Sukses

Entertainment

Film Mimpi Anak Pulau Terinspirasi Pendidikan di Daerah Terpencil

Fimela.com, Jakarta Gani Lasa (50) salah satu tokoh Pulau Batam mengispirasi film Mimpi Anak Pulau. Saat kecil Gani hidup dalam kondisi keterbatasan, miskin, namun dia tak menyerah dengan pendidikan. Gani Lasa kecil punya mimpi, dan ia pun berjuang mewujudkan untuk mewujudkannya.

Gani Lasa menjadi salah satu dari tiga Sarjana pertama dari Pulau Batam. Kini Gani Laza menjadi salah satu tokoh berpengaruh, sejalan dengan menjelmanya Pulau Batam sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kisah inspiratif Gani Lasa pun menggugah Nadienne Batam Production dan Studiopro 1226 Jakarta untuk diangkat ke layar lebar, sebagaimana sebelumnya telah dibukukan dalam Novel Mimpi Anak Pulau oleh Abidah El Khalieqy, penulis Perempuan Berkalung Sorban.

Mimpi Anak Pulau. Foto: via imagin3film.com

"Saya merasa terharu dan tak percaya dengan adanya film Mimpi Anak Pulau. Tetapi ini kisah nyata dari kehidupan saya, anak pulau yang tidak punya apa-apa. Sekarang Batam jadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi, tetapi dulunya saat kami kecil, ini pulau terpencil, dihuni pendatang dari Sulawesi, pulau Slayar, yang berlayar ke Singapura," kata Bapak Gani Lasa dalam konferensi pers pemutaran perdana Film Mimpi Anak Pulau di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (13/8).

Menurut Gani, perjalanan hidupnya memang merupakan mimpi yang sesungguhnya jadi kenyataan. "Karena memang dalam hidup saya, saya melihat kondisi keluarga yang sangat susah. Saya rasa berat sekali. Saya pun berpikir, bisa berbahaya bebannya nanti. Untuk itu saat SD, saya baca buku tentang orang besar," ungkap Gani Lasa.

Bahkan, kuatnya keinginan untuk sekolah pun terbawa dalam tidurnya. "Dari situ ada keinginan untuk belajar dan sukses. Sampai mimpi, ngigau, ingin sekolah. Tetapi kata bapak saya, kita miskin, tidak bisa untuk sekolah. Tetapi saya tetap belajar dan kerja keras," ujar Gani Lasa.

Salah satu adegan dalam film Mimpi Anak Pulau. [Foto: Instimewa]

Dia pun berharap, film Mimpi Anak Pulau ini merespon para orang tua di daerah terpencil yang masih berpikir sama seperti orang tuanya di jaman dulu. "Juga semoga menginspirasi anak-anak bangsa. Semoga ada hal yang bisa dipetik dari kisah saya ini," harap Gani.

Selain Ray Sahetapy, film Mimpi Anak Pulau juga diperankan oleh Ananda Lontoh dan Herdin Hidayat. Ada juga aktor cilik pendatang baru Daffa Permana serta pemeran asal Malaysia, Dato Tamimi dan Mardiana Alwi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading