Sukses

Entertainment

6 Aktor yang Pernah Berperan Menjadi Soekarno

Fimela.com, Jakarta Suatu kebanggaan ketika seorang aktor dapat melakoni peran sebagai tokoh negara. Apalagi ia adalah proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Berikut Bintang.com rangkumkan enam aktor yang pernah melakoni peran sebagai Soekarno.

1. Umar Kayam

Aktor Umar Kayam sudah dua kali tampil sebagai Soekarno. Pertama pada film Pengkhianatan G 30 S/PKI yang rilis tahun 1984, selanjutnya pada film Djakarta 1966. Keterlibatan Umar di dua film ini dibawah arahan sutradara Arifin C. Noer.

Umar Kayam. Foto: via blog.digishelf.co.id

2. Martin Schwab

Para sineas Belanda rupanya juga pernah memasukan nama Soekarno dalam film televisi berjudul Soekarno Blues. Aktor Martin Schwab terpilih untuk melakoni peran Soekarno. Film yang rilis pada 30 Desember 1999 itu disutradarai oleh Hans Hylkema.

Martin Schwab saat berperan sebagai Soekarno. Foto: via filmfestival.nl

3. Mike Emperio

Mike Emperio pernah berperan sebagai Soekarno dalam film The Year of Living Dangerously. Film yang produksi Australia itu pertama kali rilis pada 1982. Sederet bintang ternamaan yang ikut tampil seperti Mel Gibson, Michael Murphy, Linda Hunt dan Sigourney Weaver.

Mike Emperio.

4. Soultan Saladin

Aktor kawakan Soultan Saladin pun pernah berkesempatan tampil sebagai Soekarno di film Gie. Kemampuan akting Soultan semakin teruji dalam film arahan Riri Riza itu. Pasalnya aktor berusia 65 tahun ini diharuskan beradu akting dengan para bintang muda seperti Nicholas Saputra, Wulan Guritno dan Lukman Sardi.

Soultan Saladin. Foto: via hendysangjuragan.wordpress.com

5. Imam Wibowo

Tokoh Soekarno juga tampil di film drama epik sejarah, Soegija. Aktor yang berkesempatan memerankan Soekarno yaitu Imam Wibowo. Film ini mengisahkan tentang tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Ternyata tak hanya di Soegija, Imam juga berperan sebagai Soekarno di film Ruma Maidaa dan Sang Kiai. 

Imam Wibowo. Foto: via hendysangjuragan.wordpress.com

6. Ario Bayu

Setelah tampil sekilas di beberapa film, Soekarno kemudian 'bersolo karir'. Aktor Ario Bayu terpilih untuk melakoni peran sebagai proklamtor kemedekaan tersebut. Namun sayang, akting Ario justru menuai kritikan. Bahkan nama Anjasmara muncul sebagai saingan yang disebut-sebut lebih cocok untuk berperan sebagai Soekarno.

Film Soekarno. Foto: Tumblr

Nah, itu dia enam aktor yang pernah berperan sebagai Soekarno. Jasa Soekarno untuk kemerdekaan Indonesia memang sangat besar. Sudah sepantasnya, kita meneruskan semangat juang Soekarno.

Baca Juga: Tokoh Soekarno Pernah Jadi Cameo di Film Pengkhianatan G 30 S/PKI

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading