Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Entertainment

7 Fakta Hedy Lamarr

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu membuka Google kemarin, kamu akan dipersembahkan dengan doodle yang paling brilian: video satu menit yang mencatat kehidupan aktris Hollywood yang berubah menjadi penemu, Hedy Lamarr, untuk menghormati ulang tahunnya yang ke-101. Ilustrasi gaya 1940-an menggambarkan kebangkitan ketenarannya, peran terkenal, minat mendalam dalam ilmu pengetahuan, dan salah satu titik balik pada waktu Perang Dunia II ketika ia menciptakan sebuah sistem komunikasi penting untuk militer, yang masih digunakan dalam WiFi, Bluetooth, dan GPS.

Dengan sederet prestasinya tersebut, berikut adalah tujuh fakta menarik tentang perempuan yang pernah dijuluki sebagai perempuan tercantik di dunia ini dilansir dari Elle USA.

 

1. Hedy Lamarr bukan nama sebenarnya. Dia lahir di Wina, Austria, pada tahun 1914 dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler. Dia mengubah namanya pada tahun 1938 ketika membintangi film Hollywood yang pertama, Algiers.

Hedy Lamarr (via hedylamarr.org)

2. Dia membuat nama untuk dirinya sendiri dengan mengalami orgasme di depan kamera. Hedy mulai berakting di usia 17 tahun. Film Extase yang dibintanginya menarik perhatian produser Hollywood karena film tersebut menggambarkan ketelanjangannya dan menampilkan close-up wajahnya yang porno menurut standar tahun 1933.

Hedy Lamarr (via khanshahebaz.blogspot.com)

3. Dia belajar tentang teknologi radio dari mantan suami. Pernikahan pertamanya adalah dengan Friedrich Mandl, seorang produsen senjata kaya yang melakukan bisnis dengan industrialis Nazi. Hedy mengaku Friedrich akan membawanya ke pertemuan bisnis karena keterampilan matematikanya. Selama pertemuan tersebut ia belajar tentang teknologi militer dan radio.

Friedrich Mandl (via wikitree.com)

4. Dia melarikan diri dari pernikahan dan tanah airnya untuk Hollywood. Karena Nazi mendekat sekitar tahun 1938, Hedy melarikan diri dengan kapal dengan produser Louis B. Mayer sebagai penumpang. Louis sudah mengenalinya berkat Extase. Pada akhir perjalanan, ia mendapatkan kontrak USD 600 seminggu dengan MGM (perusahaan yang salah satu pendirinya adalah Louis).

Louis B. Mayer (via toutlecine.challenges.fr)

5. Hollywood menjemukannya. Dia pernah mengatakan, “Any girl can be glamorous. All you have to do is stand still and look stupid,” untuk menyimpulkan pemikirannya tentang perannya di Hollywood. Meskipun menemukan kesuksesan di AS, dia merasa tidak puas. Ini adalah ketika ia berubah menjadi penemu.

Quote Hedy Lamarr (via quotediva.com)

6. Dia menciptakan sebuah Secret Communication System yang teknologi modern andalkan pada hari ini. Ide rahasianya ini kemudian dikenal sebagai frequency hopping, sebuah teknologi yang masih digunakan di Bluetooth, GPS, dan WiFi.

Hedy Lamarr ( via youtube.com)

7. Dia tidak pernah mendapat sepeser pun untuk penemuannya. Paten yang dia punya untuk sistem komunikasi berakhir pada tahun 1959. Tetapi konsep itu digunakan tiga tahun kemudian pada waktu Cuban Missile Crisis. Pada tahun 1998, dua tahun sebelum ia meninggal, dia mendapat pengakuan dalam bentuk Pioneer Award dari The Electronic Frontier Foundation. “It’s about time,” katanya.

Fatale Weapon: The Unsung Legacy of Hedy Lamarr (AFP/Bintang.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading