Sukses

Entertainment

Jagoan-jagoan Hip Hop dari Masa ke Masa, Siapa Saja?

Fimela.com, Jakarta Jika dibandingkan dengan pop dan rock, mungkin musik hip hop tidak terlalu diidolakan pecinta musik Indonesia. Namun disadari atau tidak, musik Indonesian pada dasarnya tidak pernah lepas dari genre ini.

Hip hop sendiri mulai dinikmati masyarakat Indonesia sejak tahun 1990an. Di tengah populernya musik slow rock pada saat itu, genre ini tetap mampu bertahan dan dikenal masyarakat. Hal itu pun tidak lepas dari usaha para pejuang hip hop yang terus eksis walau dalam kondisi paling sulit sekalipun.

Dari masa ke masa, genre ini pun mengalami berbagai perubahan dan penyesuaian dengan tuntutan zaman. Karenanya, tokoh atau pahlawan hip hop yang kita kenal pun juga berbeda sesuai dengan eranya. Siapa saja orang-orang yang dianggap sebagai jagoan hip hop di setiap era? Berikut beberapa di antaranya.

Iwa K

Foto Ulang Tahun Bintang.com ke-1 (Adrian Putra/bintang.com)

Semua orang sepakat bahwa Iwa K adalah legenda hip hop Indonesia. Bagaimana tidak, dia adalah sosok yang melambungkan musik ini di tengah populernya musik rock di era 1990an. Dia tanpa ragu merilis full album bergenre hip hop yang diberi judul Kuingin Kembali pada tahun 1993. Tak hanya meraih sukses lewat penjualan lagu, Iwa K juga berhasil meraih berbagai penghargaan di dunia musik. Dia juga dianggap sebagai tokoh yang mendorong lahirnya banyak musisi hip hop di Indonesia.

Neo

Neo (neo-rap.com)

Tahun 1999, Indonesia dibuat mengalami demam hip hop gara-gara lagu berjudul Borju, yang merupakan bagian dari album dengan nama sama. Lagu ini tak lain dipopulerkan oleh grup bernama Neo, yang digawangi 5 orang yaitu Udet, Abe, Doniel, Aldy, dan Dery. Grup ini berhasil meraih banyak prestasi di dunia hip hop, dan dipercaya muncul dalam berbagai iklan.

Bondan ft Fade2Black

Tidak berdiri sendiri, Fade2Black adalah kelompok musik rap yang merupakan satu paket dengan Bondan Prakoso. Bondan ft Fade2Black mulai masuk dapur rekaman pada tahun 2004 dan menjadi perhatian karena lagu-lagunya yang unik dan membuat orang ketagihan. Bondan ft Fade2Black tak hanya menggabungkan hip hop dengan lagu pop dan rock, namun sempat mencampurnya dengan musik keroncong.

Saykoji

Selain Igor Saykoji, penyanyi lulusan ajan pencarian bakat, Judika, juga mendukung adanya layanan ojek online ini. (Galih W. Satria/Bintang.com)

IgnatiusRosoinayaPenyami, atau lebih dikenal dengan nama Igor Saykoji, memulai karir pada tahun 2006 lewat single So What Gitu Lho. Dia adalah salah satu rapper yang sangat diperhitungkan setelah Iwa K. Saykoji memiliki kepekaan sosial yang sangat tinggi dan produktif merilis karya yang sesuai dengan kondisi dan fenomena yang terjadi di masyarakat saat itu. Salah satu single fenomenal yang dirilisnya adalah Copy My Style yang bicara soal pencurian hak cipta yang dilakukan Malaysia pada Indonesia. 

Young Lex

Kerap mendapat serangan haters, Young Lex serang balik lewat foto ini. (via Instagram)

Rapper kelahiran Jakarta, 18 April 1993 ini memulai karirnya sebagai rapper pada tahun 2011. Dia aktif mengunggah hasil karyanya lewat YouTube, dan lambat laun karyanya mulai dikenal. Salah satu karakter Young Lex adalah lagu-lagunya yang banyak menggunakan kata-kata yang dianggap kasar dan tempo rapping yang lebih pelan. Dia berhasil memasuki berbagai jenis musik dengan melakukan kolaborasi.

Rich Chigga

Rich Chigga (Source: Videoklip Dat $tick)

Satu langkah besar berhasil diraih oleh rapper remaja bernama Brian Imanuel, yang menggunakan nama panggung Rich Chigga. Dengan single berjudul Dat Stick yang dirilis pada Maret 2016, dia berhasil menjangkau dunia internasional. Kini, rapper yang baru berusia 16 tahun ini dianggap sebagai masa depan dunia hip hop.

Itulah beberapa orang yang dianggap sebagai jagoan hip hop di tanah air. Semuanya mengunakan style rap sesuai masanya, dan tentunya juga memiliki kontribusi sendiri untuk perkembangan musik ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading