Sukses

Entertainment

Eksklusif Kerispatih, Konser Solo Jadi Pelengkap Album 'DELAPAN'

Fimela.com, Jakarta Sebagai band yang sudah malang melintang di industri musik tanah air, nama Kerispatih pasti sudah tak asing lagi di telinga kalian. Grup yang baru saja merilis album baru tahun lalu ini siap menggebrak industri tanah air dengan sebuah konser tunggal.

Berbeda dengan Kerispatih yang biasanya, kali ini Badai dan kawan-kawan mencoba memberikan sentuhan berbeda lewat sebuah konser akustik. Pemilihan konsep akustik sebagai konser diakui mereka sebagai cara untuk memberikan sesuatu yang berbeda.

Jika biasanya Kerispatih selalu akrab dengan penampilan full band, maka kali ini mereka mencoba memberikan kesan intim lewat konser akustik. Dalam konser yang digelar pada 13 Februari mendatang, Kerispatih tentunya telah mempersiapkan segala hal dengan seksama.

Ekskusif Kerispatih (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Konser ini sendiri juga merupakan rangkaian project di album terbaru mereka yang bertajuk 'DELAPAN'. Sama halnya dengan konser yang bakal mereka gelar, album 'DELAPAN' juga memiliki nuansa akustik yang belum pernah ditawarkan oleh Kerispatih sebelumnya.

Para Mahapatih (Sebutan fans Kerispatih) tentunya akan dibuat penasaran dengan konsep akustik yang mereka bawakan dalam konser kali ini. Badai sendiri sebagai leader band juga menyatakan bahwa dalam konser kali ini Kerispatih akan membuat para penggemarnya terhanyut dengan sejumlah lagu andalah.

Beberapa waktu lalu ketika Kerispatih berkunjung ke kantor Bintang.com, mereka bercerita panjang lebar mengenai konser tersebut. Bahkan Badai dan kolega juga menceritakan tentang konsep album 'DELAPAN' yang bernuansa akustik.

Ekskusif Kerispatih (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Selain album dan konser, Kerispatih juga sedikit bercerita tentang pengalaman mereka ketika menyanyikan lagu karya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penasaran bagaimana cerita Kerispatih dalam menyambut konser tunggal mereka? Yuk simak petikan wawancara tim Bintang.com bersama mereka berikut ini.

Persiapan Konser dan Alasan Memilih Konsep Akustik

Sejauh apa persiapan konser kalian?

Persiapan untuk konser kita udah latihan dan kita tentukan konsep acara tanggal 13 Februari besok. Kita juga udah latihan buat persiapan konser. Jadi kita udah persiapkan dengan baik.

Siapa saja musisi yang bakal terlibat dalam konser tersebut?

Musisi ada 3 tambahan additonal player. Ada Saxofone, Backing Vocal Sama Violin sekaligus Backing Vocal.

Apa yang spesial dari konser kali ini?

Yang spesial karena ini konser akustik pertama Kerispatih, dan udah lama banget nggak ada konser dengan konsep akustik setahu kita. Konser ini juga bakal kita rekam secara audio dan video dan dijadikan CD karaoke. Karena pihak Nagaswara memang membutuhkan dan kami juga memang ada rencana bikin konser.

Apa yang kalian tawarkan dalam konser kali ini?

Kita disini bakal banyak menampilkan banyak aransemen akrobatik. Banyak detail yang perlu diperhatikan. Banyak aransemen lagu Kerispatih yang kami bawakan. Yang jelas bakal berbeda.

Ekskusif Kerispatih (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Kenapa memilih konsep akustik?

Karena memang di album kita yang berjudul 'DELAPAN' temanya akustik. Terus sudah lama juga nggak ada yang konser akustik setahu kita. Terus biasanya kita kalo konser full musik. Jadi kali ini kita coba usung tema akustik biar beda.

Apa konser ini merupakan rangkaian project album 'DELAPAN'?

Jadi sebenarnya konser ini memang ada hubungannya dengan album terakhir kita yaitu album 'DELAPAN' yang dikeluarin 8 agustus 2015. Itu juga merupakan album greatest hits kita yang terdiri dari 13 lagu lama dan 2 lagu baru yang kita aransemen semuanya jadi versi akustik. Cuma bedanya di album 'DELAPAN' ini kita rekaman live di studio tanpa penonton. Jadi sekarang yang kita ambil adalah ambience penonton, ambience penonton yang nyanyi, tepuk tangan penonton dan suasananya. Nanti akan kita juga bakal produksi audio dan visualnya dalam bentuk CD. Terus kita juga bakal bikin CD karaoke.

Apa alasan kalian bakal buat CD Karaoke untuk konser ini?

Karena pendapatan Kerispatih dari karaoke banyak banget. Jadi dari segi bisnis memang bagus. Tujuannya adalah mengurangi pembajakan dari gambar. Jadi banyak banget tempat karaoke yang mengambil gambar yang tidak original. Jadi dengan CD ini mau nggak mau mereka bakal pakai yang original.

Ekskusif Kerispatih (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Apa kalian bakal membawakan lagu-lagu bertema cinta yang selama ini menjadi ciri khas Kerispatih?

Yang pasti lagu cinta bakal berkuasa. Kita akan menyita perhatian orang-orang dengan lagu hits kita. Yang jelas nanti ada beberapa lagu yang kita ubah aransemennya.

Kerispatih kan biasa main full band, bagaimana persiapan kalian untuk mempersiapkan konser akustik ini?

Kalo komposisi akustik sudah kita pikirkan, karena bukan kebiasaan kita untuk bermain akustik. Ada beberapa komposisi yang kita ganti dan benar-benar kita mainkan secara akustik. Tentunya emosi harus ditahan karena semua harus terdengar jelas dan detail. Makanya kompisisinya kita rapihin, tapi bukan untuk bikin suasana jadi drop. kita juga bakal main seperti biasa, kayak ngeband seperti biasa. Cuma komposisinya aja yang beda.

Project Album 'DELAPAN' Hingga Bawakan Lagu SBY

Sebenarnya konser ini ditujukan untuk siapa?

Jadi konser ini memang ditujukan untuk para pasangan yang hadir sama buat fans kita juga yang sudah menemani kita selama ini. Kebetulan momenya kan pas sebelum Valentine.

Kendala apa yang kalian hadapi dalam mempersiapkan konser ini?

Kalo kesulitan banyak karena ketidakbiasaan tadi. Bahkan buat persiapan album 'DELAPAN' aja udah ribet banget. Kita hampir setahun waktu persiapan album 'DELAPAN. nge-list lagunya banyak dan kita live langsung rekaman dan tanpa metronome. Hanya 2 lagu yang pakai metronome selebihnya enggak. Kalo di off air kan main tanpa metronome nggak masalah karena memang tujuannya untuk off air. Kalo ini kan direkam. Tapi selama kita rekaman aman-aman aja.

Ekskusif Kerispatih (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Apa harapan kalian di konser kali ini?

Yang pasti memperlakukan Mahapatih dengan intim. Makanya kita kan konsernya pake konsep intimate concert. Jadi kita berharap yang dateng fans sejati dan tahu bener lagu-lagu Kerispatih.

Di album 'DELAPAN' kan ada 13 lagu lama, mengapa memilih 13 lagu tersebut untuk diaransemen ulang?

Sebenarnya kita penggennya ada 2 lagu baru di album ini. Terus 13 lagu lama di album ini adalah hits single Kerispatih. Kenapa pilih 13 lagu ini karena perform kalo bawain lagu itu penonton pasti ikut nyanyi. 13 lagu itu lagu-lagu yang banyak diminati fans. Jadi bisa dibilang 13 lagu itu lagu terbaiknya Kerispatih

Jarak album 'DELAPAN' dan album sebelumnya kan lumayan jauh, kenapa?

Karena banyak pemikiran. Kita juga melihat kondisi industri musik. Jadi akhirnya kita berpikir memang belum saatnya merilis album pada saat itu. Makanya di tahun 2015 kita bikin album karena merasa sudah waktunya. Tapi harus ada yang berbeda juga. Kalo kita bikin album yang itu itu aja pasti bosen. Jadi kita bikin dengan konsep yang baru.

Ekskusif Kerispatih (Foto: Febio Hernanto, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Ceritakan pengalaman kalian ketika membawakan lagu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono?

Sebenarnya yang mengajak kita itu beliau sendiri. Karena belia memang mau bikin album pada saat itu. Dan itu album pertamanya Pak SBY. Kebetulan Kerispatih adalah band yang beliau suka. Jadi kita bukan bawain lagu kita, tapi lagunya bapak. Kita sendiri hanya mengaransemen ulang lagu tersebut. Terus lagu tersebut juga masuk di albumnya kerispatih yang 'Tak Lekang Oleh' waktu di track terakhir yang berjudul 'Kawan'. Terus kita sempat syuting video klip di istana juga tapi nggak dirilis sih video klipnya.

Bagaimana perasaan kalian membawakan lagu pak SBY?

Senang karena kita bisa bawain lagu beliau. Ketika itu juga beliau masih menjabat sebagai presiden. Kita juga nggak pernah menyangka bisa interview, main musik, dan syuting video klip di istana. Kan itu istana negara lambang kekuatan negara. Kita bangga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading