Sukses

Entertainment

Aktor Malaysia Terharu Main di Film Indonesia, Mimpi Anak Pulau

Fimela.com, Jakarta Dato Ahmad Tamimi, aktor senior dari Negeri Jiran Malaysia yang berperan dalam film Mimpi Anak Pulau pun mengaku sangat terharu. Sebabnya, film ini mencoba mengangkat kembali nilai dan sejarah kebangkitan kota Batam dan masyarakatnya, yang sangat kental dengan budaya Melayu.

"Melalui film ini saya merasakan masih aslinya kebudayaan Melayu Riau. Semoga kehebatan Laskar Pelangi mengangkat budaya dan wisata Belitung, maka Mimpi Anak Pulau bisa mengangkat pariwisata Pulau Batam, juga pulau sekitarnya yang masih belum tersentuh penggalian sejarahnya, juga pembangunan yang baik," tukas Dato Ahmad Tamini dalam konferensi pers pemutaran perdana Film Mimpi Anak Pulau di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (13/8).

Ray Sahetapy dan Ananda Lontoh dalam film Mimpi Anak Pulau. [Foto: Istimewa]

Kiki Nuriswan, sutradara fim Mimpi Anak Pulau mengatakan, pelibatan anak-anak Batam asli dalam film ini, terutama pemeran utama Gani kecil, karena logat Batam 90 persen adalah bahasa Melayu. Untuk itu dalam pengambilan gambar, lanjut Kiki, pihaknya membuat setingan film dengan genre family/keluarga ketika Gani masih SD. Kemudian setingan berubah menjadi genre remaja ketika Gani mulai menempuh pendidikan PGA di Tanjung Pinang, dan lanjut ke Yogjakarta.

"Jadi ketika Gani lulus SD, dia berusaha untuk pergi ke Tanjung Pinang. Nah saat sekolah PGA di Tanjung Pingang, Gani baru merasakan nyamannya sepatu. Gani kemudian berjuang lagi dengan susah payah ke Yogjakarta. Jelas bahwa film ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak dan orang tua soal pentingnya pendidikan. Bahwa ada anak yang berjuang mendayung sampan berjam-jam menyeberangi pulau untuk belajar, menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Jadi dimana ada niat, di situ ada jalan," papar Kiki.

Mimpi Anak Pulau. Foto: via imagin3film.com

Semangat tinggi juga ditunjukkaan oleh Daffa Permana, pemeran utama Gani cilik. Daffa mengaku senang dan merasakan perjuangan Gani cilik untuk mendapatkan sepasang sepatu, belajar bekerja keras. "Gani ini waktu kecil jual kopra biar dapat sepatu, sudah dapat duit tetapi tidak cukup. Tunggu lulus kelas enam SD baru dapat sepatu. Saya menikmati peran ini. Senang, cape, tetapi tetap semangat," ujar Daffa.

Selain Ray Sahetapy, film Mimpi Anak Pulau juga diperankan oleh Ananda Lontoh dan Herdin Hidayat. Ada juga aktor cilik pendatang baru Daffa Permana serta pemeran asal Malaysia, Dato Tamimi dan Mardiana Alwi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading