Sukses

Entertainment

Makna Hari Pahlawan di Mata Tiga Artis

Fimela.com, Jakarta Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah dan menghargai jasa pahlawannya. Sebab itu, artis Vina Panduwinata, Cakra Khan dan Angel Pieters menyebut 10 November sebagai tanggal penting bagi masyarakat untuk mengenang jasa pahlawan yang telah mengorbankan hidup demi menjaga dan mempertahankan negara.

Sepuluh November merupakan tanggal dan bulan yang memiliki arti penting dalam sejarah revolusi nasional Indonesia. Sebab di tanggal itu terjadi pertempuran pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdakaan yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

"Memang ada momen-momen yang harus dikukuhkan supaya generasi selanjutnya tahu. Hari pahlawan memang harus karena mengingatkan kita kepada orang-orang yang melakukan sesuatu untuk kita. Makanya di sekolah-sekolah sering melakukan kegiatan khusus," ujar Vina Panduwinata di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (9/11/2015) malam.

Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Pusat, Senin (5/10/2015), perempuan berusia 18 tahun ini meminta agar berita tidak menyenangkan tersebut segera diluruskan. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Sayangnya, tiap tahun peringatan itu terasa hanya seremoni belaka tanpa menghayati nilai perjuangan yang diwariskan para pahlawan. Sebagai generasi penerus, sudah seharunya kita turut mengisi kemerdekaan ini dengan apa yang kita kuasai demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi.

"Memajukan bangsa ini bukan cuma tugas pemerintah, bukan tugas orang penting saja. Yang meneruskan negara merdeka adalah kita-kita ini sebagai warga negara Indonesia," ujar Angel Pieters di tempat yang sama.

Menurut Cakra memenangkan suatu penghargaan sebenarnya bukanlah jaminan utama untuk kesuksesan karier. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Nyatanya sebutan pahlawan bukan hanya bagi mereka yang membela negara dengan mengangkat senjata. Orang yang telah memberikan jiwa raga kepada Indonesia tanpa pamrih pun bisa disebut pahlawan. Baik di bidang pendidikan, sosial, atau bahkan seni budaya seperti yang dilakukan Vina Panduwinata, Cakra Khan, dan Angel Pieters. "Di manapun saya bernyanyi selalu bawa nama Indonesia," kata Cakra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading