Sukses

Entertainment

Editor Says, Reza Rahadian Bakal Ukir Banyak Rekor di FFI

Fimela.com, Jakarta Nama Reza Rahadian kembali masuk dalam daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI). Untuk FFI 2016 ini, Reza masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik lewat dua film sekaligus yaitu My Stupid Boss dan Rudy Habibie.

Ini untuk kedua kalinya berturut-turut aktor kelahiran Bogor tersebut meraih dua nominasi dalam satu kategori. Di FFI 2015, Reza masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik melalui film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dan Kapan Kawin?. Ini juga berarti sejak FFI 2012 nama Reza Rahadian selalu ada dalam daftar nominasi di tiap penyelenggaraan FFI.

Dalam poster film My Stupid Boss garapan sutradara Upi, Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari tampil berbeda dengan biasanya.

Seperti kita ketahui, Reza sendiri sudah meraih 3 piala Citra di ajang perfilman paling bergengsi di Indonesia ini. Piala pertama diraih di FFI 2009 sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik melalui aktingnya di film Perempuan Berkalung Sorban.

Setahun kemudian di FFI 2010, ia meraih piala Pemeran Utama Pria Terbaik lewat film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta. Piala ketiga diraih di FFI 2013 berkat akting gemilangnya di Habibie & Ainun. Di luar FFI, sejumlah piala dan nominasi juga pernah dikecap oleh Reza, seperti IMA dan FFB.

Lalu bagaimana dengan di FFI 2016 yang pengumuman pemenangnya akan digelar pada 6 November mendatang di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta? Apakah Reza akan kembali menang dan berarti untuk keempat kalinya akan meraih Piala Citra? Kemungkinannya sangat besar.

Eksklusif Reza Rahadian (Fotografer: Galih W. Satria, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Bisa dibilang pesaing beratnya hanyalah Tio Pakusadewo yang juga bermain cemerlang di film Surat dari Praha. Sedangkan Vino G. Bastian dan Abimana Aryasatya memang aktor yang tak kalah bagus. Tapi masuknya nama mereka dalam daftar nominasi saja sudah merupakan kejutan dan prestasi tersendiri.

Maklum saja, keduanya bermain di film komedi Warkop DKI Reborn yang bergenre komedi. Sangat jarang pemain yang tampil di film komedi bisa menang di ajang FFI. Sementara itu Reza sendiri sudah membuat rekor khusus, masuk nominasi FFI 2016 untuk peran yang sama saat meraih piala di FFI 2013 yaitu sebagai BJ Habibie.

Kalau meraih piala lewat film Rudy Habibie, maka Reza akan membuat rekor yang akan sulit ditandingi aktor lainnya, meraih dua Piala Citra dengan berperan sebagai karakter yang sama yaitu BJ Habibie. Tapi kalau memang menang, menurut saya Reza justru akan meraihnya lewat film My Stupid Boss.

1

Perannya sebagai Bossman benar-benar beda dengan peran lain yang pernah dimainkannya. Bukan hanya secara fisik tapi juga dari segi karakter yang memang unik dan dibawakan dengan sangat menarik serta menghibur oleh Reza.

Bahkan Reza sendiri mengakui karakter Bossman termasuk peran favorit yang pernah dimainkannya. Yang jelas, kalau meraih piala Reza akan melewati rekor Mathias Muchus, aktor senior yang sudah meraih tiga piala di ajang FFI.

Christine Hakim (Nurwahyunan/bintang.com)

Reza juga akan mendekati rekor aktor senior lainnya, Deddy Mizwar, yang sudah mendapatkan lima piala sepanjang penyelenggaraan FFI. Sedangkan untuk peraih piala terbanyak di kategori akting masih dipegang oleh aktris senior Christine Hakim dengan 7 piala. Christine terakhir meraih piala Citra di FFI 2015 sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Pendekar Tongkat Emas.

Saya jadi penasaran, mampukah Reza menyamai rekor yang diukir Deddy Mizwar atau bahkan menyamai dan mengungguli rekor Christine Hakim? Bisa saja. Kenapa tidak? Reza Rahadian termasuk deretan aktor terbaik Indonesia saat ini. Bahkan Christine Hakim pun mengakui hal tersebut.

Selain itu, Reza juga termasuk aktor yang laris mendapat tawaran bermain. Bisa dibilang ia merupakan salah satu aktor favorit para sutradara di negeri ini karena selalu total dalam berakting dan bisa memerankan karakter apa saja.

Reza Rahadian (Deki Prayoga/Bintang.com)

Yang tak kalah penting, Reza Rahadian baru berusia 29 tahun, masih termasuk muda untuk ukuran seorang aktor. Memang tak banyak aktor Indonesia sekarang ini yang seperti Reza. Tapi tentunya kita berharap akan ada aktor-aktor lain lagi yang bisa seperti Reza dan bahkan melebihi Reza.

Mungkin saja pamor atau bakat akting mereka belum terasah dan belum diketahui banyak pembuat film. Yang jelas, akting Reza Rahadian Matulessy di tiap film yang dibintanginya akan selalu ditunggu. Ia pun berpotensi menciptakan rekor-rekor baru di ajang FFI, termasuk di FFI 2016 ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading