Sukses

Entertainment

Film 90-an, Amara Lingua Merintis Karir di Musik dan Akting

Fimela.com, Jakarta Salah seorang artis yang melejit pamornya di era 90-an adalah Amara atau lebih dikenal dengan nama Amara Lingua. Ia adalah anggota grup vokal Lingua bersama Frans Mohede dan Arie Widiawan. Meski lebih dikenal sebagai penyanyi, Amara belakangan ini lebih aktif di dunia seni peran terutama di sinetron.

Istri dari Frans Mohede ini memang juga membangun karir di bidang akting. Sebelum dikenal bersama Lingua, Amara lebih dulu dikenal sebagai seorang model yang kemudian berkiprah di sinetron. Pemilik nama lengkap Tuwuh Adijatitesih Amaranggana bahkan menjadi pemain utama bersama Frans lewat sinetron Rembulan Kece yang tayang di Antv di tahun 1995.

Lingua saat syuting video klip 'Mampu Bertahan'. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Di sinetron yang tayang tiap Rabu malam itu Amara dan Frans berperan sebagai sepasang kekasih. Sinetron drama-komedi itu juga menampilkan wartawan dan fotografer senior Edy Bogel sebagai salah seorang pemain pendukung. Saat karirnya di dunia musik bersama Lingua melesat, Amara vakum sejenak dari dunia akting.

Trio Lingua yang dibentuk Yovie Widianto ini menelurkan sejumlah hits seperti Bila Kuingat, Jangan Kau Henti dan Tak’kan Habis Cintaku. Setelah Lingua vakum, Amara kembali beralih ke dunia akting. Ia pun bermain di sejumlah sinetron seperti Cinta Tak Pernah Salah, Menjemput Impian, Cintaku di Rumah Susun, Bukan Impian Semusim, Love in Paris, Halilintar, Cintaku di Langit Taj Mahal, Halilintar dan Aku Jatuh Cinta.

Frans Mohede dan Amara (Instagram/@muaydisco76)

Salah satu yang melejitkan namanya adalah Menjemput Impian yang terinspirasi dari lagu Kla Project berjudul sama. Selain Amara, sinetron itu juga dibintangi oleh Ratna Listy, Donny Damara dan Erna Libby. Setelah dikaruniai tiga orang anak, Amara sempat menepi sejenak dari panggung hiburan. Namun itu tak berlangsung lama.

Wanita yang juga menggeluti olahraga Muay Thai ini kembali bermain sinetron sejak beberapa tahun lalu. seperti sinetron Love in Paris di tahun 2013 dan ditayangkan di SCTV. Sinetron yang juga dibintangi Dimas Anggara, Michelle Ziudith dan Rio Dewanto meraih sukses dan meraih beberapa penghargaan di ajang SCTV Awards.

Amara (Instagram/@amaranggana)

Di Love in Paris, Amara dipasangkan dengan Surya Saputra dan ibu dari Michelle Ziudith. Selain di layar kaca, Amara Lingua juga sempat bermain di beberapa film layar lebar. Wanita kelahiran Jakarta, 8 Juli 1975 ini tampil di film Misi 1511, Tiger Boy dan I Love You From 38000 Feet. Baru-baru ini, Amara kembali aktif bersama Lingua dan baru saja merilis karya terbaru mereka.

Apakah ini berarti Amara akan kembali fokus di dunia musik dan vakum dari dunia akting? Kita tunggu saja. Yang pasti, nama Amara bersama Lingua masih dikenang sebagai salah satu artis yang pamornya menjulang di era 90-an sampai saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading