Sukses

Entertainment

4 Film Tentang Nabi Muhammad SAW yang Menginspirasi

Fimela.com, Jakarta Meskipun tak boleh divisualisikan, namun banyak yang membuat film tentang kisah hidup Nabi Muhammad SAW. Beberapa film yang menampilkan Nabi Muhammad menuai protes keras. Namun, ada beberapa film yang berhasil menginspirasi meskipun tak memberikan penampilan fisik Nabi Muhammad SAW.

Lewat film, penonton bisa mengenal sosok Nabi Muhammad dan memahami perjuangan hidup Beliau. Berikut Bintang.com rangkumkan 4 film tentang Nabi Muhammad SAW yang menginspirasi.

1. The Message
The Message adalah film lawas produksi tahun 1977. Film ini disutradari oleh Mostapha Akkad. Meskipun tak ada penampakan Nabi Muhammad, namun penonton bisa merasakan kehadiran Beliau. The Message bercerita mengenai awal kemunculan dan penyebaran agama Islam.

Kisah yang disajikan di film ini adalah kisah Nabi Muhhammad saat menyampaikan wahyu secara diam-diam di Arab, dilanjutkan hijrah ke Madinah, dan kembali ke Arab lewat perjuangan panjang. Ada dua versi dari film ini, yaitu versi Arab dan Inggris. Versi Arab diluncurkan pada tahun 1976, setahun sebelum versi Inggris. Film ini juga dinominasikan sebagai finalis kategori “Kisah Orisinil Terbaik” di Academy Awards ke 50.

2. Mohammad, Messenger of God
Dalam sejarah perfilman Iran, film Mohammad, Messenger of God menjadi film paling mahal dengan enelan anggaran hingga 40 juta dolar AS atau setara Rp 588 miliar. Film ini menawarkan kisah kehidupan masa kecil Nabi Muhammad sejak lahir hingga remaja. Di beberapa negara film ini mendapat protes karena namampilkan kaki saat bayi dan bagian belakang kepala Nabi Muhammad SAW saat remaja.

Selebihnya tak ada penampilan fisik Nabi Muhammad SAW di sini. Hanya ditampilkan sosok putih yang bercahaya. Mereka juga mengecam penggunaan nama Nabi Muhammad sebagai judul film. Mereka menilai itu bisa disalah artikan sebagai wujud mengkritisi kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Film ini disutradari oleh Majid Majidi. Majid membuat film ini untuk memerangi Islamofobia atau ketakutan terhadap Islam. Film ini ditargetkan akan menjadi kisah dalam bentuk trilogi, dimana seri pertama bercerita soal masa kecil Nabi.

3. The Life of Muhammad
Film The Life of Muhammad adalah film dokumenter yang diproduksi tahun 2011. Sutradara Faris Kermani ingin memberikan gambaran kehidupan Nabi Muhammad dengan napak tilas kehidupan Nabi Muhammad di Arab. Film dokumenter ini mencoba menbedah jalan hidup Rasulullah. Ada tiga bagian dalam film The Life of Muhammad: The Seeker, Holy Wars, dan Holy Peace.

4. Muhammad: The Last Prophet
Film Muhammad: The Last Prophet diproduksi pada tahun 2002. Ini merupakan film animasi yang disutradarai Ricarhd Rich. Kisahnya membahas soal awal kehidupan serta penyebaran agama Islam oleh Rasulullah. Ada tiga babak cerita; Before the Light (kisah awal kakek Nabi Muhammad SAW), Salman the Persians (kisah Salman mencari hidayah), dan Great Woman of Islams (peranan wanita di awal kemunculan Islam).

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading