Sukses

Entertainment

Naga Bonar: Apa Kata Dunia?

Fimela.com, Jakarta Setiap film memiliki ciri khasnya masing-masing sebagai nilai jual ke penonton. Seperti halnya, film Naga Bonar (1987) yang mengusung drama komedi dalam balutan kisah patriotisme dari sosok pemuda bernama Nagabonar (Deddy Mizwar), asal Sumatera Utara.

Jika Anda sudah menyaksikan filmnya, tentu ingat dengan kata-kata dari sang tokoh utama yang sangat legendaris: "Apa kata Dunia?". Kepopuleran ucapan Nagabonar ini pun terbawa hingga sekuelnya, Nagabonar Jadi 2 (2007). Tak sampai di situ, Dirjen Pajak juga pernah menggunakannya sebagai slogan di sekitar tahun 2008.

Film Naga Bonar (1987). Foto: via naskahkita.wordpress.com

Film Naga Bonar sendiri bercerita tentang sosok Nagabonar (Deddy Mizwar) yang dikisahkan sebagai mantan copet yang memiliki jiwa patriotisme tinggi. Ia mengangkat dirinya menjadi komandan sebuah laskar dan berjuang melawan Belanda. Di sisi lain, Nagabonar terlibat cinta dengan Kirana (Nurul Arifin), anak dokter yang berpihak kepada Belanda.

Kisah-kisah kocak zaman perang dituturkan, termasuk persahabatan Nagabonar dengan Bujang (Afrizal Anoda) dan sikap patuh Nagabonar pada ibunya (Roldiah Matulessy). Film Naga Bonar mengambil setting pasca kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara.

Nurul Arifin (indonesianfilmcenter.com)

Film Naga Bonar berhasil melejitkan nama-nama pemainnya, seperti Nurul Arifin. Pun dengan Deddy Mizwar yang berhasil dinobatkan sebagai Pemeran Pria Terbaik versi Festival Film Indonesia (FFI) untuk kedua kalinya, setelah film Arie Hanggara (1986).

Selain mengantarkan Deddy Mizwar ke podium kemenangan, film Naga Bonar juga sukses menyabet beberapa kategori bergengsi lainnya di FFI 1987 silam. Kategori tersebut di antaranya, Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Cerita Asli Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Musik Terbaik dan Tata Suara Terbaik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading