Sukses

Entertainment

Sindentosca: Isyana Sarasvati Nyanyi Kepompong Tanpa Izin

Fimela.com, Jakarta Hak cipta masih jadi persoalan yang pelik di industri hiburan tanah air. Kian lama menjamur, akhirnya banyak seniman yang 'bersuara'. Yang terbaru adalah Sindentosca, pencipta lagu 'Kepompong' yang tengah bermasalah dengan Isyana Sarasvati.

Keresahan Jalu, nama asli Sindentosca diungkapkannya lewat media vlog. Diunggah pada 1 Juni kemarin, video ini pun tersebar dengan cepat di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube.

Isyana Sarasvati kena protes pencipta lagu Kepompong (Nurwahyunan/Bintang.com)

Curhatan Sindentosca ini terkait lagu 'Kepompong' yang dinyanyikan Isyana Sarasvati tanpa seizin dirinya. Apalagi lagu tersebut dibawakan dalam sebuah acara televisi yang disaksikan jutaan pasang mata penduduk Indonesia.

Awalnya Jalu tak mengetahui tentang hal ini sampai ia mendapat laporan dari salah seorang temannya. Setelah dikonfirmasi kebenarannya ia sangat menyayangkan terjadinya pelanggaran hak cipta, atau yang disebut performing right tersebut.

"Kupikir kalau Isyana-nya nggak tahu apa-apa ya, dia cuma nyanyi. Mungkin manajemennya atau pihak yang punya acara, aku nggak tahu sih siapa yang mesti bertanggung jawab. Pokonya harus ada yang bertanggung jawab," kata Sindentosca melalui videonya.

Performing right sebenarnya bukan topik baru yang muncul ke permukaan, hanya saja para seniman rasanya sudah lelah menanti kesadaran penyelenggara terkait hal tersebut. Selain Sindentosca yang bermasalah dengan Isyana Sarasvati, musisi Erix Soekamti juga turut berkomentar tentang performing right. Intip videonya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading