Sukses

Entertainment

Senyap, Film Tentang G30S/PKI, Masuk Nominasi Oscar 2016

Fimela.com, Jakarta Daftar nominasi Oscar 2016 atau Academy Awards 2016 sudah diumumkan. Ajang penghargaan film paling bergengsi ini tak hanya memberi penghargaan untuk film layar lebar, tapi juga film dokumenter. Yang menarik, salah satu film yang masuk nominasi kategori Best Documentary Feature atau Film Dokumenter Terbaik adalah The Look of Silence atau Senyap.  

Film dokumenter kontroversial bertema Hak Asasi Manusia ini merupakan produksi Denmark. Meski begitu, Senyap disutradarai oleh sineas Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer yang kebetulan tinggal di Denmark.

Joshua Oppenheimer sutradara film The Look of Silence/Senyap. foto: commons.wikimedia.org 

Baca Juga

The Look of Silence akan bersaing dengan empat film dokumenter terbaik lainnya dari seluruh dunia yang juga masuk dalam nominasi yaitu Amy, Cartel Land, What Happened Miss Simone, dan Winter’s on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom.  Senyap merupakan karya kedua dari Joshua yang menyorot pada peristiwa pembantaian masal di era G30S/PKI setelah sukses dengan film The Act of Killing (Jagal) di tahun 2012.

Jagal juga meraih nominasi Oscar di tahun 2014 di kategori yang sama.  Berbeda dengan The Act of Killing yang menilik dari sudut pandang para pembantai, Senyap meletakkan sudut padang penceritaan filmnya pada keluarga dari korban pembantaian keji tersebut. 

The Look of Silence - Senyap. Foto: Youtube

Senyap menceritakan tentang Adi, lelaki Indonesia yang keluarganya dituduh sebagai anggota PKI pada era tahun 1965. Sebagai penjual kacamata, Adi kemudian berkeliling untuk mengorek informasi dan mewawancarai para pembantai yang telah mengeksekusi kakaknya dengan keji saat peristiwa G30S/PKI dulu.

Di Indonesia sendiri, Senyap hanya diputar di sejumlah festival. Salah satunya adalah di peringatan Hari Hak Asasi Manusia Internasional. Senyap diputar di sejumlah tempat di Indonesia pada 10 November 2014. Kita tunggu saja apakah The Look of Silence atau Senyap bisa berjaya di ajang Oscar 2016.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading