ingin membangkitkan kembali rasa nasionalisme.

Puisi pada video berjudul Kami Indonesia tersebut dibuat oleh Yosi Mokalu atau yang biasa dikenal dengan Yosi Project Pop. Yosi pun seakan menekankan bahwa perbedaan seperti warna kulit dan kepercayaan, jangan sampai memecah belah persatuan.

'Saudaraku.... saya Indonesia. Bukan karena pilihanku, tapi itu takdirku. Saya Cina. Saya Pribumi. Saya Muslim. Saya Nasrani. Saya punya agama. Saya Indonesia,' begitulah cupilkan puisi yang dibuat oleh Yosi.

Baca juga: Berbagai Gaya Artis Ucapkan Hari Kemerdekaan Indonesia

Mungkin semangat nasionalisme saat ini sedang tertidur pulas karena tidak menemukan lagi panggung kepentingannya di hati bangsa Indonesia. Menginggatkan bahwa menjadi bagian dari bangsa ini adalah takdir yang membanggakan. Kami Indonesia, bagaimana dengan Anda?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading