Sukses

Entertainment

Kisah Dibalik Piala Oscar

Fimela.com, Jakarta Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film Amerika untuk menghargai karya dalam industri film. Berbagai kategori pemenang diberikan penghargaan berupa sebuah salinan patung oleh Academy Award of Merit, yang lebih dikenal dengan julukan Oscar.

Patung berlapis emas juga disajikan sebagai Academy Award of Merit. Ini memiliki basis logam hitam dan berat 8,5 £ 13,5 inci dan ksatria tinggi memegang pedang tentara salib berdiri di atas gulungan film dengan lima jari-jari, yang mewakili lima kategori utama penghargaan.

Kisah di balik piala Oscar.

Patung Oscar berlapis emas setinggi 34 cm itu akan diberikan kepada aktor, aktris dan insan perfilman terbaik di ajang Academy Awards. Banyak orang yang penasaran ingin tahu siapa sosok di balik figur Piala Oscar yang terkenal ini.

Piala Oscar merupakan replika bentuk tubuh aktor pendatang baru tahun 1920-an, Emilio Fernandez. Dia direkrut Kepala Artistik Studio MGM saat itu, Cedric Gibbons, untuk menjadi model desain trofi Academy Awards tahun 1929. Ia lalu diminta berpose telanjang agar pematung George Stanley bisa mengambil postur tubuhnya. 

Piala Oscar. (foto: pixgood)

Dilansir dari Los Angeles Times, Kamis (25/2/2016), piala ini hanya laku US$ 10 atau sekitar Rp 130 ribu. Itu pun, tak bisa dijual ke sembarang pihak. Piala Oscar, hanya bisa dijual kembali ke pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences sebagai penyelenggara Academy Awards.

Bila para pemilik Oscar ini ketahuan menjual pada orang lain, mereka harus siap-siap berhadapan dengan para pengacara Academy. Kebijakan ini, menjadi bagian dari strategi Academy untuk melindungi hak cipta dan hak paten Oscar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading