Sukses

Entertainment

Glenn Fredly Manfaatkan Teknologi untuk Berkarya

Fimela.com, Jakarta Musisi Glenn Fredly digandeng sebuah perusahaan ternama yang memperkenalkan aplikasi berbasis digital untuk musik. Ia mengaku senang dengan kehadiran sebuah aplikasi yang mampu membantu dan mendukung musisi dalam berkarya bernama 'Alfatainment'.

"Ini menarik, sejak awal konten ini mulai dibicarakan saya sudah tertarik. Bicara distribusi, susah sekali era ini, apalagi era digital. Dengan adanya Alfatainment ini, maka distribusinya semakin jauh mudah juga. Buat saya ini penting, bagaimanapun, utamanya bagi musisi adalah mendapatkan akses tanpa halangan, rintangan," kata Glenn Fredly ditemui di kawasan Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2016).

Sebagai musisi, kata Glenn, hadirnya Alfatainment akan semakin memudahkan para penikmat musik membeli karya secara digital. Di sisi lain, ungkap Glenn, aplikasi berbasis digital tersebut juga bagian dari secercah harapan memberantas pembajakan yang terjadi di Indonesia.

Glenn Fredly (Andy Masela/Bintang.com)

"Secara bisnis dan idealis bisa bertemu dalam formula untuk musik masa depan. Sebuah terobosan baru juga di dunia musik Indonesia. Saya senang, posisi musisi dengan pihak pebisnis bisa sejajar. Menempatkan musisi sebagai pemililk bukan perantara dengan pebisnis," terangnya menambahkan.

Perkembangan era digital diakui Glenn Fredly tidak bisa dihindari. Globalisasi serta perdagangan bebas yang kemudian seringkalinya terjadi monopoli dalam berbisnis justru menjadi malapetakan bagi para pembuat karya, khususnya dalam bisnis.

"Perubahan dalam tiga tahun, ini era di mana kekuatan digital sulit dimonopoli dalam bisnis. Siapa saja bisa bekerjasama dengan siapapun. Saya bisa bekerjasama dengan siapapun yang saya mau, dalam musik," jelas pelantun 'Januari'.

Glenn Fredly (Andy Masela/Bintang.com)

Menurut pria kelahiran 30 September 1975 silam tersebut, ini adalah era digital di mana era kolaborasi tidak bisa dipisahkan. "Ini era kolaborasi, kalau gak bisa kolaborasi ya siap terhempas dengan waktu dan menghilang. Ini era gotong royong digital, jadi manfaatkan itu," paparnya.

Untuk hasil kerjasama, atau biasa disebut Royalty, Glenn mengutarakan ketertarikannya dengan bekerjasama bukan berawal dari hitungan uang. Meski menurutnya penghasilan menjadi perbincangan dalam hal apapun ketika melakukan kerjasama.

"Ya ada lah (royalty). Tapi saya katakan, karena ini menyenangkan, kalau ndak saya gak mau gabung. Ini baru, menarik, terobosan baru dalam era digital khususnya dalam musik saat ini," tukasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading