Sukses

Entertainment

Hasmi, Pencipta Komik Gundala Putra Petir Tutup Usia

Fimela.com, Jakarta Berita duka datang dari dunia komik Indonesia. Harya Suryaminata atau yang lebih dikenal dengan Hasmi meninggal dunia. 'Ayah' dari komik Gundala Putra Petir ini menghembuskan napas terakhirnya di RS Bethesda Yogyakarta pada Minggu 6 November 2016.

Semasa hidup Hsmi menilai komikus muda saat ini sangat bagus dilihat dari segi karta atau penasaran. Dirinya sempat mengaku bahwa tak mampu bersaing dengan para komikus muda yang kini tengah eksis di dunia digital.

 

A photo posted by @luthfiurn on

Saya ini gaptek (gagap teknologi), jadi kalau diminta memasarkan komik dengan cara online seperti yang sekarang banyak dilakukan sudah tidak bisa," ujarnya seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Gundala sendiri merupakan karakter komik yang diciptakan Hasmi dan pertama kali muncul ada tahun 1969. Selain Godan, Si Buta dari Gua Hantu dan Panji Tengkorak, karakter komik tersebut juga populer.

Dikisahkan Gundala punya kekuatan petir. Inspirasi Hasmi sendiri membuat karakter tersebut adalah tokoh legenda Jawa yakni Ki Ageng Sela. Sementara bentuk fisik Gundala terinspirasi dari karakter The Flash dari DC Comics yang kini tengah digemari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading