Sukses

Entertainment

Mencari Identitas, Mulan Jameela Lima Kali Ganti Nama

Fimela.com, Jakarta Pernikahan dengan Ahmad Dhani memang membuat Mulan Jameela dihakimi publik. Namun terlepas dari pro dan kontra tentang pernikahannya, banyak hal yang sebetulnya menarik untuk dikaji dari sosok Mulan.

Salah satu yang cukup menarik adalah namanya yang berulang kali berubah. Jika dihitung, hingga saat ini dia terbilang juga lima kali ganti nama. Bahkan sebelum namanya dikenal seperti sekarang, dia telah memiliki nama panggung yang berbeda dari nama aslinya, Raden Terry Tantri Wulansari.

Mulan Jameela (Bintang Pictures)

"Biasalah anak kecil, kan suka tambah-tambah nama. Maka jadilah Raden Terry Tantri Wulansari," ungkapnya Mulan saat wawancara dengan Tabloid Nova beberapa tahun lalu. Padahal, nama yang tercantum di akte kelahiran hanyalah Raden Wulansari.

Adalah Wulan Ardina, nama panggung pertama yang diketahui pernah digunakannya saat terjun ke dunia musik di era 1990an. Alasannya jelas, saat itu dia memang diplot untuk meneruskan kebesaran sosok Nike Ardilla. Masih menggunakan nama aslinya, Wulan, dia sengaja menambahkan nama Ardina yang terdengar mirip dengan Ardilla. Harapannya, dia bisa menjadi the next Nike Ardilla.

Mulan saat masih menggunakan nama panggung Wulan Ardina (Bintang Pictures)

Sayangnya, Wulan Ardina tak berhasil menembus dinding popularitas. Dia pun terpaksa mencari jalur lain. Lewat sebuah perjalanan panjang, akhirnya dia bertemu Ahmad Dhani yang kemudian memasangkannya dengan Maia Estianty. Wulan bergabung dengan Ratu dan menggunakan nama panggung Mulan Kwok.

Tidak banyak ulasan tentang makna di balik nama Mulan Kwok. Pastinya, pergantian nama ini adalah simbol perubahan identitas seorang Wulan, dari penyanyi 90an, menuju masa yang lebih modern. Nama Mulan sendiri mirip dengan karakter Disney berdarah Cina, sehingga terdengar lebih catchy dipasangkan dengan nama Kwok.

Maia Estianty dan Mulan Jameela sempat membentuk duo yang sukses menggebrak pasar musik tanah air. (via maiaestianty.com)

Tahun 2006, era Mulan Kwok akhirnya berakhir. Dia meninggalkan Ratu dan memilih bersolo karir. Setelahnya, dia berganti nama menjadi Mulan Jameela yang disandangnya hingga kini. 

"Kami ingin perubahan ini secara total. Dan tambahan Jameela lebih memperkuat perubahan imej itu dan lebih 'menjual'. (Saat penggarapan Makhluk Tuhan Paling Seksi) Backingvocal berkali-kali menyebut Jameela, Jameela. Kami semua tersadar nama Jameela bagus kalau dipasangkan dengan nama Mulan, tuh. Artinya juga bagus, berarti cantik," tutur Mulan Jameela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading