Sukses

Entertainment

Sejarah dan Evolusi Lagu Indonesia Raya dari Masa ke Masa

Fimela.com, Jakarta Lagu kebangsaan adalah salah satu wujud kemerdekaan sebuah negara. Indonesia punya lagu legendaris, Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman yang jadi identitas dan kebanggaan negeri kita.

Indonesia Raya pun kerap berkumandang dalam berbagai acara seperti upacara bendera, olimpiade dan situasi lain yang relevan. Tapi tahukah kamu jika Indonesia Raya yang kita nyanyikan saat ini telah mengalami berbagai perubahan dari awal diciptakannya?

Indonesia Raya alami berbagai perubahan versi (Mochamad Khadafi/Liputan6.com)

Embrio lagu kebangsaan kita pertama dibuat oleh W.R Supratman pada tahun 1926. Beliau merupakan seorang wartawan media cetak sekaligus seniman musik yang mahir memainkan alat musik biola. Lagu Indonesia Raya sendiri ditulis setelah ia menghadiri Kongres Pemuda 1 di Batavia.

Pada 1927 versi pertama lagu ini dicetak dalam piringan hitam, dengan aransemen orkestra yang bernuansa keroncong. Versi ini bertahan hingga akhirnya direkam ulang pada 1942 di akhir kependudukan Jepang di Indonesia. Indonesia Raya berubah jadi lagu mars dengan tiga stanza.

Seperti apa perubahan lagu Indonesia Raya? Selengkapnya bisa kamu saksikan dalam video berikut ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading