Sukses

Entertainment

Penyanyi 90an: Benyamin Sueb Membumi Lewat Lagu-lagu Betawi

Fimela.com, Jakarta Mendengar nama Benyamin Sueb, mungkin kebanyakan orang lebih familiar dengan aktivitasnya sebagai aktor. Padahal jauh sebelum menggeluti dunia akting, dunia musik telah lebih dulu mendarah daging dalam kehidupannya.

Benyamin Sueb sendiri sejak kecil memang sudah terbiasa dengan dunia musik. Saat usianya masih tiga tahun, dia sudah mengamen keliling kampung demi membantu ekonomi keluarga. Para tetangga sangat terhibur melihatnya bergoyang badan sehingga memberikannya recehan, yang kemudian dia kumpulkan.

Benyamin Sueb (via upload.wikimedia.org)

Darah musik sendiri diwariskan oleh kakeknya, Saiti dan Haji Ung, yang masing-masing adalah pemain klarinet dan dulmuluk. Bahkan saking lekatnya darah seni dalam diri Benyamin, saat kecil dia sudah membentuk grup Orkes Kaleng bersama ketujuh kakaknya. Mereka menggunakan bahan-bahan bekas sebagai alat musik dan kerap membawakan lagu Belanda tempo dulu.

Jika awalnya hanya sekedar menyalurkan hobi, pada akhirnya Benyamin S benar-benar menekuni musik. Tahun 1979 dia dan teman-teman sekampungnya membentuk Melodyan Boy. Beberapa lagu yang terkenal hingga sekarang adalah Si Jampang dan Nonton Bioskop.

Benyamin Sueb. Foto: amib31.blogspot.com

Dalam bermusik, Benyamin sendiri memang sangat setia dengan gaya Betawinya. Walau musiknya bisa dibilang sangat mendaerah, namun hal ini justru menjadi ciri khas yang membuatnya terkenal. Hingga akhirnya, dia pun bergabung dengan Naga Mustika, yang kemudian mengantarkannya menjadi salah satu penyanyi terkenal Indonesia.

Hingga kini, sudah sekitar 75 album yang pernah dirilis oleh mendiang Benyamin Sueb. Dia juga sempat melakukan kolaborasi dengan musisi salah satunya Ida Royani. Bahkan menjelang akhir hayatnya, dia masih terus produktif berkarya.

 

Benyamin S - Hujan Gerimis

Eh ujan gerimis aje
ikan teri di asinin
eh jangan menangis aje
yang pergi jangan di pikirin

Eh ujan gerimis aje
Ikan lele ada kumisnye
Eh jangan menangis aje
Kalo boleh cari gantinye

Mengapa ujan gerimis aje
Pergi berlayar ke tanjung cina
Mengapa adek menangis aje
Kalo memang jodo ngga kemana, hei hei

Eh ujan gerimis aje
Ikan bawal diasinin
Eh jangan menangis aje
Bulan syawal mau dikawinin

Mau dikawinin jangan nangis
Bepedak namanya
Yah, entar kaya celepuk dong

Mengapa ujan gerimis aje
Pergi berlayar ke tanjung cina
Mengapa adek menangis aje
Kalo memang jodo ngga kemana, hei hei

Jalan jalan ke menado
Jangan lupa membeli parang
Kalo niat mencari jodo
Cari yang hitam seperti saya (ah masa)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading