Sukses

Entertainment

8 Nominasi FFB 2015 untuk Guru Bangsa Tjokroaminoto

Fimela.com, Jakarta Sutradara Garin Nugroho sudah sering mendapat apresiasi berkat karya filmnya. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika film Guru Bangsa Tjokroaminoto mendapat 8 nominasi di Festival Film Bandung (FFB) 2015.

Film ini mengisahkan perjuangan Raden Oemar Said Tjokroaminoto atau kemudian lebih dikenal dengan Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat. Ia tidak diam saja melihat kondisi tersebut. Walaupun lingkungannya adalah keluarga ningrat yang mempunyai hidup nyaman dibandingkan dengan rakyat kebanyakan saat itu. Hatinya merasa terbelenggu.

Guru Bangsa, Tjokroaminoto. Foto: Twitter

Ia berani meninggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan untuk merasakan penderitaan sebagai rakyat jelata. Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama yang terbesar, sehingga bisa mencapai 2 juta anggota. Ia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera di awal 1900 yang terjajah.

Baca Juga: Berkat 3 Semprul Mengejar Surga 3 Andhika Pratama Tembus FFB 2015

Perjuangan ini berbenih menjadi awal-awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan. Tak lama setelah menikah dengan Suharsikin, Tjokro pindah ke Surabaya dan dari situlah perjuangannya semakin berkembang. Tjokro yang intelektual, pandai bersiasat, mempunyai banyak keahlian, termasuk jago silat, ahli mesin dan hukum. Ia juga penulis surat kabar yang kritis, orator ulung yang mampu menyihir ribuan orang dari mimbar pidato.

Guru Bangsa, Tjokroaminoto

Festival Film Bandung 2015 menganjar Guru Bangsa Tjokroaminoto dengan 8 nominasi yaitu Film Terpuji, Sutradara Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, Penulis Skenario Terpuji, Penata Editing Terpuji, Penata Kamera Terpuji, Penata Artistik Terpuji, dan Penata Musik Terpuji. Menang atau kalah, nominasi ini telah membuktikan kesungguhan Garin Nugroho dalam membuat sebuat film. Jawaban pemenangnya bisa didapat saat malam anugrah ajang Festival Film Bandung (FFB) yang akan digelar pada 12 September mendatang di Monumen Perjuangan Rakyat, Bandung, Jawa Barat dan akan disiarkan langsung oleh SCTV.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading